oleh

Menata Ruang Keluarga Sederhana yang Nyaman untuk Santai Bersama

Rumah minimalis sedang menjadi tren beberapa waktu belakangan. Rumah minimalis sendiri adalah konsep hunian dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar namun tetap tampak cantik dan terasa nyaman. Rumah minimalis digemari karena membuat suasana rumah terasa lebih intim. Menata ruang keluarga sederhana dan kamar yang tetap nyaman adalah tantangan tersendiri jika memiliki rumah minimalis.

Keharusan menata ruang keluarga sederhana, kamar tidur dan dapur yang terbatas ukurannya sama sekali tak membuat rumah minimalis mustahil untuk dibuat elegan. Sebab rumah minimalis tidak hanya menjadi solusi bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan. Konsep minimalis telah menjadi perwujudan dari modernitas pada bidang arsitektur.

Menata Ruang Keluarga Sederhana, ruang tv sederhana, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga sederhana, menata ruang tamu tanpa kursi, dekorasi ruang tv sederhana, Ruang Keluarga Dengan Penataan Simpel, desain ruang keluarga sederhana, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, ruang tv sederhana, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat
Ruang keluarga sederhana dengan penataan furniutre yang simpel – Diminimalis.com

Sebuah rumah idealnya memiliki ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Memiliki rumah dengan gaya minimalis membuat penataan masing-masing ruangan perlu mendapat perhatian khusus. Kendati berukuran tidak besar, setiap ruangan tetap harus nyaman untuk digunakan.

Ruang keluarga memiliki fungsi yang penting dalam sebuah rumah. Tidak seperti kamar yang bersifat privat, ruang keluarga adalah ruang yang mempersatukan seluruh penghuni rumah. Menata ruang keluarga sederhana yang nyaman sangat penting karena ruangan tersebut adalah perwujudan dari perasaan kasih antar sesama penghuni rumah.
Bayangkan jika ruang keluarga yang ada di rumah tidak membuat para penghuninya merasa betah duduk berlama-lama. Hal ini akan membuat kegiatan bercengkrama antar anggota keluarga menjadi jarang terjadi dan terasa kurang menyenangkan.

Tips Menata Ruang Keluarga agar Nyaman dan Terlihat Elegan

Pada rumah minimalis biasanya ukuran ruang keluarga tidak terlalu besar. Hal tersebut sejatinya bukan halangan untuk menciptakan sebuah ruang yang nyaman dan elegan. Berikut adalah tips yang patut dicoba untuk mewujudkannya:

– Pilih Perabot dengan Selektif.

ruang keluarga dengan penataan yang simpel-diminimalis.com.png8.png
pilih perabot yang sesuai dengan tema ruang keluarga Anda – Diminimalis.com

Jika memiliki keterbatasan ruang, Anda perlu mensortir perabot menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah perabot yang memiliki kegunaan atau fungsi pakai, contohnya adalah sofa, meja dan televisi. Kategori kedua yakni perabot yang berfungsi sebagai hiasan, misalnya lukisan dan vas bunga.

Ruang keluarga yang berukuran minimalis sebaiknya hanya diisi oleh perabot yang benar-benar berguna bagi kelangsungan kegiatan kumpul keluarga. Pilih sofa dengan ukuran yang sekiranya cukup menampung seluruh anggota keluarga. Pemasangan hiasan cukup seperlunya saja, tak perlu berlebihan karena justru akan membuat ruang keluarga terasa penuh sesak dan tidak nyaman.

Satu hal yang tak boleh luput diperhatikan adalah ukuran dari masing-masing perabotan. Pastikan untuk memilih ukuran perabotan yang proporsional. Televisi misalnya, jika ruangan tak terlalu besar maka hindari menempatkan TV berukuran besar.

– Aplikasikan Warna yang Cerah

ruang keluarga dengan penataan yang simpel-diminimalis.com.png8.png
Ruang keluarga dengan pemilihan warna yang cerah – Diminimalis.com

Warna putih adalah salah satu warna yang paling direkomendasikan jika Anda menginginkan nuansa elegan dan nyaman pada ruang keluarga yang berukuran tak terlalu besar. Selain memberi aura positif, pengaplikasian warna putih juga akan membuat ruangan terasa lebih besar.

Keuntungan lain dari mengaplikasikan cat berwarna putih adalah sifatnya yang netral. Sifat netral ini membuat berbagai warna perabot yang kelak ditempatkan tetap terlihat matching di dalam ruangan. Jika tak terlalu menyukai warna putih, Anda juga bisa mencoba warna warna cerah lainnya.

– Menempatkan Cermin atau Jendela
Cermin telah lama menjadi senjata rahasia untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih lapang. Cara ini juga bisa anda terapkan untuk menciptakan suasana ruang keluarga minimalis yang elegan dan nyaman. Ukuran cermin yang direkomendasikan adalah cermin full body.

Selain cermin, penempatan jendela juga layak dipertimbangkan. Adanya jendela yang menghadap ke luar rumah akan menimbulkan efek luas pada ruangan. Agar tetap terlihat elegan, jendela dapat dilengkapi dengan tirai berwarna lembut.

Mengatur Pencahayaan

Menata Ruang Keluarga Sederhana, ruang tv sederhana, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain ruang keluarga sederhana, menata ruang tamu tanpa kursi, dekorasi ruang tv sederhana
ruang keluarga dengan pencahayaan yang baik – Diminimalis,com

Ruang keluarga yang berukuran relatif sempit sebaiknya tidak dibiarkan minim cahaya. Hal seperti ini akan membuat ruangan terasa sumpek. Maka dari itu diperlukan pengaturan cahaya yang baik.

Pertama, pilihlah lampu yang wattnya sesuai dengan luas ruangan. Hindari yang kurang terang maupun yang terlalu terang. Pilih juga lampu yang cahayanya berwarna putih, cahaya putih lampu akan membuat nuansa elegan ruangan lebih kental terasa.

Pada siang hari, alangkah lebih baiknya jika sumber cahaya berasal dari cahaya matahari yang masuk melalui jendela. selain membuat ruang keluarga tampak lebih hidup, adanya cahaya matahari juga baik bagi kesehatan penghuni rumah.

Menggunakan Elemen Kayu di Ruang Keluarga

Perabot dan insrumen pelengkap rumah lain yang terbuat dari kayu juga tengah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Bahan kayu memang memberikan kesan yang lebih hangat dan nyaman ketika ditempatkan di dalam sebuah rumah, tak terkecuali di ruang keluarga.

Menata ruang keluarga sederhana yang nyaman dapat pula dilakukan dengan memilih instrumen interior dari kayu. Instrumen yang dimaksud termasuk dinding, lantai hingga bahan dasar perabot yang digunakan. Tentu tak semua perabot yang ditempatkan mesti terbuat dari kayu, cukup hanya yang tampak dominan di dalam ruangan.

Jika tak memungkinkan memasang lantai atau dinding yang terbuat dari kayu, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan vinyl. Saat ini di pasaran telah banyak dijual vinyl dengan berbagai motif kayu yang dapat dipilih. Selain dilihat dari segi estetikanya, penggunaan vinyl pada lantai juga akan membuat pijakan para penghuni rumah terasa lebih nyaman.

Menata ruang keluarga sederhana dengan ukuran tak terlalu besar sejatinya tak perlu menjadi halangan bagi kreatifitas pemilik rumah. Bagian paling penting dari proses penataan adalah memastikan semuanya terasa nyaman, selain tentu saja tetap nampak elegan.Selain memahami cara menata ruang keluarga sederhana, ada baiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa agar interior Anda semakin nampak elegan(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed