Penegasan Konsep untuk Menata Ruang Tamu dan Dapur Minimalis

Ruang tamu dan dapur sederhana dengan konsep minimalis - Diminimalis.com

Salah satu perubahan dalam dunia interior desain yang kini banyak terlihat ialah kian menjamurnya konsep minimalis. Konsep satu ini akan membuat pemilik rumah menggabungkan beberapa ruangan sekaligus. Termasuk di antaranya adalah cara menata ruang tamu dan dapur dengan konsep minimalis.

Cara menata ruang tamu dan dapur juga harus disesuaikan agar tercipta adanya kesinambungan antar ruangan di dalam rumah. Penggabungan dua ruangan itu sendiri takkan mengganggu aktivitas di ruangan masing-masing. Tentu saja hal ini harus diimbangi perencanaan serta pengaturan yang tepat.

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan sederhana, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Ruang tamu dan dapur sederhana dengan konsep minimalis – Diminimalis.com

Konsep minimalis sendiri sangat cocok diterapkan karena akan membuat ruangan yang sederhana menjadi tampak lebih menarik. Selain itu, konsep minimalis juga tengah jadi sorotan terutama karena mengedepankan sisi kesederhanaan dan kebersihan, sehingga kesan yang didapat ialah elegan. Konsep ini telah diangkat pula sebagai style living dan tak hanya diterapkan pada rumah yang ukuran ruangannya kecil-kecil.

Begini Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur yang Menyatu

mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis
mini bar yang menyatu dapat mengefisienkan tata ruang rumah minimalis – diminimalis.com

1. Bar
Jika ingin menata ruang tamu yang menyatu dengan dapur, maka salah satu konsep yang bisa dicoba adalah konsep bar. Ide ini biasanya akan muncul pertama kali dengan cara mengganti sekat antara kedua ruangan tersebut menggunakan meja seperti yang biasa digunakan di bar. Meja ini akan dapat digunakan untuk membedakan mana ruang masak dan mana tempat duduk untuk tamu.

Penyesuaian perabotan di dalam ruangan mungkin akan diperlukan. Termasuk adalah meja bar itu sendiri yang bisa pula digunakan sebagai tempat makan sekaligus pemisah ruangan. Tentunya, penambahan meja yang berfungsi sebagai sekat ini akan memberi lebih banyak tempat pada tamu-tamu yang datang berkunjung.

2. Double Function Room
Desain dapur dan ruang makan sederhana berikutnya adalah dengan menggunakan double function room alias ruangan multifungsi. Cara ini terutama bias dilakukan jika kita hanya menginginkan satu ruang saja sebagai ruang tamu sekaligus ruang makan. Gantilah meja makan menggunakan meja yang tampak lebih catchy sebagai meja ruang tamu di rumah.

Misalnya, kita bisa mengganti meja menggunakan meja rotan yang warnanya senada dengan warna dapur. Otomatis, meja ini akan turut menjadi meja ruang tamu yang unik. Pengaturan seperti ini akan membuat kita memiliki ruangan multifungsi di dalam rumah, baik sebagai ruang tamu maupun dapur.

3. Klasik Minimalis
Ide berikutnya yang bisa dipakai untuk menggabungkan ruang tamu serta dapur ialah dengan mengadopsi konsep klasik minimalis. Perabotannya identik dengan warna hitam putih ataupun nuansa kayu. Desain ruang keluarga dengan penataan yang simpel ini akan lebih mengedepankan suasana segar dan nyaman.

Kita membutuhkan satu set kursi serta meja yang harus diletakkan di depan dapur. Tamu yang datang berkunjung akan tetap dapat berbincang dengan nyaman karena konsep klasik minimalis yang memunculkan suasana rileks. Ide ini bisa dicoba jika kita ingin menerapkan konsep klasik minimalis di dalam rumah.

4. Konsep Scandinavian
Desain interior untuk ruang keluarga yang menyatu dengan dapur bukan berarti tidak bisa dibilang mewah. Kita tetap dapat mewujudkannya lewat pemilihan perabot yang tepat. Salah satunya ialah kitchen set dengan balutan warna putih yang dominan sehingga memberi kesan mewah. Di samping itu, lengkapi pula dengan sofa panjang dalam warna yang sama.

Perpaduan keduanya akan menghasilkan kesan nyaman serta tidak membuat siapapun bosan berada di dalamnya. Konsep minimalis dan tetap mewah ini akan memberi tampilan berkelas pada ruang tamu serta dapur di rumah. Selain itu, pemilihan warna netral seperti putih akan memudahkan kita dalam memasangkannya dengan perabot atau hiasan warna apapun.

5. You Can See
Konsep berikutnya yang bisa diterapkan ialah you can see. Penerapan konsep ini akan mengharuskan kita memasan sekat kaca transparan antara ruang tamu dan dapur. Jangan letakkan meja serta kursi di dapur, cukup letakkan meja ala bar. Walau telah diberi tambahan sekat, akan tetapi konsep ini akan tetap menampilkan kesan minimalis karena ruang tamu dan dapur masih tetap menyatu.

6. Konsep Sederhana

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan sederhana, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga
ruang tamu dan dapur dengan konsep sederhana – Diminimalis.com

Pengaturan ruang makan sekaligus ruang keluarga dapat pula menggunakan konsep sederhana. Konsep satu ini terutama akan sangat cocok bagi kita yang tengah menghemat pengeluaran atau budget. Cukup tambahkan kursi kayu ramping pada dapur sehingga dapat pula digunakan sebagai ruang tamu dan ruang berkumpul keluarga.

7. U-Kitchen Set
Pilihan kitchen set yang sesuai akan bisa mewujudkan konsep gabungan ruangan yang diinginkan di dalam rumah. Salah satunya adalah kitchen set melengkung yang membentuk huruf U. Kitchen set ini nantinya akan diletakkan menghadap bagian ruang tamu sehingga tidak lagi diperlukan sekat. Otomatis, kita akan bisa mewujudkan dua ruangan yang digabung menjadi satu namun tetap rapi.

8. Wall-Mounted Chair
Jika kita merasa ruang tamu serta dapur sudah cukup mungil, maka manfaatkan inovasi bangku satu ini. Wall-mounted chair akan menempel di dinding sehingga bisa mempersempit ruang dapur. Kita tentu harus terlebih dahulu menyesuaikan warna serta desain dari kursi tambahan yang hendak diletakkan di dalam dapur agar tampak serasi.

Itulah beberapa cara menata ruang tamu dan dapur yang menyatu agar tetap menarik dan fungsional. Pengaturan yang tepat akan membuat dua ruangan tersebut tetap dapat memenuhi fungsinya masing-masing dan terasa nyaman ditinggali. Kita bisa menerapkan salah satu dari beberapa inspirasi di atas yang dirasa paling sesuai dengan konsep rumah masing-masing. Selain memahami cara menata ruang tamu dan dapur, ada baiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa agar interior Anda semakin nampak elegan.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.