Inilah Resep Cara Membuat Rendang ala Padang yang Benar

Ternyata tak sulit membuat rendang ala Padang yang lezat - Diminimalis.com

Sebelum Anda mencoba untuk membuat rendang ala Padang, mari kita mengenal makanan yang satu ini terlebih dahulu. Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan rendang, kan? Rendang atau Randang merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar daging sapi yang mempunyai rasa pedas. Makanan ini dimasak dengan campuran dari berbagai macam bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia. Rendang dihasilkan dari proses memasak daging yang dipanaskan berulang kali dengan menggunakan santan kelapa.

Membuat Rendang ala Padang memang memakan waktu hingga berjam-jam. Rata-rata sekitar 4 jam hingga dagingnya kering, warnanya hitam pekat, dan rasanya sangat nikmat. Dalam suhu ruangan yang tepat, rendang bisa bertahan hingga beberapa minggu. Rendang yang dimasak hanya sebentar saja dan santannya belum kering maka disebut dengan kalio yaitu rendang yang masih berwarna coklat keemasan.

membuat Rendang ala Padang, resep rendang padang hitam, resep rendang padang sederhana, resep rendang padang asli minang, bumbu rendang padang spesial, resep rendang padang istimewa, resep rendang padang kering, resep rendang ayam padang, resep rendang padang pariaman
Ternyata tak sulit membuat rendang ala Padang yang lezat – Diminimalis.com

Anda bisa menjumpai rendang di berbagai rumah makan Padang yang bisa ditemukan di berbagai tempat. Masakan ini bukan hanya popular di Indonesia saja, namun juga di beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, dan Filipina. Makanan ini berasal dari tanah Minangkabau. Rendang sering disajikan untuk upacara adat dan acara istimewa. Namun makanan ini juga pas untuk disantap bersama keluarga di rumah minimalis Anda.

Rendang adalah masakan tradisonal khas Minangkabau yang sudah menyebar ke nusantara. Namun membuat rendang ala Padang pada tiap daerah di Minangkabau mempunyai beberapa teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda-beda. Rendang telah dinobatkan sebagai hidangan yang paling enak peringkat pertama pada tahun 2011 dalam daftar 50 Hidangan Terlezat di Dunia (World’s 50 Most Delicious Foods)versi CNN Internasional.

Makna budaya dari rendang ini cukup beragam. Salah satunyanya adalah sebagai hantaran pada upacara adat Minang. Membuat rendang ala Padang ini ternyata juga mempunyai filosofinya tersendiri bagi orang Minang, Sumatera Barat. Bahkan rendang mempunyai posisi yang terhormat di budaya masyarakat Minangkabau. Rendang mempunyai makna musyawarah dan mufakat.

Makna tersebut diambil dari empat bahan pokok rendang yang menyimbolkan keutuhan masyarakt Minang. Rendang yang terbuat dari daging sapi mempunyai lambing, yaitu Niniak Mamak atau para pemimpin dari suku adat. Kelapa adalah lambang dari Cadiak Pandai atau kaum intelektual. Cabai adalah lambang dari alim ulama yang tegas dan pedas dalam mengajarkan syariat agama. Sedangkan bumbu-bumbunya adalah symbol dari masyarakat Minangkabau secara keseluruhan.

Rendang adalah makanan yang wajib hadir pada setiap upacara adat dalam tradisi Minangkabau. Bahkan menyambut tamu kehormatan pun juga akan menyajikan rendang. Sedangkan dalam tradisi Melayu baik itu di Medan, Jambi, Riau, atau Semenanjung Malaya, rendang merupakan makanan istiemewa yang wajib hadir dalam acara ulang tahun, khitanan, pernikahan, barzanji, serta perhelatan keagamaan contohnya Idul Fitri dan Idul Adha.

membuat Rendang ala Padang, resep rendang padang hitam, resep rendang padang sederhana, resep rendang padang asli minang, bumbu rendang padang spesial, resep rendang padang istimewa, resep rendang padang kering, resep rendang ayam padang, resep rendang padang pariaman
Rendang merupakan masakan yang sudah diakui kelezatannya di ranah internasional – Diminimalis.com

Penjual rendang tentu saja bisa Anda temui dimana saja karena rumah makan Padang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Bahkan rendang pun juga sudah dijual di berbagai negara lain. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membuat rendang ala Padang ini membutuhkan daging sapi sebagai bahan utamnya dan ditambah dengan bumbu serta rempah-rempah. Makanan yang satu ini tentu saja sangat enak dan bergizi. Apalagi rendang bisa disimpan hingga beberapa minggu.

Rendang memang sangat pas untuk dijadikan sebagai salah satu menu masakan pada rumah Anda. Terkadang keluarga Anda bingung ingin makan apa yang terasa lezat dan disukai oleh anak. Nah, rendang bisa menjadi solusinya!

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan resep untuk memasak rendang yang bisa langsung dicoba di rumah. Tertarik untuk mencoba?

Resep Membuat Rendang ala Padang

Bahan-bahan

1 kg daging sapi yang dipotong sesuai selera
3 buah kepala tua yang dijadikan santan kental
10 siung bawang putih
15 siung bawang merah
2 cm jahe
1 ons cabe merah keriting
1 sdt merica bubuk
2 cm lengkuas yang dimemarkan
2 buah asam kandis
2 batabg sereh yang digeprek
1 lembar daun kunyit
3 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
2 buah Bunga pekak
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Rendang ala Padang

resep memasak rendang empuk, resep membuat rendang empuk, bumbu rendang daging sederhana, resep rendang padang,
Diperlukkan berbagai tahapan yang tepat untuk membuat daging rendang menjadi empuk – Diminimalis.com

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, cabe, dan lengkuas.
2. Ungkep daging sapi dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu tunggu hingga beruap dan daging sapi menjadi kering.
3. Tuangkan santan kental, sereh, merica bubuk, bunga pekak, asam kendus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, garam, dan gula. Aduk semau bumbunya sampai rata
4. Masak semua bumbunya hingga santan mendidih dan mulai mengeluarkan sedikit minyak. Jika sudah, maka kecilkan apinya
5. Adukan terus hingga rata agar daging sapinya juga tidak menempel di wajan.
6. Terus aduk sampai rendang berubah warna dan mengering.
7. Angkat rendang dan masakan ini pun siap untuk disantap.

Tips Tambahan

1. Jika Anda ingin membuat rendang yang empuk, maka usahakan daging sapi yang sudah dipotong sebaiknya digeprek atau dipukul terlebih dahulu sebelum diungkep.
2. Sedangkan untuk proses pengungkepan daging sapinya, jika Anda ingin daging redang tersebut enak dan empuk, maka Anda membutuhkan waktu yang agak lama dalam memasaknya. Kami rekomendasikan untuk memasak semalaman penuh atau seharian supaya bumbu-bumbu yang digunakan dapat meresap lebih baik.
3. Saat memasak santan, usahakan agar santan tidak pecah. Jadi, pada saat diaduk, Anda harus melakukan gerakan memutar ke atas seperti gerakan saat menimba.

Demikian tips singkat untuk membuat rendang ala Padang yang enak disantap bersama keluarga di rumah minimalis Anda, selamat mencoba.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.