oleh

Cara Memperbaiki Dinding Rembes Akibat Hujan Tanpa Bantuan Tukang

Memperbaiki dinding rembes akibat hujan merupakan hal wajib yang harus dilakukan, agar tidak membuat ruangan dalam rumah menjadi basah. Terlebih jika sering terjadi hujan yang deras dengan disertai angin. Bila tidak segera diatasi, maka rembesan akan bertambah parah dan tentunya sangat mengganggu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dinding yang rembes. Entah itu pada atap ataupun dinding rumah Anda. Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa informasi berikut ini.

Memperbaiki Dinding Rembes, Memperbaiki Dinding Rembes akibat hujan, waterproofing untuk tembok, cara mengecat tembok yang rembes, pelapis tembok rembes, mengatasi tembok lembab dan basah, cat anti rembes, menyiasati tembok yang lembab
Musim hujan mengakibatkan dinding rumah mudah rembes oleh air hujan – Diminimalis.com

Memperbaiki Dinding Rembes Akibat Hujan Secara Efektif

Solusi untuk Rumah Baru

Apabila rumah Anda masih tergolong bangunan baru dan muncul rembesan air pada dinding rumah Anda, jangan khawatir. Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu di sebelah mana area dinding rumah yang terkena rembesan tersebut. Lalu pertimbangkan untuk menggunakan campuran mortar sebagai bahan plesteran dinding Anda.

Mortar tersebut dapat dicampur dengan zat aditif waterproofing yang umum dikenal dengan redseal plesteran. Cara lain, Anda dapat mengganti penggunaan bahan trasraam. Umumnya trasraam dibuat dari susunan bata yang dilapisi mortar semen jika ingin mencoba dengan bahan lain, Anda dapat menggunakan lapisan aspal, karet transparan ataupun susunan bata yang diplester dengan semen beremulsi yang memiliki kemampuan kedap air.

Solusi Untuk Rumah Lama

Terdapat dua metode untuk memperbaiki dinding rembes akibat hujan pada dinding rumah lama Anda. Yang pertama adalah dengan melakukan perawatan dan perbaikan dinding rumah pada bagian luar. Ketika hujan mengguyur, maka air akan mulai merembes ke dinding rumah Anda, nah saat itulah Anda bisa memperhatikan seberapa besar tingkat permasalahannya.

Jika rembesan air hanya menciptakan titik atau noda berupa spot tipis yang tersebar, maka hal ini dapat diatasi dengan melakukan waterproofing. Jenis waterproof yang sebaiknya digunakan dapat Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

cara menggunakan cat waterproof, cara menggunakan aquaproof, cat aquaproof untuk genteng
Agar hasilnya maksimal, waterproof harus diaplikasikan dengan cara yang benar – Diminimalis.com

Waterproof ini dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai toko bahan bangunan di dekat rumah Anda. Dan alangkah baiknya, Anda memilih waterproof dengan tipe coating, karena tipe ini mampu untuk melapisi tembok rumah Anda jika, rembesan air yang ada tidak terlalu besar.

Lantas bagaimana jika rembesan air yang muncul pada dinding rumah Anda cukup besar dan menyebabkan bagian dalamnya mengalami kerusakan yang parah? Jika Anda tetap menggunakannya, maka malah akan membuat waterproofing tersebut membekas dan menjadi menggelembung.

Tentu pada permasalahan ini, tipe coating tidak akan sesuai, karena tipe ini hanya mampu menahan air dari luar dengan kekuatan terbatas. Jika Anda tetap menggunakannya, maka malah akan membuat waterproofing tersebut membekas dan menjadi menggelembung.

Cara kerja waterproofing tipe coating ini, bila dianalogikan seperti kita mengandalkan perlindungan dinding hanya menggunakan cat minyak. Tentu hal ini kurang tepat, karena air dari dalam dinding mampu melarutkan zat alkali yang terdapat pada semen. Kondisi ini akan mengakibatkan zat alkali bercampur dengan cat minyak, sehingga dapat menyebabkan melunaknya cat minyak, dan akhirnya terkelupas dari dinding.

Bila penanganan awal sudah salah, maka efeknya bisa menjadi fatal, dan mau tidak mau, Anda perlu memplester ulang dinding rumah Anda. Dan agar dinding Anda tidak rembes kembali, sebaiknya Anda menambahkan zat aditif, agar dinding Anda lebih terlindungi sebagaimana yang kami jelaskan di atas.  Jenis zat aditif yang tepat untuk digunakan bersamaan dengan waterproofing dinding adalah weldcret coating atau redseal. Weldcrete coating ini merupakan jenis zat aditif campuran mortar yang diaplikasikan untuk anti air, sedangkan redseal merupakan jenis zat aditif yang digunakan untuk tujuan anti lembab.

Solusi Memperbaiki Dinding Rembes Akibat Hujan pada dinding yang Retak

Berbeda lagi jika ternyata rembesan air tersebut disebabkan akibat terjadi retakan pada dinding luar rumah. Jika dinding Anda mengalami keretakan kurang dari 1 mm, maka Anda dapat menambalnya dengan campuran mortar semen dengan tambahan weldgrout. Namun jika retakannya lebih dari 1 mm, maka perlu adanya pemotongan area dinding dengan mesin pemotong keramik.

Dinding rumah retak
Untuk dinding yang mengalami retak, Anda perlu melakukan acian atau plesteran ulang – diminimalis.com

Sedangkan untuk solusi perawatan dinding rumah dalam, coba perhatikan lagi keaadaan dinding rumah Anda. Bila Anda memiliki dinding rumah yang berdempetan dengan milik tetangga, maka plesteran dinding lama yang merembes di bagian dalam rumah dapat dikupas sampai bertemu dengan lapisan beton atau batu batanya. Buatlah campuran mortar untuk plesteran dinding dalam rumah Anda, kemudian campurkan dengan weldgrout, karena campuran ini akan menghasilkan waterproofing yang mampu melapisi dinding dalam yang terindikasi lembab. Lapisi beton atau batu bata dinding Anda dengan ketebalan sekitar 5 mm, setelah itu Anda dapat mengecat ulang dinding tersebut dengan cat tembok yang ditambahkan pula dengan zat aditif berjenis weldnat.

Bila rembesan air tidak terlalu parah, Anda dapat menggunakan zat aditif tanpa memberikan campuran berupa mortar. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengupas cat lama dibagian dinding yang lembab. Kupas dinding tersebut sampai bertemu bagian acian atau plesteran dindingnya, bersihkan bagian tersebut dengan air dan tunggulah hingga kering. Kemudian gunakan zat aditif berjenis weldcrete coating. Umumnya penggunaan 1 kilogram weldcrete coating mampu digunakan untuk melapisi dinding seluas 5 m2, cukup luas bukan? Kemudian tunggulah beberapa hari sampai benar-benar kering, barulah Anda bisa mengecat ulang dinding tersebut. Untuk semakin memaksimalkan hasil cat, maka gunakan zat aditif weldnat pada cat tembok yang Anda gunakan.

Perhatikan dengan teliti saat Anda melakukan pelapisan pada dinding, jangan sampai ada bagian yang terlewatkan dan menjadi pemicu kemungkinan munculnya lagi rembesan pada dinding.

Nah, dari ulasan di atas, tentu Anda sudah bisa mendapat gambaran yang jelas terkait cara memperbaiki dinding rembes akibat hujan. Dengan menerapkan tahapan-tahapan di atas, Anda bisa mengatasi sendiri masalah dinding rembes, tanpa perlu ketergantungan dengan jasa tukang, selamat mencoba! (ar)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed