oleh

Menata Taman Depan Rumah Agar Terlihat Cantik Menyambut Lebaran

Banyak orang yang sudah menyambut hari kemenangan tiba pada akhir bulan Ramadhan. Hari kemenangan atau lebaran selalu memiliki nuansa tersendiri yang diciptakan oleh setiap orang, termasuk salah satunya adalah membuat tampilan istimewa agar rumah terlihat lebih cantik dan menawan. Beberapa orang melakukan renovasi pada beberapa bagian. Namun ada juga yang hanya merevisi penataan sudut rumah tertentu, salah satunya adalah menata taman depan rumah.

Taman yang ada di depan rumah tentu memiliki banyak konsep yang bisa Anda pilih. Namun, hal yang paling penting dari menata taman depan rumah adalah bagaimana orang bisa merasa nyaman dengan penataan yang kita gunakan. Tidak ada syarat berapa luas taman yang harus Anda miliki karena sekarang lahan dengan konsep minimalis dan unik banyak menjadi inspirasi baik untuk lahan taman dengan ukuran kecil, sedang, ataupun besar.

Menata Taman Depan Rumah, taman depan rumah sederhana, cara membuat taman depan rumah, cara menata bunga di depan rumah, taman depan rumah minimalis lahan sempit, cara membuat taman kecil di depan rumah, taman belakang rumah minimalis modern, taman minimalis depan rumah type 36, taman belakang rumah sempit
Dengan tampilan yang cantik, Anda dapat menjamu tamu di taman rumah – Diminimalis.com

Menata Taman Depan Rumah untuk Menyambut Lebaran

Apabila Anda tertarik dengan konsep minimalis untuk rumah, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini. Anda dapat melakukan penataan secara manual dan jika ada beberapa bagian yang tidak dapat Anda kerjaan, Anda bisa meminta bantuan dari orang yang berpengalaman pada bidang tersebut.

• Ukur lahan depan rumah yang Anda miliki

cara mengolah tanah taman, jenis tanah yang baik untuk tanaman, tanah untuk taman
Manfaatkan sisa laham Anda untuk taman rumah – diminimalis.com

Cara ini adalah untuk menentukan perkiraan jenis tanaman yang tepat untuk lahan yang tersedia. Apabila lahan yang Anda miliki cukup luas, tidak ada salahnya untuk mencari tanaman dengan daun yang lebar. Jika sebaliknya, maka pilih ukuran tanaman yang kecil dengan pot yang unik akan menjadi pilihan yang mengagumkan.

• Pilih konsep taman yang tidak jauh berbeda dengan konsep rumah Anda

Taman harus memiliki desain yang sesuai dengan rumah agar visual penataan akan terlihat lebih rapi dan indah. Pilih beberapa warna pot atau perabot yang akan diletakkan di taman dengan konsep rumah seperti vintage atau minimalis. Jangan beri terlalu banyak warna yang membuatnya menjadi kurang harmonis.

• Gunakan tanaman yang mudah dirawat dan kembangkan

Jangan asal saja dalam memilih tanaman untuk memenuhi lahan taman rumah. Apabila Anda memiliki rumah di daerah yang memiliki hawa cukup panas, jangan pilih tanaman yang sulit dikembangkan. Apalagi jika Anda jarang berada di rumah dan tidak bisa secara teratur merawat keadaan tanaman. Dengan iklim yang tropis, memilih rerumputan kecil yang dikombinasi dengan tanaman perdu sangat tepat untuk taman rumah Anda.

• Taman Vertikal atau Horizontal?

desain taman vertikal, desain taman vertikal minimalis, cara membuat taman vertikal sederhana, taman vertikal paralon
Dinding yang namapk cantik karena adanya taman vertikal  – diminimalis.com

Ada beberapa tipe taman yang bisa disesuaikan dengan kondisi rumah. Salah satunya adalah menggunakan tanaman vertikal atau horizontal agar menimbulkan kesan rimbun namun tertata dengan baik. Kelebihan dengan adanya dua jenis tanaman ini adalah meskipun lahan Anda sempit namun konsep minimalis tetap dapat Anda jalankan dengan menggunakan tanaman pot vertikal kecil yang ditempelkan di taman Anda. Jika memiliki lahan yang cukup luas, model taman horizontal pun bisa diterapkan dengan mudah.

• Perawatan berkala sebelum lebaran tiba

Letakkan tanaman Anda pada tempat yang tepat atau usahakan agar terkena sinar matahari secara langsung. Lakukan penyiraman di pagi atau sore hari, dan pastikan bahwa pot yang Anda gunakan memiliki lubang kecil di bagian bawah untuk mencegah air mengendap dalam porsi yang terlalu banyak. Lakukan perawatan secara berkala agar saat lebaran, tanaman terlihat lebih fresh.

• Potong secara teratur

Bagi Anda yang memiliki lahan besar, tentu menggunakan tanaman terlalu banyak akan sedikit merepotkan jika tidak dirawat atau dipotong secara teratur. Potong tanaman dengan ukuran yang rata agar terlihat rapi.

• Manfaatkan segala benda yang dapat mempercantik penataan taman Anda

Sebagai contoh pagar tanaman Anda yang mungkin terbuat dari kayu dan akan mendukung pot gantung yang kecil atau memilih rak kayu yang bertingkat untuk menghemat tempat. Selain itu, perhatikan tata letak bunga sesuai dengan jenisnya agar terlihat rapi dan cantik.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki gambaran akan membuat desain taman depan rumah sederhana yang bisa diterapkan? Sekarang Anda tidak perlu khawatir karena telah banyak aksesoris taman yang mendukung keindahan konsep Anda. Seperti pot yang kecil namun memiliki warna pastel yang indah, bentuk yang unik. Bahkan telah banyak rak bertingkat yang ada di pasaran dan memang dipergunakan untuk membantu desain minimalis Anda.

Apabila Anda memang membuat taman untuk menyambut lebaran, usahakan lakukan penataan jauh-jauh hari. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi tidak ada tanaman yang rusak dan layu. Jika perawatan sudah dilakukan secara berkala

Selain desain minimalis, sebenarnya banyak sekali jenis desain seperti mewah, vintage, dan juga tema pastel. Namun desain tersebut memiliki penataan masing-masing dan biasanya konsep minimalis banyak dipilih karena memperlihatkan kerapian, membuat lahan terlihat lebih lenggang, dan membutuhkan biaya yang tidak terlalu banyak pada tahap renovasi atau penataannya. Anda tentu dapat mempertimbangkan hal tersebut agar taman impian Anda dapat terealisasi dengan maksimal.

Apakah Anda sudah siap untuk melakukan penataan pada taman Anda? Saat lebaran tiba, pasti akan banyak sanak saudara yang melakukan silaturahmi ke rumah. Selain cantik untuk dipandang, taman yang telah Anda tata dengan baik tentu akan menjadi spot tersendiri yang cocok untuk mengambil foto kebersamaan bersama keluarga. Jangan lupa, bahwa Anda harus memastikan sudah menata taman depan rumah Anda sebelum lebaran tiba, dengan cara perawatan taman yang benar.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.