Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Membuat Pondasi Rumah dengan Tahapan yang Baik dan Benar

pondasi rumah perlu dirancang dengan maksimal agar kuat menopang bangunan diatasnya - diminimalis.com

Membuat pondasi rumah perlu dilakukan dengan cara yang tepat, sebab pondasi merupakan dasar yang menopang tegaknya sebuah rumah atau gedung. Pondasi yang kuat dan terencana dengan, akan berdampak pada kekuatan rumah, sehingga rumah awet, dinding tidak retak dan mengurangi resiko rumah roboh.
Membuat pondasi rumah yang aman dan kokoh.

Membuat Pondasi Rumah, Membuat Pondasi Rumah sendiri, jenis pondasi rumah
pondasi rumah perlu dirancang dengan maksimal agar kuat menopang beban diatasnya – diminimalis.com

Membuat pondasi rumah yang kuat dan berkualitas

Sebelum Anda menentukan pondasi yang tepat untuk rumah Anda, perlu Anda perhatikan kondisi tanah. Apakah kondisi tanah untuk bangunan rumah Anda tersebut keras atau lunak. Hal ini untuk memastikan agar pondasi rumah tetap stabil dan tidak mengalami penurunan yang dapat membahayakan rumah Anda. Selain itu Anda juga harus menentukan pondasi sesuai dengan jenis bangunan di atasnya. Apakah untuk bangunan rumah sederhana atau bangunan bertingkat.


Kondisi Tanah

Hal pertama yang diperhatikan dalam membangun pndasi ialah keadaan yanah yang akan ditempati untuk membangun urmah tersebut. Hal ini bertujuan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam membangun rumah. Sebagai contoh, apabila lokasi tempat tersebut memiliki karakter tanah yang gembur, maka perlu diadakan pemadatan. Struktur tanah ini sangat penting agar pondasi yang dibangun bisa sekuat mungkin.

Apabila rumah anda berada di lahan miring

Buatlah struktur bertingkat

Dengan struktur bertingkat, tentu akan menghemat ongkos pengurukan, kalaupun ada yang harus dikeruk untuk meratakan, tentu hanya sebagian kecil saja. Jika elevasi kemiringannya tak besar, perbedaan tinggi permukaan ruang satu dengan lainnya dapat dihubungkan dengan tangga landai. Sedangkan jika elevasinya tajam, ada bagian yang harus dikeruk dan bagian lain diuruk. Letak seninya ada pada naik-turun atau tinggi-rendahnya ruangan yang dibuat.

Buat tinggi fondasi belakang dan ratakan tanah atau tinggikan bagian lahan belakang

Fondasi belakang yang tinggi dimaksudkan sebagai penahan tanah urugan untuk menyamakan tinggi dengan bagian depan. Cara ini hanya bisa dilakukan pada lahan yang memiliki selisih tinggi tidak lebih dari 2 meter, jika lebih dari itu mustahil untuk dikerjakan. Kalupun perlu buatlah urugan sampai bagian belakang lebih tinggi dari bagian depan, agar konstruksi lebih kuat.

Langkah selanjutnya untuk membuat pondasi rumah yang tepat adalah penggambaran rancangan pondasi, kemudian diteruskan dengan penggalian alur pondasi sesuai dengan gambar yang dibuat. Siapkan batuan, semen, dan pasir, bila diperlukan persiapkan juga besi lonjoran beserta kawat sebagai bekisting kolom dan sloof (lajur di atas pondasi). Bekisting kolom dan sloof diperlukan sebagai penopang dan kerangka dasar rumah terutama sebagai penguat tembok.

Setelah penggalian selesai maka kerangka besi dan kawat ditata terlebih, kemudian ditimbun dengan semen cor lalu diiringi dengan penataan batuan putih dan adonan pasir semen hingga ketinggian mencapai 50-an cm.
Pekerjaan selanjutnya adalah menggali pondasi. Kedalaman pondasi untuk rumah sederhana cukup sedalam 40-50 cm, dan lebar sekitar 30-40 cm. Kedalaman ini juga dipengaruhi oleh tekstur tanah. Jika tanah bertekstur keras, maka ukuran di atas cukup memadai. Namun jika tanah bertekstur lembut, maka penggalian harus lebih dalam.

Membuat Pondasi Rumah, Membuat Pondasi Rumah sendiri, jenis pondasi rumah
dinding rumah mengalami rusak struktur, akibat pondasi yang tidak kokoh – diminimalis.com

Setelah selesai menggali, saatnya memasang pondasi dengan batu kali atau batu bata merah. Pemasangan batu bata untuk pondasi harus disesuaikan dengan titik atau benang yang telah ditentukan padabowplank. Biasanya dengan ukuran kedalaman di atas dipasang batu setinggi 4 lapis bata merah. Teknik memasang batu bata untuk pondasi berbentuk hampir segi tiga, lapisan paling bawah melebar, sedangkan ke atas pasangan satu batu bata (seukuran 20 cm).

Jika telah selesai memasang seluruh bata, maka dilanjutkan dengan memasang besi yang telah dianyam dengan kawat ikat. Masing-masing ujung besi harus dibengkokkan dan dikaitkan dengan besi pondasi pelat setempat atau tiang kolom.

Selanjutnya memasang begisting untuk sloof menggunakan papan berukuran 400 cm x 20 cm x 2 cm. Pemasangan harus rapi dan kuat, sehingga tidak rusak atau jebol akibat tekanan adukan cor saat pengecoran sloof.

Pada saat melakukan pengecoran sloof, permukaan bagian atas harus rata, rapi dan sejajar dengan papan begisting. Besi harus tertutup adukan cor. Sehingga air tidak masuk dan merusak besi saat terkena air hujan, dan besi tidak berkarat.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat pondasi rumah yang baik dan benar, anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang jenis pondasi bangunan terbaik berdasarkan strukutrnya di bawah ini, semoga bermanfaat.(ls.)

Jenis pondasi bangunan terbaik berdasarkan strukutrnya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.