Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ternyata Semudah ini Membuat Gazebo di Taman Rumah Sendiri

Bila paham caranya, Anda bisa membuat gazebo sendiri di taman rumah Anda - Diminimalis.com

Membuat gazebo di taman rumah sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun kadang orang belum berfikir untuk membuatnya karena belum banyak memahami manfaat dari gazebo itu sendiri. Secara simpel, gazebo merupakan bangunan yang difungdikan untuk bersantai di taman dengan semua sisinya terbuka. Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa latin, yaitu “gaze” artinya memandang, dan “ebo” artinya ke luar, sehingga bisa diartikan sebagai tempat untuk memandang ke luar. Maka dengan sisi yang terbuka, Anda dapat menikmati pemandangan taman dengan lebih bebas, juga dapat menikmati udara dari berbagai sisi.

Gazebo biasanya ditempatkan di halaman rumah, taman, teras belakang, atau di tepi kolam sebagai tempat bersantai dan beristirahat. Rancangannya pun ada yang dibuat sederhana dan ada yang dibuat dengan nilai artistik yang tinggi, tergantung selera pemiliknya dan ketersiediaan budget yang ada untuk membangunnya.


membuat gazebo di taman rumah, cara membuat gazebo, ukuran gazebo minimalis
Bila paham caranya, Anda bisa membuat gazebo sendiri di taman rumah Anda – Diminimalis.com

Fungsi gazebo

Fungsi dari gazebo bisa bermacam-macam. Fungsi gazebo yang paling umum adalah sebagai tempat duduk dan bersantai bersama. Adanya gazebo membuat kita bisa bercengkrama bersama keluarga atau tamu, sembari menikmati keindahan pemandangan sekitarnya. Secara estetika, dengan adanya gazebo di taman, maka landscape taman Anda juga bisa menjadi lebih indah dan elegan.

Sejarah gazebo

Jaman dulu, awalnya gazebo diperkenalkan oleh arsitektur Eropa untuk memberikan tempat bersantai di rumah besar para bangsawan. Gazebo ditempatkan di taman atau di atas kolam hias untuk minum teh di pagi dan sore hari.

Namun sebenarnya orang Indonesia sudah mengenal bangunan jenis ini sejak lama, bahkan sebelum orang Eropa datang ke Nusantara. Orang Sunda menyebut bangunan ini sebagai “saung”, sedangkan  orang Jawa menyebutnya sebagai “Gubug”. Pada struktur gubug yang lebih luas, bangunan ini dinamai “Pendopo”, dengan fungsi yang kurang lebih sama dengan adanya gubug bersantai di rumah.

Luas ideal gazebo

Sebenarnya tidak ada ukuran pasti dalam pembuatan gazebo, semua disesuaikan dengan luas taman dan keinginan Anda. Karena  gazebo difungsikan sebagai tempat santai untuk memberi kenyamanan, maka gazebo tidak cocok ditempatkan pada taman yang kecil. Jika Anda memiliki taman yang cukup luas, sebaiknya juga tidak membuat gazebo yang terlalu besar, agar perbandingannya dengan taman menjadi seimbang. Sebeberapapun luas taman Anda, suahakan perbandingan dengan luas gazebo yang akan Anda bangun adalah 1:5. Dengan demikian, Anda tidak akan kehilangan manfaat taman secara fungsional, meski telah menambahkan elemen gazebo di dalamnya.

Membuat gazebo di taman rumah sendiri

Sebelum mulai membuat gazebo di taman rumah sendiri, alangkah baiknya Anda membuat desainnya terlebih dahulu. Buatlah desain menyeluruh termasuk denah dan penempatannya di lokasi taman Anda. Sehingga rancangan bagunan gazebo yang akan dibuat, akan selaras dengan kondisi taman Anda.

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
gazebo indah di taman yang penuh tanaman indah pula – diminimalis.com

Mengatur posisi dan ukuran gazebo

Usahakan posisi gazebo tidak tepat di bawah pohon berbuah besar pohon kelapa atau durian. Karena saat berbuah, buah yang berjatuhan akan dapat merusak atap. Untuk itu, dirikanlah gazebo pada tempat yang kondosif, agar atapnya bisa bertahan lama.

Bahan-bahan untuk pembuatan gazebo

Sebagai penopang utama, Anda bisa menggunakan  bambu petung, kayu jati dan kayu pohon kelapa (gelugu). Bila dana Anda terbatas untuk menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda bisa membeli bahan kayu yang lebih murah seperti kayu meranti, merbau, bengkirai, ulin, dan lain sebagainya.

Teknis membuat gazebo

Memasang tiang

Tentukan ukuran luas gazebo di lokasi Anda akan membuatnya. Anda bisa menandainya dengan tali  dan patok bila perlu. Kemudian gali lubang tiap sudut kotak yang sudah ditandai.

Bila material kayu sudah Anda dapatkan, siapkan 4 tiang kayu dengan ukuran dan tinggi yang sama sebagai pilar utamanya. Kemudian dirikan tiang tersebut pada lubang yang sudah Anda buat. Setelah itu, lubang yang sudah ditancapkan pilar kayu, bisa Anda tutup dengan semen agar kayu dapat berdiri kuat.

Sediakan lagi 8 balok kayu sebagai penghubung ke empat pilar tersebut. 4 balok untuk bagian bawah (lantai) dan 4 balok untuk bagian atas (atap). Pakulah setiap pengubungnya dan beri ikatan menggunakan ijuk agar sambungan menjadi lebih kuat.

Membuat atap

Untuk pembuatan atap, Anda bisa memilih atap genting biasa, Ilalang, atau Ijuk. Setelah menentukan model atap gazebo tersebut, Anda bisa menggunakan ilalang  dengan panjang sekitar 2,8 serta lebar 80 cm. Untuk menyusun 1 meter persegi, biasanya akan menghabiskan 7 sampai dengan 8 lembar ilalang, dengan jarak pemasangan 5 CM.

Sebelum menata ilalang tersebut, Anda perlu membuat rangka atap yang kuat. Sediakan beberapa balok kayu sebagai reng (rangka atap) untuk gazebo Anda. Jumlahnya sesuaikan dengan luas atap gazebo yang akan Anda buat. Rangka ini nantinya digunakan sebagai reng untuk menopang atap. Alangkah baiknya Anda  melapisi permukaan rangka tersebut menggunakan kertas bungkus semen, atau aluminium foil. Selain sebagai alas atap, aluminium foil dapat meredam panas yang datang dari atas atap.

Lantai gazebo

Bahan pembuatan lantai bisa berupa kayu balok yang disusun berjajar pada sambungan bawah gazebo Anda. Tinggi lantai gazebo bisa menyesuaikan selera yang Anda buat. Biasanya, untuk bisa menempati gazebo, kita akan memerlukan tangga dari kayu. Tapi bila lantai gazebo Anda tidak terlalu tinggi, maka tangga bukanlah suatu elemen yang perlu Anda sediakan pada gazebo Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat gazebo di taman rumah sendiri. Semoga dengan memiliki gazebo sendiri, Anda dapat memaksimalkan family time setiap saat sambil bersantai bersama keluarga tercinta. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.