Beginilah Kriteria Memilih Mobil Keluarga yang Tepat

Mobil keluarga harus memiliki ruang yang lega - Diminimalis.com

Banyaknya merk, tipe, ukuran, sampai warna mobil keluarga seringkali membuat kita sebagai konsumen merasa bingung saat hendak memilihnya. Agar dapat menentukan mobil keluarga terbaik serta sesuai kebutuhan, kita butuh standar memilih mobil keluarga. Hal ini tentu harus dipikirkan secara cermat, mengingat harga mobil yang cukup tinggi, dan akan digunakan dalam jangka waktu panjang.

Akan berbeda ceritanya apabila kita hendak membeli kebutuhan yang sifatnya tak tetap dan harganya tak terlalu tinggi. Tidak akan ada standar khusus yang dibutuhkan seperti standar memilih mobil keluarga. Berikut adalah beberapa cara dalam memilih mobil keluarga yang sesuai dengan kebutuhan.

Memilih Mobil Keluarga mobil keluarga mewah, mobil keluarga yang nyaman harga terjangkau, mobil 7 penumpang paling nyaman, mobil keluarga terlaris, mobil yang cocok untuk keluarga kecil, mobil 7 seater paling irit
Mobil keluarga harus memiliki ruang yang lega – Diminimalis.com

Standar Memilih Mobil Keluarga Untuk Kebutuhan Sehari-hari

1. Sesuaikan Jumlah Penumpang

Jumlah seat atau tempat duduk dalam mobil harus diperhatikan dan dijadikan pertimbangan pertama saat Anda hendak membeli mobil keluarga. Sebagai mobil keluarga, maka kendaraan ini harus bisa menampung semua anggota keluarga di dalamnya. Pertimbangkan juga tempat duduk khusus untuk pengasuh anak atau pembantu yang seringkali akan ikut naik dalam mobil.

Sebagai pedoman dasar, umumnya mobil yang dilengkapi 4 tempat duduk akan cocok untuk keluarga yang sudah memiliki dua orang anak. Sementara mobil dengan 7 tempat duduk tentunya akan cocok untuk keluarga yang memiliki lebih banyak anak. Menyesuaikan jumlah tempat duduk ini penting agar anggota keluarga memiliki ruang yang leluasa di dalam mobil.

2. Tentukan Kapasitas dari Mesin Mobil

Mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh ialah mobil yang kapasitas mesinnya memadai. Kapasitas mesin mobil ini sendiri umumnya akan dinyatakan menggunakan besaran volume dari silinder piston mesin. Sebagai contoh adalah 1000 cc, 1300 cc, 1500 cc dan kapasitas lain.

Makin besar kapasitasnya, maka akan makin besar pula tenaga yang dikeluarkan oleh mobil tersebut. Mobil dengan kapasitas mesin yang besar akan cocok apabila kita menginginkan mobil yang lajunya kencang sehingga bisa mencapai tujuan dengan cepat dan mudah. Jika Anda sering bepergian jauh bersama keluarga, mobil dengan kapasitas mesin yang besar layak menjadi pilihan.

3. Sistem Transmisi

Sistem transmisi pada mobil terbagi dua, yakni transmisi otomatis serta transmisi manual. Kita bisa memilih apakah lebih menyukai mobil matik yang lebih mahal namun mudah dioperasikan, ataupun mobil manual yang lebih terjangkau serta perawatannya lebih mudah. Dengan demikian, kita akan lebih paham jenis mobil apa yang dibutuhkan dan menyesuaikannya dengan anggaran yang tersedia.

4. Konsumsi BBM

Cara merawat mobil mesin diesel, perawatan mobil diesel vs bensin, cara mengecek kondisi mesin diesel, memanaskan mesin diesel
Pilihlah bahan mobil yang irit bahan bakar – Diminimalis.com

Memilih mobil keluarga bekas murah dan irit pun bisa jadi pilihan alternatif. Namun jika hendak membeli mobil baru, maka perhitungkan pula konsumsi BBM dari mobil tersebut. Biaya untuk bahan bakar ialah pos pengeluaran utama yang harus dipikirkan dalam anggaran operasional sehari-hari.

