oleh

yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Mushola di Rumah Minimalis

Beribadah merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh umat beragama. Ketika beribadah, tentu Anda menginginkan suasana tenang dan damai agar lebih khusyuk dan khidmat, salah satunya dengan menyediakan ruangan untuk dijadikan mushola di rumah. Anda bisa membuat ruang mushola terpisah dan berada di luar ruangan atau menyatu di dalam rumah. Mendesain mushola di rumah pun tidak boleh berlebihan, yang penting tempat tersebut sangat kondusif untuk dijadikan tempat beribadah di rumah.

Sebelum mendesain mushola di rumah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa hal yang dianjurkan dan ada beberapa yang sebaiknya tidak perlu dilakukan. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan memilih satu ruangan kosong yang cukup untuk meletakkan perlengkapan ibadah seperti sajadah, mukena, sarung, dan peci.

 mendesain Mushola di Rumah Desain Mushola di Rumah, desain mushola pribadi, desain interior mushola dalam rumah, desain mushola unik, desain mushola mungil di teras belakang rumah, mushola minimalis didalam rumah, ukuran mushola dalam rumah, desain mushola modern, desain tempat wudhu dalam rumah
Mendesain mushola di rumah harus memperhatikan beberapa pertimbangan yang tepat – Dimnimalis.com

Cara tersebut dianggap sudah lebih dari cukup untuk mushola di rumah. Namun, apabila Anda menginginkan mushola yang didesain dengan lebih baik, maka ada beberapa aspek yang perlu diketahui terlebih dahulu.

 4 Aspek Penting Untuk mendesain Mushola di Rumah

1. Penentuan Letak

interior rumah mewah
Anda perlu menentukan letak mushola dengan tepat – diminimalis.com

Apabila mushola yang akan Anda buat mengusung konsep minimalis, maka cukup dengan memberi ruangan kosong atau sekat diantara dua ruangan lainnya. Tidak perlu membangun tingkat lagi atau membangun mushola di pekarangan rumah yang akan menambah biaya dan ketersediaan lahan. Yang terpenting adalah bagaimana menciptakan suasana nyaman di mushola tersebut.

2. Arah kiblat

Menentukan arah kiblat adalah hal yang paling utama. Banyak desain rumah yang sudah menyediakan mushola kecil namun tidak memperhatikan arah kiblat sehingga ketika solat terpaksa harus menghadap miring, dan justru memperkecil tempat untuk makmum di belakang. Spot kosong di sudut-sudut pun sia-sia karena gagal dimanfaatkan.

3. Tempat wudhu

Ada dua pilihan mengenai perlu tidaknya tempat berwudhu di dalam rumah. Pertama, dibuatkan tempat khusus berwudhu lengkap dengan kran dan ditempatkan di dekat mushola. Kedua, menyisakan satu spot dengan aliran air, dan cukup diberikan saluran air atau berupa kendi di situ. Atau justu kemungkinan terbesarnya adalah tidak ada tempat wudhu sama sekali dan hanya mengandalkan air kran di kamar mandir. Kembali semua tergantung selera masing-masing.

4. Kaligrafi dan hiasan-hiasan ayat Al-Quran dan Asmaul Husna

Tahukah Anda bahwa tidak disarankan untuk memajang kaligrafi, melukis ayat-ayat Al-Quran di dinding dan di tanah? Ternyata alasannya adalah dikhawatirkan apabila pajangan tersebut jatuh rusak berjamur, tentu hal ini dapat mengurangi cara kita megistimewakan tulisan tersebut.

Masuk akal kan? Selain itu, ternyata ada banyak hadits shahih yang meriwayatkan tentang persoalan ini. Pelarangan ini bukanlah tanpa alasan, dengan terinjaknya ayat suci di tanah, rusaknya atau tidak terawatnya ayat-ayat suci yang tertempel di dinding bisa menjadi bentuk kurangnya kita megagungkan ayat-ayat Allah.

4 Pilihan Desain Mushola di Rumah yang Mudah

1. Desain serba kayu

Desain mushola dengan interior yang serba dari kayu akan memberikan nuansa alami dan fresh saat masuk ke mushola. Pilihan warna cat, pajangan kaca, ukiran kayu, jam dinding kayu, petunjuk arah kiblat, dapat memberikan kesan tenang saat kita beribadah di dakamnya.

Kayu adalah bahan alam yang paling cocok untuk bisa merelaksasikan perasaan dan suasana hati. Anda juga bisa menambahkan gantungan berbahan kayu untuk mukena dan sarung. Jangan lupa pilihlah jenis kayu tahan rayap, agar mushola Anda bisa terlindungi.

2. Desain menyatu dengan alam

Apabila Anda memiliki rumah minimalis namun memiliki cukup ruang yang bisa dibangun sebuah mushola di pekarangan tersebut, ada baiknya jika dipadukan dengan konsep alam.

Penambahan tanaman-tanaman hijau, bebatuan kerikil dan jalan setapak dari dalam rumah menuju mushola akan mempercantik tampilan. Tambahkan jendela kaca besar, lampu di pinggir jalan setapak, kolam ikan kecil, kran untuk berwudhu, dan pintu kayu agar lebih asri.

3. Desain klasik

Kata klasik memiliki banyak kriteria dalam dunia desain rumah. Anda bisa menambahkan karpet khas timur tengah, warna dinding coklat keemasan, dan ventilasi udara yang dibuat seperti di masjid besar. Atau, cukup dengan bermain warna cat alam akan memberikan kesan klasik di mushola Anda.

4. Desain modern

tata ruang rumah minimalis.com
Mushola di rumah dengan desain modern – diminimalis.com

Tidak jauh berbeda dengan yang klasik, kata modern sangatlah luas jenisnya. Anda bisa meniru gaya masjid yang memiliki struktur bangunan modern dan warna cat yang lebih kalem.

Pemilihan bentuk lampu yang unik, lantai yang tidak licin, dan menambahkan ornamen beberapa papan kayu yang dijejerkan secara vertikal sebagai sekat ruangan akan terlihat modern. Desain langit-langit mushola yang cukup dibuat flat dengan warna dasar putih memberikan efek elegan.

Mempercantik mushola di rumah dengan konsep yang sesuai dengan keinginan merupakan jalan terbaik. Apabila didesain dengan tatanan yang rapi, maka akan membuat Anda menjadi nyaman dalam melaksanakan ibadah. Tamu yang datang ke rumah pun akan merasa terkagum dengan mushola yang nyaman dan bagus.
Tak lupa pula bahwa mushola sebaiknya memiliki penerangan yang cukup dan tidak bersebelahan langsung dengan toilet. Pencahayaan sinar matahari yang masuk juga harus cukup agar tidak pengap dan mukena tidak menjadi berjamur karena lembab.

Desain mushola di rumah tidak hanya memikirkan aspek estetika saja, namun juga bagaimana Anda merawatnya untuk tetap bersih.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed