Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mencegah Kebocoran pada Atap menjadi Mudah dengan 9 Cara Ini

Air menetes - diminimalis.com

Mencegah kebocoran pada atap rumah Anda baiknya dilakukan ketika Anda memulai membuat sebuah rumah minimalis sendiri. Ketika musim penghujan datang, banyak orang yang merasa was-was. Permasalahan klasik tentunya, yaitu atap yang bocor. Mulai dari air yang menetes di sudut rumah, sampai tembok yang basah oleh rembesan air hujan. Masalah yang terlihat sepele ini jika didiamkan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan rumah yang lebih parah.

mencegah kebocoran pada atap
Air menetes – diminimalis.com

Seperti peribahasa “mencegah lebih baik dari pada mengobati” berikut diminimalis berikan ulasan tentang mencegah kebocoran pada atap rumah minimalis Anda.


9 cara mudah mencegah kebocoran pada atap rumah minimalis:

1. Konstruksi atap harus kuat
Ketika Anda membuat konstruksi atap, baik yang terbuat dari cor besi, konstruksi kayu, rangka baja ringan ataupun aluminium, Anda harus pastikan konstruksi tersebut kuat. Jangan sampai belum lama dipasang, terkena sedikit angin saja sudah bergeser dan menyebabkan bocor.

2. Perhatikan sudut kemiringan atap
Di daerah tropis seperti Indonesia, memiliki intensitas curah hujan yang tinggi. Angin kencang juga sering terjadi di daerah tropis. Oleh karena itu, kemungkinan hujan deras disertai angin harus Anda antisipasi. Dengan menggunakan kemiringan atap yang sesuai akan memudahkan mengalirnya air, sehingga meminimalkan terjadinya bocor. Sudut kemiringan atap yang baik berkisar 30-40 derajat, adapun atap yang memiliki sudut kemiringan besar biasanya hanya sebagai variasi rumah saja.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Dinding Rumah Retak Hilang dalam Sekejap dengan Kiat Mudah Berikut

3. Minimalkan sambungan pemasangan material atap
Atap rumah yang menggunakan sedikit sambungan akan meminimalkan terjadinya bocor. Jika terdapat pertemuan antar sambungan, pastikan memiliki overlap yang cukup dan tidak terdapat celah, karena celah akan menyebabkan bocornya atap. Apabila pemasangan sambungan material atap harus dipasang dengan paku, pastikan gunakan paku yang anti karat dan gunakanlah bantalan karet pada saat memaku.

mencegah kebocoran pada atap
Memilih material – diminimalis.com

4. Pemilihan material atap yang berkualitas
Material atap yang beredar di pasaran sangat beragam, ada yang terbuat dari tanah liat, beton, PVC dan masih banyak yang lainnya. Kondisi alam dan penyesuaian dengan kebutuhan bisa Anda jadikan sebagai rujukan. Pilihlah yang kuat, tahan panas dan yang lebih penting adalah mudah dalam pemasangannya.

Beberapa jenis atap minimalis bisa Anda baca pada tautan artikel Atap Rumah Minimalis.

5. Perhatikan ketinggian nok/bubungan
Dalam pembuatannya diusahakan nok jangan terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan munculnya celah yang akan mengundang datangnya air. Pengerjaannya diusahakan serapi dan sebaik mungkin serta gunakanlah bahan yang tidak mudah pecah, tahan panas dan lentur.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Tips Sederhanan Untuk Memilih Handle Pintu Rumah Minimalis

6. Minimalkan penggunaan talang air
Di negeri kita sering terjadi hujan deras yang intensitasnya cukup tinggi. Penggunaan talang akan menyebabkan kebocoran ketika hujan yang turun lebat karena daya tampung talang yang tidak mencukupi. Sambungan antar talang juga berpotensi besar menyebabkan kebocoran.

7. Aplikasikan waterproofing untuk atap cor beton
Bagi Anda yang memiliki atap rumah dari cor beton, gunakanlah waterproofing sebagai bahan untuk mengatasi dak bocor. Kebocoran biasanya dikarenakan karena pada saat pengecorannya kurang teliti. Retakan-retakan kecil pada nok juga tidak boleh terlewat oleh waterproofing ini, karena akan mencegah merembesnya air dari sela-sela retakan.

mencegah kebocoran pada atap
menggunakan talang sebelum memasang genteng – diminimalis.com

8. Sebelum memasang genteng lapisi dengan seng / talang
Pelapisan genteng dengan seng, talang ataupun aluminium foil sebelum dipasang bertujuan mencegah menetesnya air dari genteng dikarenakan pergeseran atau pemasangan yang kurang tepat, sehingga merusak plafon.

 

9. Pengecekan secara berkala
Pengecekan rutin wajib dilakukan. Jangan menunggu hingga kerusakan semakin bertambah. Segera ganti material yang rusak atau tambal bagian yang retak, sehingga ketika hujan turun, Anda tidak dikhawatirkan lagi dengan atap yang bocor. (am.)

1 Comment
  1. […] Baca: Tips mencegah kebocoran […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.