Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Inilah Elemen Penting untuk Membuat Taman Tropis di Rumah Sendiri

Taman tropis identik dengan pohon rimbun dan rerumputan di atas tanah - Diminimalis.com

Udara yang semakin panas, membuat kita semakin butuh akan kehadiran area hijua di sekitar rumah. Dan untuk mewujudkannya, alangkah baiknya kita membuat taman sesuai dengan iklim indonesia, yaitu taman tropis. Taman tropis adalah sebuah konsep taman yang didesain menyerupai hutan tropis. Tanaman yang biasa digunakan atau menjadi ciri khas dari taman tropis adalah tanaman yang mempunyai banyak corak warna dan memiliki bentuk daun yang lebar. Selain itu, pesona keindahan dari taman tropis biasanya akan semakin tampak dengan adanya sedikit nuansa rerumputan liar, yang juga bisa dilengkapi dengan kolam ataupun batuan alam. Pada kesempatan kali ini, Diminimalia akan mengulas untuk Anda, apa saja hal yang diperlukan untuk membuat taman tropis di pekarangan rumah Anda.

 Membuat taman tropis sendiri, jenis tanaman tropis untuk taman, taman tropis depan rumah, pengertian taman tropis, taman tropis belakang rumah, taman tropis minimalis, konsep taman tropis, konsep taman hutan tropis
Taman tropis identik dengan pohon rimbun dan rerumputan di atas tanah – Diminimalis.com

Membuat taman tropis sendiri di rumah

Yang terpenting untuk membuat taman tropis adalah memahami konsep utamanya. Taman tropis sendiri terdiri dari beberapa elemen, diantaranya yaitu.


Pohon peneduh

Anda bisa menanam pohon peneduh dari jenis pohon buah, seperti nangka, mangga, rambutan, jambu biji, jambu air, sirsak, dan belimbing. Selain dapat menjadi peneduh, buahnya kaya akan vitamin dan nutrisi yang tentu saja baik untuk dikonsumsi keluarga Anda.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Kebun Buah Minimalis Solusi Bagi Anda Pemilik Lahan Sempit

Pohon peneduh lain adalah kelompok tumbuhan yang didominasi oleh daun, seperti beringin, asem, kamboja dan sebagainya.

Tumbuhan penutup tanah

Untuk tumbuhan penutup tanah, Anda bisa menanam aneka rerumputan hias, seperti rumput jepang, rumput gajah atau rumput gajah mini. Adanya rerumputan tersebut, dapat membuat anak-anak bebas bermain di atasnya tanpa takut terkotori oleh tanah.

Tanaman pagar atau tanaman tepi

Jenis tanaman ini berfungsi sebagai pembatas atau tanaman tepi, bias difunsikan sebagai pemanis.pemilihan tanaman ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tinggi tanaman. Untuk sekedar sebagai pemanis atau border untuk tanaman tudung, biasa dipilih jenis tanaman yang lebih rendah, seperti soka, sambang darah, bambu hias dan lain sebagainya. Jika memerlukan tanaman pagar yang lebih tinggi, Anda bisa menanam aneka tanaman dengan jenis pisang-pisangan.

Tanaman tropis modern

Menata lampu eksterior, Menata lampu eksterior rumah, tata lampu rumah minimalis
lampu eksterior yang indah di taman rumah minimalis – diminimalis.com

Bila Anda sudah merancang taman tropis tersebut, Anda bisa mendesainnya lebih menawan dengan gaya kontemporer. Untuk membuat kesan itu, bisa memulainya dengan mendesain tata cahaya pada taman troipis Anda. Adapun mengenai pencahayaan taman, pencahayaan lampu berfungsi untuk memberi kesan indah dan dramatis pada taman tropis pada malam hari. Lampu dengan penyangga berwarna hitam atau putih yang bercahaya terang lebih dipilih untuk taman depan. Sementara untuk taman belakang pilihan cahaya lampu sebaiknya lebih hangat. Sehingga membuat taman tropis jadi lebih estetis dan menyatu dengan alam.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Tabulampot Taman Minimalis Membuat Teras Anda Nampak Bergairah

Setelah mendesain tata cahaya, selanjutnya Anda bisa mempercantiknya dengan menghadirkan elemn lunak berupa air mancur. Air mancur atau air terjun bisa memberikan keindahan dan kesejukan. Selain itu, gemericik air mancur dapat memberikan efek relaksasi dan ketenangan jiwa.

Namun bila Anda belum bisa mewujudkan air mancur, setidaknya Anda bisa membuat kolam hias sederhana di taman tersebut. Kolam tersebut dapat diisi ikan dan dihiasi tanaman air yang khas tropis. Tanaman yang bisa Anda tempatkan untuk menghias kolam pada taman tropis modern, antara lain lili air, teratai, dan bambu air.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat tanaman tropis di rumah minimalis Anda. Semoga dengan memiliki taman tropis sendiri, Anda sekeluarga bisa mendapatkan manfaat terbaik dengan adanya taman tersebut di rumah. (ls)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.