oleh

Cara Menata Meja Makan Agar Anak Semangat Sahur

Penataan interior yang tepat akan berdampak pada kenyamanan para penghuni sebuah hunian. Apapun konsep hunian yang dipilih, tetap saja harus memperhatikan berbagai hal agar setiap ruangan terasa menarik dan nyaman termasuk ruang makan. Menata meja makan dengan baik bisa menggugah selera makan dan bisa menghindarkan semua penghuni rumah dari rasa malas makan bersama, terutama untuk anak-anak ketika sahur.

Di bulan puasa, aktivitas sahur sudah menjadi keharusan agar kuat untuk tidak makan dan minum hingga waktu berbuka. Namun, sahur memang menjadi aktivitas makan yang tidak biasa dilakukan di hari biasa karena harus menyantap makanan di pagi buta. Anak-anak seringkali memiliki rasa malas untuk makan karena memang di waktu sahur selera makan belum tercipta sepenuhnya. Namun jika berhasil menata meja makan dengan baik, maka selera makan anak bisa tergugah.

menata meja makan, menata meja makan sederhana, menata meja makan untuk lomba, cara menata meja makan untuk lomba, cara menata meja makan sederhana cara menata meja makan sehari-hari, cara menata meja makan menu siang, cara menata meja makan prasmanan, menata meja makan minimalis
Diperlukan penataan meja yang tepat agar anak semangat sahur – Diminimalis.com

Tahukah Anda seperti apa saja cara menata meja makan sederhana? Untuk apapun konsep hunian yang dipilih termasuk konsep minimalis, perlu sekali diperhatikan penataan yang tepat pada ruang makan. Agar membuat Anda lebih paham, berikut ini akan diberikan beberapa hal penting terkait penataan ruang makan yang sederhana namun bisa membuat anak menjadi semangat untuk sahur.

Menata Meja Makan Sederhana Agar Anak Semangat Sahur

• Penataan meja dan kursi makan yang rapi

Hal sederhana yang paling harus dilakukan adalah menata meja dan kursi makan yang rapi. Jika kedua perabotan utama dalam ruang makan ini terlihat rapi, maka anak bisa lebih semangat untuk menuju ruang makan dan menyantap makanan sahur. Namun jika dari kejauhan saja sudah terlihat berantakan, anak-anak bisa menjadi terganggu suasana hatinya dan menjadi malas untuk makan bersama.

Memperhatikan penerangan

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Saat Listrik Padam? , cara membuat penerangan saat mati lampu, saat mati listrik
Perhatikan penerangan ruang makan Anda – diminimalis.com

Ketika waktu sahur, tubuh baru saja terbangun dari tidur dan akan dihadapkan dengan berbagai makanan yang harus segera dimakan. Jika ruang makan tidak memiliki penerangan yang baik terutama jika terlihat gelap atau remang-remang, maka siapapun akan menjadi lebih susah untuk membangkit selera makannya ketika baru saja terbangun. Maka dari itu, penting sekali membuat ruang makan menjadi terlihat terang dengan penerangan yang baik meskipun masih berada dipagi buta.

Menggunakan tema ruang makan

Selain memperhatikan dua hal dasar dalam penataan ruang makan yang telah dijelaskan tadi, Anda bisa juga memiliki konsep tema ruang makan tertentu. Ruang makan yang benar-benar terkonsep dengan baik terutama dengan pemilihan tema yang jelas akan menjadi ruangan yang menarik untuk disinggahi termasuk ketika waktu sahur. Berbagai tema ruang makan misalnya monokrom sangat cocok untuk menghidupkan ruang makan gaya minimalis yang menarik.

 

Selain itu, tema ruang makan lainnya juga bisa dipilih sesuai denga selera Anda. Jika ingin benar-benar membuat anak menjadi semangat untuk santap bersama termasuk untuk makan sahur, maka bisa libatkan mereka dalam memilih tema dan dalam mewujudkan tema tersebut.

• Membuang hiasan dan aksesoris yang tidak perlu

Menghias ruang makan memang sangat perlu untuk membuat ruang makan menjadi menarik. Namun jika berlebihan, justru ruang makan akan menjadi terlihat sesak atau tidak menggugah selera. Ada baiknya, perhatikan ruang makan yang telah Anda miliki untuk dievaluasi. Buang hiasan dan aksesoris yang tidak perlu yang ternyata justru membuat ruang makan menjadi tidak nyaman untuk disinggahi.

Menata santapan sahur dengan benar

Menu Sahur Awet Kenyang, makanan awet kenyang, menu sahur oatmeal, menu sahur vegetarian, menu sahur sehat untuk diet, menu sahur tanpa nasi, cemilan untuk sahur, makanan terbaik untuk sahur, sayuran yang baik untuk sahur, Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Sajikan menu sahur yang sehat dan bergizi – Diminimalis.com

Walaupun terbilang ruang makan sederhana pada sebuah rumah biasa, namun santapan sahur yang tertata dengan baik di atas meja akan menggugah selera. Salah satunya adalah dengan menata piring dan peralatan makan lainnya ditempat yang benar dan bergaya seperti meja makan disebuah restoran atau hotel. Gunakan alas piring, letakkan piring di atasnya, siapkan semua peralatan makan yang tersedia dan hidangkan menu makanan ditengah meja agar terlihat cantik dan menarik.

Menggunakan taplak meja makan cantik

Taplak meja makan yang cantik juga bisa memiliki andil dalam menggugah selera makan anggota keluarga di rumah termasuk anak-anak. Pilihlah taplak meja makan yang memang sesuai dengan tema yang Anda pilih. Untuk pemilihan warna, Anda bisa sesuaikan dengan warna dan material meja makan Anda. Taplak meja juga tidak harus menutupi semua permukaan meja makan karena bisa juga cukup sebagai pemanis yang diletakkan ditengah meja makan.

Menyematkan lampu gantung cantik di atas meja makan

Selain memperhatikan ruang makan agar terlihat terang, bisa juga Anda memilih sumber penerangan yang cantik misalnya dengan lampu gantung. Saat ini telah banyak lampu gantung dengan berbagai model yang sangat cantik untuk membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Hiasan meja makan yang segar

Jika Anda ingin menyematkan hiasan pada meja makan, pilihlah hiasan yang terlihat segar agar santap sahur menjadi semangat. Anda bisa memilih untuk menyematkan vas bunga yang cantik ditengah meja makan atau bisa juga memilih buah-buahan segar pada suatu wadah untuk menggugah selera makan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai menata meja makan yang bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat ketika sahur. Berbagai hal tersebut memang bukan termasuk panduan menata meja makan untuk lomba. Namun, berbagai hal penataan meja makan sederhana tersebut bisa benar-benar efektif untuk membuat anggota keluarga termasuk anak-anak untuk bersemangat ketika waktu sahur tiba.

Jika Anda luangkan waktu untuk sejenak memperhatikan soal bagaimana menata meja makan yang tepat, maka anak bisa lebih tergugah selera makannya. Agar lebih efektif hasilnya, jangan lupa hadirkan menu makanan yang tepat dimeja makan terutama hidangan yang disukai anak-anak.Selain itu jangan lupa sajikan menu sahur awet kenyang agar mereka kuat menjalani puasa.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed