Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menata Ruang Keluarga Sempurna, Asal Anda Hindari 10 Hal Ini

tata cahaya ruang keluarga - diminimalis.com

Menata ruang keluarga dengan perencanaan yang baik memang akan menghasilkan tampilan ruang keluarga yang sesuai dengan keinginan. Namun tidak jarang Anda mencoba untuk sedikit bereksperimen menatanya tanpa merencanakannya diawal, tentu hasilnya tidak sebaik jika direncanakan sebelumnya.

Menata ruang keluarga
menata ruang keluarga minimalis- diminimalis.com

Mencoba menata ruang tanpa direncanakan sebelumnya memang menghasilkan kepuasan tersendiri. Anda akan dapat menemukan ‘gaya-gaya’ baru dalam menata sebuah ruang. Tujuan yang ingin dicapai hanya satu, yaitu menata ruang keluarga yang nyaman. Beberapa hal di bawah ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan ketika menata ruang keluarga.

Kesalahan yang sering dilakukan ketika menata ruang keluarga

Ke poin ini mudah-mudahan tidak Anda lakukan ketika menata sebuah ruang, agar didapat ruang keluarga yang nyaman dan indah.

Tidak memperhatikan ukuran ruang

Dengan memperhatikan ukuran ruamh diharapkan agar perabot pilihan yang sudah Anda beli bisa diposisikan sesuai dengan yang Anda inginkan. Luasan pintu juga sebaiknya Anda perhatikan. Anda tentunya tidak menginginkan pintu menjadi ‘penghalang’ masuknya perabot yang telah Anda beli dengan mahal.

Terlalu banyak atau tidak sama sekali memiliki fokus ruang

Idealnya dalam satu ruang memiliki satu fokus ruang atau facal point, yang memiliki fungsi sebagai penyeimbang dalam ruangan. Namun jarang sekali orang yang mengerti dan menyadari di manakah penempatan facal point yang tepat, sehingga menghasilkan ruangan tanpa facal point. Namun, ketika Anda sama sekali tidak menggunakannya, ruangan akan terkesan biasa-biasa saja.

Memilih membeli satu set perabot

Dengan membeli satu set perabot pastinya lebih memudahkan Anda. Meja dan sofa senada atau taplak dan sarung bantal yang seirama pasti terlihat menarik, namun akan nampak kuno. Pada zaman sekarang ini pemilihan set perabot sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan model perabot. Saran diminimalis sebaiknya Anda gabungkan beberapa perabot yang berlainan namun dengan porsi yang seimbang, sehingga akan mengesankan keunikan tersendiri pada ruang keluarga.

Mengabaikan pencahayaan

Secara umum sebuah rumah hanya mengandalkan hadirnya pencahayaan dari lampu plafon saja. Hal ini akan menjadikan ruang terkesan suram dikarenakan tidak meratanya pencahayaan dalam ruangan. Anda bisa menggunakan beberapa alternati sumber pencahayaan guna mendapatkan kesan ruang yang lebih nyaman. Lampu meja dan lampu sorot dapat menjadi pilihan Anda menambah pencahayaan dalam ruangan.

Terbawa arus tren

Tren yang sedang nge-in belum tentu sesuai dengan desain rumah Anda. Terlebih jika Anda mengikuti tren yang sangat detail, tentunya akan membuat ‘aneh’ suasana rumah Anda dan bisa jadi akan menguras dana yang tidak sedikit. Anda cukup menggunakan perabot yang memiliki bentuk sederhana namun tidak termakan oleh waktu.

menata ruang keluarga
hindari perabot rumah yang terlalu penuh – diminimalis.com

Perabot terlalu banyak

Jika Anda termasuk orang yang gemar mengkoleksi perabot, ada baiknya pertimbangkan ketersedian space dalam ruangan. Banyaknya perabot dalam ruang akan menyulitkan Anda dalam menata ruang keluarga minimalis dan juga menyulitkan dalam pembersihan ruangan. Ruangan pun akan terasa sempit bukan…?

Foto dalam ukuran jumbo

Masih ada tempat yang lebih baik untuk foto yang berukuran besar itu. Tempatkan foto itu di area tangga, ruang tamu, atau di ujung koridor rumah Anda.
Menempatkan foto dalam ukuran besar dalam ruang keluarga memang wajar, namun ruangan akan menjadi terasa lebih sempit. Banyak pilihan tempat lain yang bisa Anda gunakan untuk memajang foto. Area ruang tamu, tangga dan ujung koridor bisa Anda coba.

menata ruang keluarga
ragam warna ruangan – diminimalis.com

Warna kayu terlalu beragam

Efek hangat dari kayu memang akan Anda peroleh ketika mengaplikasikannya dalam ruang keluarga. Namun yang perlu diingat adalah pemilihan warna dari kayu itu sendiri. Jika Anda memilih warna yang terlalu beragam akan menjadikan ruangan tidak natural lagi. Anda cukup menggunakan tidak lebih dari tiga tone warna dalam pengaplikasiannya agar kesan alami bisa Anda dapatkan.

Layer warna tidak sesuai

Diminimalis yakin Anda pasti mengetahui warna apa yang cocok digunakan. Namun yang perlu dicatat adalah perabot yang Anda pilih tentunya tidak dapat memiliki warna yang senada, ada yang lebih terang atau gelap. Oleh karena itu, susunlah dengan urutan dari atas ke bawah, terang kemudian gelap.

Skala tidak tepat

Anda tentunya pernah membeli perabot yang terlalu kecil atau terlalu besar . hal tersebut tidak mengapa jika diimbangi dengan penataan yang baik. Menata ruang tamu dengan karpet yang terlalu kecil atau sofa yang teramat besar menjadi kesenangan tersendiri (am.).

Baca juga: inspirasi desain interior

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.