Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mencegah Dinding Rembes yang Disebabkan oleh Hujan

Dinding rembes akibat hujan - diminimalis.com

Mencegah dinding rembes merupakan keinginan setiap orang, terutama pada saat musim hujan dengan tingkat curah hujan yang tinggi. Beberapa bagian di dalam rumah biasanya rembes atau bahkan bocor sehingga memicu timbulnya lembab dan membuat dinding rumah kita berjamur dengan warna yang akan merusak keindahan rumah.

 Mencegah dinding rembes, mengatasi tembok lembab dan basah, dinding lembab berjamur
Dinding rembes akibat hujan – diminimalis.com

Dinding rembes bisa membuat suhu di dalam ruangan menjadi dingin. Bila hal itu terjadi, maka udara menjadi tidak sehat dan bisa berdampak buruk kepada seluruh anggota keluarga. Dinding rembes tidak hanya disebabkan oleh hujan ataupun bocor, ada juga yang disebabkan oleh kualitas dinding yang buruk. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa antisipasi agar dinding di rumah Anda tidak rembes.


Mencegah Dinding Rembes saat hujan

Pertama kita bisa mengecek dinding itu sendiri, cek bagian yang rembes dan juga sisi sebaliknya. Adakah retakan di tembok tersebut? Carilah retakan sekecil apapun bahkan yang sekecil rambut.
Adanya retak rambut pada dinding, biasanya dikarenakan terdapat unsur pembentuk plesteran yang kurang bersih atau mengandung tanah dan material lainnya. Bisa juga karena air yang digunakan untuk mengaduk semen berasal dari selokan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Dapur Sejuk yang Bisa Memaksimalkan Mood Memasak, Mau?
dinding rembes saat hujan, cara mengatasi tembok rembes air, pelapis tembok rembes, mengatasi tembok lembab dan basah
dinding rembes karena belum diplester – diminimalis.com

Penyebab lainnya juga bisa karena proses pengacian dilakukan saat plesteran belum kering sempurna. Sifat air yang fleksibel dapat melewati celah kecil apalagi jika air dalam jumlah banyak seperti hujan deras. Solusi yang bisa kita lakukan cukup mudah, yaitu dengan memperbesar sedikit retak-retak rambut tersebut dan tutuplah retakan dengan plamir tembok. Tunggu hingga plamir mengering sempurna, barulah kita lakukan finishing.

Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan memberi lapisan waterproof ke dinding yang berhadapan langsung dengan hujan. Alangkah baiknya, Anda memasang kanopi ataupun menanam pohon di dekat dinding luar untuk mengurangi dampak guyuran hujan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Menaksir Harga Rumah yang Tepat Berdasarkan Nilai Pasar

Untuk Dinding yang Belum Diplester.

Dinding merembes kadang juga kita jumpai pada dinding rumah yang belum diplester. Daya kapiler membuat air hujan meresap melalui pori-pori material dinding, menembus ketebalan dinding dan membentuk pola air pada dinding.

Tentu saja solusinya adalah dengan memplester dinding luar dengan perbandingan material semen dan pasir 1:3, sebelum diaci tunggu plesteran kering total atau kurang lebih 2 minggu setelah diplester

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara Mencegah dinding rembes saat hujan. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis kerusakan cat dinding dan solusinya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jenis kerusakan cat dinding dan solusinya 

Leave A Reply

Your email address will not be published.