Mempercantik Kolam Renang Tanpa Biaya Mahal, Begini caranya

Mempercantik tampilan kolam renang dapat meningkatkan mood kita saat berenang di dalamnya - diminimalis.com

Pastinya semua orang mendambakan memiliki kolam renang dengan nuansa rileks, segar dan bersih. Bagi Anda yang juga memiliki kolam renang di rumah, tentu merasa penting untuk dapat mempercantik kolam renang agar tampilan landscape Anda nampak lebih menawan. Dengan kondisi kolam renang yang cantik dan bersih, dapat menignkatkan mood kita saat berenang di dalamnya.

Anda bisa menikmati kebersamaan keluarga dengan bersantai di samping renang, sembari melihat anak-anak bermain air, tentu merupakan moment yang sangat berkesan. Maka, saat-saat indah ini, jangan sampai tidak maksimal bila tampilan kolam renag Anda yang sudah menjemukan. Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda memberikan sentuhan dekorasi yang tepat supaya terlihat menarik menarik.

Mempercantik Kolam Renang, Kolam renang dalam ruangan
Mempercantik tampilan kolam renang dapat meningkatkan mood kita saat berenang di dalamnya – diminimalis.com

Nah, untuk Anda yang belum mempunyai ide dalam mempercantik kolam renang, jangan khawatir, kali ini kami akan bagikan beberapa tips yang bisa dicoba. Pastinya tips yang kami bagikan ini, tidak rumit dan bisa dilakukan siapapun. Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Trik Mempercantik Kolam Renang Dengan Cara Mudah

1. Mempercantik Kolam Renang dengan Lampu Under Water

Cara mempercantik kolam renang yang pertama yaitu dengan memasang lampu under water. Pemasangan ini bertujuan untuk menambah kesan eksotis atau romantis kolam renang saat malam hari. Cahaya lampu yang bersinar dari bawah air akan membuat Anda atau siapapun yang berada di kolam tersebut, lebih rileks dan fresh, sehingga suasana santai makin terasa.

Lantas kira-kira warna lampu apa yang ideal untuk digunakan? Untuk masalah warna lampu, sebenarnya fleksible. Bisa dipilih sesuai kesukaan. Selain warna, bentuk dari sorotan lampunya pun juga bebas. Silahkan Anda bentuk atau desain sesuai dengan kesukaan Anda. Jika Anda tidak yakin, bisa konsultasi dengan orang yang berpengalaman dibidang ini. Atau membayar profesional, untuk membantu mendesainnya.
Tak hanya lampu di dalam kolam saja yang perlu diperhatikan, tapi juga lampu yang ada diluar kolam atau tepian kolam. Dengan adanya tambahan lampu di pinggiran kolam, pasti bisa membuat tampilan kolam menjadi lebih menarik dan cantik.

2. Mempercantik Kolam Renang dengan Menambahkan Furniture

Kolam renang dalam ruangan
Kursi santai merupakan salah satu furniture yang cocok ditempatkan di samping kolam renang Anda- diminimalis.com

Menambahkan beberapa furniture seperti kursi dan meja di area kolam renang bisa Anda lakukan untuk memberikan kesan santai. Biasanya yang sering dipakai adalah kursi jenis sun longer, karena memang memiliki banyak manfaat dan terlihat serasi dengan kolam renang. Namun, Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan furniture jenis lainnya. Anda bisa menempatkannnya di pinggir kolam atau tempat khusus yang sudah Anda sediakan.

3. Gunakan Tangga Kolam Renang yang Unik

Nah, jika kolam renang Anda memiliki kedalaman lebih dari 1 meter. Anda bisa memasang tangga untuk mempercantik kolam renang pribadi Anda. Selain berguna untuk membantu Anda keluar atau masuk ke kolam renang, ternyata penggunaan tangga yang memiliki model unik juga bisa menambah kesan elegant pada kolam renang Anda.

4. Pemberian Papan Loncat pada Kolam Renang

Jika kolam renang Anda 2 meter atau lebih kedalamannya, maka idealnya bisa ditambahkan papan loncat untuk mempercantik kolam renang Anda. Selain itu, papan lonjat juga bisa Anda gunakan untuk pijakan saat melompat ke dalam kolam renang.

Yang perlu diperhatikan saat Anda ingin menambahkan papan locat ialah ketinggiannya. Anda harus menyesuaikan tinggi papan loncat dengan kedalaman kolam renang Anda.

5. Gunakan Mozaik dan Batu Alam

mozaik kolam renang, harga mozaik kolam renang, keramik kolam renang roman, keramik kolam renang murah, contoh keramik kolam renang, gambar keramik kolam renang, keramik kolam renang kuda laut, warna keramik kolam renang, keramik kolam renang minimalis
Ada banyak kelebihan mozaik untuk diaplikasikan pada kolam renang minimalis Anda – Diminimalis.com

Jika pemasangan lampu under water tadi untuk memberikan kesan di malam hari. Nah, trik lain, Anda bisa menambahkan mozaik atau batu alam untuk mendapatkan kesan eksotis, di siang hari. Pantulan sinar matahari yang mengenai air dengan dasar mozaik, pastinya akan menimbulkan kesan segar saat Anda bersantai di siang hari. Selain itu, pemasangan mozaik juga lebih awet dan tahan lama daripada material lain seperti keramik.

6. Taman di Sekitar Kolam Renang

Membuat taman mini di sekitar kolam renang juga menjadi salah satu trik untuk mempercantik kolam renang pribadi Anda di rumah. Anda bisa menanam bunga atau jenis tanaman lain yang Anda sukai. Namun perlu Anda ingat, jangan memilih tanaman yang daunnya mudah gugur. Karena bisa membuat kolam renang pribadi Anda lebih mudah kotor.

7. Dekorasi Pool Deck atau Teras Kolam Renang

Daerah sekitar kolam renang juga harus Anda perhatikan. Salah satunya dengan memperhatikan pool deck atau teras kolam. Beri sentuhan dekorasi yang unik untuk mempercantik struktur fisik kolam renang Anda.
Misalnya, Anda ingin mendapatkan kesan alami. Maka Anda bisa menggunakan dek kayu, stepping stone, ataupun batuan alam yang disusun seunik mungkin.

Atau bisa juga, Anda berkreasi dengan bahan lainnya.Namun, pastikan bahan untuk pool deck ini jangan yang licin. Karena bisa membahayakan keselamatan orang yang memakai kolam renang tersebut. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan pool deck agar selalu tampak mengkilap dan bersih. Anda bisa memakai mesin power washer saat membersihkannya.

8. Membuat Sirkulasi Air

Sistem sirkulasi air juga bisa digunakan untuk mempercantik kolam renang. Caranya, bisa dengan membuat tumpahan air atau overflow di pinggir kolam renang. Agar tampilannya lebih cantik, Anda bisa menambahkan batu candi yang ditumpuk sekitar overflow atau tumpahan air.

9. Menjaga Kebersihan Kolam

Menjaga kebersihan tentunya menjadi hal wajib, supaya kolam renang terlihat cantik. Karena sangat percuma desain cantik yang kita buat, bila air dalam kolam renang kotor.
Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik kolam renang pribadi Anda di rumah. Semoga menginspirasi.(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.