Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Bagaimana cara Sederhana ini dapat Mencegah kebocoran Atap Rumah?

Kebocoran pada atap, bisa disebabkan oleh material yang kurang berkualitas - Diminimalis.com

Tinggal di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi tiap tahunnya, membuat kita akrab dengan hujan. Ada beberapa masalah pada rumah yang sering kita temui dengan saat musim hujan, salah satunya adalah kebocoran pada atap. Maka dari itu, kita harus paham tentang cara mencegah kebocoran atap yang tepat, agar efeknya tidak merembet kemana-mana.

Mencegah kebocoran atap, mengatasi atap asbes bocor, cara mengatasi atap seng bocor, mengatasi atap rembes, pelapis atap bocor
Kebocoran pada atap, bisa disebabkan oleh material yang kurang berkualitas – Diminimalis.com

Mencegah kebocoran atap dengan cara yang tepat

Kebocoran pada atap rumah merupakan kondisi adanya air yang masuk dengan cara melewati, dan meresap pada lubang atau celah genteng. Kebocoran atap ini menjadi masalah klasik yang selalu kita hadapi pada musim hujan. Bukan hanya karena genteng retak, tapi juga karena sambungannya kurang rapi sehingga tidak kuat menahan terpaan air. Sementara pada bangunan, kebocoran dapat terjadi karena kesalahan perencanaan konstruksi dan pemilihan material yang kurang berkualitas.


Apalagi kondisi iklim saat ini sering tak menentu, kadang hujan yang disertai angin kencang menerpa ke berbagai arah, oleh karena itu, rumah harus selalu dikondisikan agar kuat menahannya. Atap, dinding dan sambungan lainnya harus rapi tanpa retakan sehalus apapun. Dibutuhkan langkah-langkah yang tepat untuk mencegah berbagai potensi kebocoran tersebut. Untuk mengupayakan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa menyimak detail langkah tersebut di bawah ini.

Baca juga artikel menarik berikut >>  8 Macam Rumput Taman Rumah yang Menambah Kesejukan

Perhatikan pemasangan konstruksi rumah dan kualitas material yang Anda gunakan

Pecahnya genteng atau retaknya atap beton, bisa menjadi penyebab utama kebocoran dalam rumah. Untuk itu, bila Anda baru mengecor beton, sebaiknya tunggu minimal 1 bulan sebelum memberi beban di atasnya. Kebocoran juga bisa disebabkan oleh kesalahan pada konstruksi atap. Salah dalam pemilihan material juga memberi pengaruh pada kebocoran atap rumah Anda.

Posisi genteng yang tidak pas 

Sudut kemiringan genteng dan asbes yang tidak standar, berpotensi menjadi penyebab kebocoran. Genteng yang dipasang asal-asalan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, rongga yang dihasilkan karena pemasangan yang tidak rapi, akan memudahkan air masuk ke dalam rumah.

Maka dari itu, buatlah atap dengan sudut kemiringan yang tepat, sehingga air cepat mengalir ke tanah. Sudut kemiringan yang ideal yaitu sekitar 30 –  40 derajat.

Minimalkan sambungan antar atap

Kebocoran juga bisa ditimbulkan dari sambungan antar atap. Maka, alangkah baiknya untuk meminimalkan pemakaian sambungan antara atap. Desain atap yang cukup kondusif untuk meminimalisir kebocoran adalah atap model pelana. Anda bisa mengaplikasikan model atap tersebut untuk melindungi rumah minimalis Anda.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Rumah Dengan Taman Vertikal Beragaya Resor yang Indah

Pilihlah genteng berkualitas

Genteng yang kurang bagus dapat menimbulkan kebocoran, maka pilihlah genteng yang berkualitas, sehingga tidak mudah retak dan menyebabkan air rembes ke bawah. Selain pemilihan material genteng, pemilihan rangka atap juga harus diperhatikan agar tetap kokoh untuk jangka panjang.

Gunakan pelapis anti bocor

Sejatinya, ada banyak cara untuk merapikan kebocoran atap rumah. Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan pelapis anti bocor.Pelapis ini memang cukup efektif untuk mengatasi kendala kebocoran pada atap rumah.

Pasang talang air dengan benar

kekurangan baja ringan, kelemahan baja ringan dibanding kayu, kelemahan dan kelebihan baja ringan, keunggulan baja ringan
air menggenang karena talang tidak terawat – diminimalis.com

Dinding dapat menjadi korban rembesan air. Untuk menghindarinya, sistem penyaluran air hujan (talang air) harus sudah terpasang dengan baik terlebih dahulu. Setelah pemasangan talang sempurna, dinding luar sebaiknya diberikan weathershield untuk menghindari jamur.

Demikian ulasan kami tentang tips mencegah kebocoran atap, semoga dengan menerapkan beberapa tips di atas, rumah minimalis Anda dapat lebih terlindungi dari kebocoran saat turun hujan, semoga bermanfaat.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.