Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

(Malam ini Bisa Diterapkan) Mencegah Nyamuk Masuk ke Dalam Rumah

Bila dib iarkan masuk ke dalam rumah, nyamuk dapat menyebarkan penyakit berbahaya - Diminimalis.com

Intensitas hujan yang kerap turun saat musim hujan membuat cukup banyak genangan air yang bermunculan di sekitar rumah. Hal ini bisa berimbas pada semakin banyaknya nyamuk yang membawa bibit penyakit, seperti demam berdarah (DBD)dan malaria. Agar anggota keluarga terhindar dari resiko tersebut, ada baiknya kita melakukan berbagai upaya untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Hal ini penting dilakukan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, cara agar rumah bebas dari nyamuk, penyebab banyak nyamuk dalam rumah
Bila dib iarkan masuk ke dalam rumah, nyamuk dapat menyebarkan penyakit berbahaya – Diminimalis.com

Mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah

1. Perbaiki Sirkulasi Udara


Udara yang lembap sangat digemari nyamuk. Untuk itu, biasakanlah untuk membuka jendela pada siang hari, agar udara dalam rumah tidak lembap. Selain itu, gunakan kawat nyamuk pada jendela dan lubang ventilasi agar nyamuk dan serangga dari luar tidak dapat masuk.

2. Maksimalkan pencahayaan alami

Nyamuk menyukai tempat yang lembab, dingin, dan gelap untuk berkembang biak. Untuk meminimalkan aksi nyamuk ini, optimalkan kamar dalam kondisi terang. Usahakan agar rumah memiliki tata pencahayaan yang alami yang maksimal, sehingga memberi akses sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

3. Lakukan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur)

Cara yang satu ini memang terlihat sepele, tetapi efektif untuk mencegah berkembangnya nyamuk. Untuk menerapkan 3M ini, lakukan  pengurasan bak mandi setiap seminggu sekali, menutup semua tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas.

4. Kurangi menumpuk barang di rumah

Nyamuk suka bersembunyi di tempat-tempat yang gelap dan lembab, seperti di sela-sela tumpukan barang ataupun di antara gantungan baju. Tempat-tempat ini biasanya terlindung saat Anda menyemprot obat pembasmi serangga, sehingga nyamuk tetap mengganggu tidur Anda meski Anda sudah menyemprot ruangan.Usahakan agar Anda tidak terlalu banyak menumpuk barang di rumah. Jika terpaksa, jauhkan letaknya dari ruangan-ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas. Biasakan menutup lemari untuk mencegah nyamuk masuk ke dalamnya. Sebaiknya Anda sering-sering mengibas-ngibaskan pakaian yang tergantung di dalamnya untuk mengusir nyamuk yang bersembunyi.

5. Pangkas tanaman yang terlalu rimbun

Tanaman-tanaman yang berdaun rimbun di sekitar rumah memang memberi suasana teduh, segar dan alami. Akan tetapi sebaliknya, lokasi tersebut juga akan menjadi hunian yang disukai nyamuk. Untuk itu, pangkaslah daun-daun yang terlalu rimbun secara berkala untuk mencegah menjadi tempat hunian nyamuk.

6. memasang kelambu 

Manfaat kelambu nyamuk
Kelambu dapaty melindungi keluarga dari gigitan nyamuk – diminimalis.com

Untuk mencegah nyamuk memasuki rumah, tirai atau kasa nyamuk dapay dipasang pada lubang-lubang ventilasi, jendela atau pintu. Kelambu juga dapat digunakan sewaktu tidur untuk mencegah gigitan nyamuk.

7. Gunakan kemangi dan kulit jeruk

Kemangi mengandung senyawa alami yang cukup menyengat. Aroma khas dari kemangi tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, aroma kulit jeruk juga sangat tidak disukai oleh nyamuk. Maka Anda bisa tebarkan beberapa potong kemangi atau kulit jeruk di ruangan Anda. Kelihatannya memang remeh, tapi cara ini efekltif untuk mengusir nyamuk di dalam rumah.

Demikian ulasan kami tentang tips mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Semoga tips di atas dapat melindungi keluarga dari bahaya akibat serangan nyamuk, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.