Tekan konsumsi BBM dengan cara mengetahui jarak tempuh optimal dari mobil yang dimiliki dalam setiap liter bahan bakar. Makin jauh jarak tempuh per liter maka mobil tersebut akan semakin irit. Setelah hal ini diketahui, kita akan lebih mudah dalam mengendalikan biaya operasional mobil.

5. Fitur Keselamatan

Mobil keluarga hendaknya turut dilengkapi aneka fitur keselamatan yang memadai dan menyeluruh. Aneka fitur ini termasuk sabuk pengaman yang harus ada di tiap tempat duduk penumpang, kaca yang disertai sistem pengunci otomatis, hingga rem ABS. Komponen yang mendukung keselamatan penumpang akan sangat penting demi menjamin perjalanan yang aman bagi seluruh penumpang di dalamnya.

6. Perhatikan Faktor Kenyamanan

Selain keamanan, kenyamanan juga penting diperhatikan dalam mobil keluarga. Mobil keluarga yang nyaman harga terjangkau tentu akan sangat disukai seluruh anggota keluarga karena mampu memberikan kenyamanan secara menyeluruh. Termasuk dalam faktor kenyamanan mobil ialah luas kabin, jok yang empuk, fasilitas AC, kabin yang lega, suara senyap serta suspensi yang juga empuk.

7. Layanan Purna Jual

Layanan purna jual juga patut jadi hal yang dipertimbangkan saat membeli mobil keluarga. Layanan ini adalah jasa dari produsen pada konsumen pasca transaksi penjualan terjadi. Tujuannya adalah menjamin mutu produk tersebut setelah dibeli. Adanya layanan ini akan sangat membantu serta memudahkan kita sebagai pembeli dalam mendapat aneka kelebihan, mulai dari klaim garansi hingga servis resmi.

Mobil yang merknya sudah lama dikenal biasanya akan memiliki aneka tempat layanan purna jual. Kondisi ini penting bagi kita apabila terjadi hal-hal buruk pada mobil yang dibeli. Kita akan lebih mudah dalam memanfaatkan aneka kelebihan yang ditawarkan produsen.

8. Biaya Perawatan

Bukan hanya harga mobil yang harus dipertimbangkan, namun juga biaya perawatan yang harus kita keluarkan setelah membelinya. Biasanya, makin kompleks teknologi yang digunakan pada mobil, maka akan makin tinggi biaya perawatannya. Harga komponen suku cadang juga akan semakin tinggi. Sebelum membeli mobil, pertimbangkan pula biaya perawatan yang harus kita keluarkan nantinya.

9. Harga Jual Kembali

Kelebihan dan kekurangan mitsubishi xpander, review pengguna xpander, kekuranag xpander, keluhan xpander
Pilihlah mobil yang memeiliki harga tinggi ketika dijual kembali – Diminimalis.com

Mobil yang harganya nyaris sama akan memiliki nilai jual kembali yang berbeda karena perbedaan tingkat permintaan pasar. Mobil bekas dengan banyak peminat akan dihargai tinggi. Saat membeli mobil, pertimbangkan pula nilai jual kembali dari mobil tersebut karena ada kalanya kita akan merasa bosan atau membutuhkan dana mendesak sehingga harus menjualnya. Salah satu mobil yang dapat dijual kembali dengan harga tinggi adalah mitsubishi xpander, karena memiliki banyak kelebihan.

Dan yang tak kalah penting dalam membeli mobil keluarga adalah menyesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Jangan paksakan membeli mobil mewah apabila memang tidak mampu atau bahkan tidak terlalu membutuhkannya. Pilih mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan dana yang kita miliki. Demikian adalah aneka standar memilih mobil keluarga yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.