Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menata Rumah Minimalis Jelang Lebaran agar Lebih Rapi dan Indah

mengelap kaca - diminimalis.com

Moment lebaran yang ditunggu oleh kebanyakan umat islam sebentar lagi kan menjelang. Banyak orang sibuk mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Mengelap kaca, mengganti kain horden yang sudah setahun tidak dicuci serta pekarangan rumah yang mulai dirapikan merupakan kegiatan yang sering kita jumpai di sekitar kita. Mungkin juga Anda termasuk orang yang tidak ketinggalan untuk menata rumah minimalis dengan ide dan konsep yang baru.

menata rumah minimalis
mengelap kaca – diminimalis.com

Aturan baku didalam menata rumah minimalis ketika menyambut lebaran memang tidak ada. Namun, ketika kemudian banyak saudara dari jauh berkumpul tidak ada jeleknyakan Anda menyambutnya dengan tampilan yang berbeda. Tampilan yang istimewa dihari yang istimewa akan menambah kebahagian tersendiri bagi Anda dan keluarga.
Kalau Anda termasuk orang yang ingin menyuguhkan suasana rumah yang fres, hangat dan nyaman kepada tamu yang datang ke rumah, berikut diminimalis berikan tips yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi menata rumah minimalis jelang lebaran.


Tips menata rumah minimalis jelang lebaran

Merapikan teras dan pekarangan

Tempat pertama yang wajib Anda bersihkan adalah bagian teras dan pekarangan. Bagian teras dan pekarangan merupakan bagian pertama yang dilihat oleh tamu, tentunya Anda tidak mau bukan ketika para tamu dan kerabat jauh datang dengan kondisi pekarangan yang kotor. Daun kering yang berserakan, rumput taman yang tidak beraturan ataupun pohon yang dahannya sudah menutupi rumah adalah hal yang perlu Anda atasi.
Pemasangan lampu dengan desain yang unik pada area taman juga bisa Anda lakukan untuk memperindah pekarangan.

Dekorasi ulang interior rumah

Menata ulang interior rumah termasuk di dalamnya menata ruang tamu. Anda bisa melakukan pergantian pada taplak meja atau kain horden dengan yang baru agar suasana interior terasa lebih baru. Jika Anda ingin menghemat anggaran, cukup Anda cuci saja horden dan taplak tersebut. Anda juga bisa merubah posisi furniture dan aksesoris yang ada di dalamnya, sehingga terkesan sedrhana namun elegan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Masalah Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Drainase Rumah

Penggunaan warna yang senada antara taplak dan tirai akan mengesankan nyaman dan indah pada interior rumah Anda. Banyaknya tamu yang berdatangan dalam jumlah tak terduga juga memerlukan pemikiran tersendiri dalam penataannya. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan open concept bisa mengefektifkan fungsi ruang dengan penataan yang tepat.

Buffet yang biasanya berfungsi sebagai sekat ruangan bisa Anda tepikan terlebih dahulu agar ruangan terkesan lebih luas lagi. Pemasangan wallpaper juga bisa Anda lakukan guna menciptakan suasana yang berbeda pada ruang tamu Anda. Unruk memberikan kenyamanan pada tamu, Anda bisa menambahkan meja dan kursi minimalis.

Sebagai tempat snack atau permen bisa Anda gunakan meja kecil yang tidak terlalu jauh dari kursi. Anda bisa memperkirakan berapa banyak tamu yang akan berkunjung ke rumah. Jika ketersediaan kursi terbatas, Anda bisa merubahnya dengan konsep lesehan. Gunakanlah alas karpet atau tikar yang sudah di pastikan kebersihannya.

Bersihkan sofa dan karpet dari debu

Karpet dan sofa yang bedebu akan mengakibatkan berkurangnya kenyamanan rumah Anda. Pastikan kebersihannya dengan vacuum cleaner atau bersihkan dengan sapu lidi. Penjemuran bisa Anda lakukan terlebih dahulu untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada karpet dan sofa. Buka seluruh bukaan rumah yang ada sebelum Anda melakukan pembersihan sebelum menata rumah minimalis modern agar kotoran bisa keluar bebas.

Perhatikan kebersihan tiap-tiap ruang

menata rumah minimalis
menyapu kotoran – diminimalis.com

Ruangan yang bersih harus betul-betul Anda perhatikan sebelum para tamu berkunjung ke rumah Anda. Perhatikan dengan seksama tiap detail di setiap ruangan apakah masih ada kotoran atau debu yang terlewat mata. Ruang yang jarang dipakai biasanya menjadikan laba-laba membuat sarang di dalamnya, bersihkan!

Baca juga artikel menarik berikut >>   Tips Bagi Perempuan yang Tinggal Sendiri di Rumah 

Usahakan sediakan di setiap pintu keset yang bisa menjadikan ruangan selalu terjaga kebersihannya. Tambahkan pengharum ruangan dan tempat sampah pada sudut tertentu. Jangan lupa juga debu yang biasanya terdapat pada kasa jendela, komputer, TV dan pajangan untuk Anda bersihkan.

Sediakan meja prasmanan dan meja kue

Dibanyak daerah di jawa, tradisi saling berkunjung ketika lebaran sudah menjadi hal yang wajib dilaksanakan. Hampir di setiap rumah berlomba-lomba menyajikan makanan sebagai jamuan untuk tamau yang berdatangan ke rumah.

Maka dari itu, persiapkanlah meja prasmanan dan meja kue yang mempermudah para tamu ketika hendak mengambilnya. Gunakan meja yang sesuai dengan luas ruangan. Jangan gunakan meja yang berukuran terlalu besar sehingga akan mengesankan ruang yang sempit.

Sediakan area shalat

Anda juga harus pertimbangkan kaetika ada tamu yang datang saat waktu shalat, maka menjadi kewajiban bagi Anda untuk menyiapkan area khusus sebagai tempat shalat. Kalupun tidak ada, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan ruang multifungsi yang bisa berubah-ubah setiap waktunya. Sudut angga dan kamar tamu bisa Anda gunakan sebagai tempat shalat alternatif. Beri batasan ruang menggunakan rak buku sebagai batasan teritorialnya.

Menggunakan tanaman hias

tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar, tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur, tanaman hias dalam kamar tidur
tanaman hias untuk interior – diminimalis.com

Poin terakhir, ruangan yang terkesan biasa-biasa saja bisa Anda hias menggunakan tanaman hias dalam pot yang Anda letakan di sudut tertentu. Namun, diusahakan keluarkan kembali tanaman tersebut saat malam hari, karena akan menyebabkan kesehatan Anda terganggu. Sebaiknya gunakan jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dan air agar tidak cepat mati.

Untuk Anda yang hendak mudik ke kampung halaman ketika lebaran, Ada baiknya menyempatkan membaca artikel berikut : Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Selamat menata rumah minimalis, semoga menyenangkan. (am)

Leave A Reply

Your email address will not be published.