oleh

Siapa Sangka, Membuat DVR dari PC Sendiri Ternyata Semudah ini

Membuat DVR dari PC merupakan suatu keharusan jika Anda menggunakan CCTV. Tanpa adanya perangkat DVR CCTV maka pengolahan hasil rekaman CCTV tidak akan baik. DVR dari PC akan membantu dalam pengolahan hasil rekaman anda. Sebelum Anda menggunakannya maka Anda harus membuat DVR dari PC.

Membuat DVR dari PC selain membantu dalam pengelolaan hasil rekaman juga dapat digunakan untuk hal lain. Pembuatan DVR dari PC bisa menjadi alat digital perekaman video. Fungsinya bisa melakukan perekaman, pengeditan, menghapus, menambahkan adanya data user. Pengamanan gAnda juga bisa didapatkan dan bisa digunakan untuk rumah, kantor atau gedung.

Membuat DVR dari PC, menghubungkan cctv ke komputer, cara pemasangan cctv ke komputer, cara menghubungkan cctv ke laptop tanpa dvr, cara melihat dvr dari komputer, cara melihat cctv online dari pc, hardisk cctv tidak terbaca di komputer, aplikasi cctv untuk pc gratis, cara pasang cctv langsung ke pc
Membuat DVR dari PC sebenarnya cukup mudah, bila paham cara settingan dasarnya – Diminimalis.com

Langkah-langkah Membuat DVR dari PC

Untuk DVR dari PC sudah menggunakan teknologi cloud atau penyimpanan awan. Penyimpanan awan maksudnya adalah penyimpanan yang memungkinkan adanya setting jarak jauh. Anda bisa menyetting melalui hp smartphone Anda dari mana saja dan kapan saja. Bukankah ini akan sangat memudahkan Anda?

Ada banyak yang mengalami kesulitan ketika mengoperasikan CCTVnya dari jarak jauh. Kesulitan ini ternyata karena Anda harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengaksesnya. Akses yang digunakan ya melalui DVR SPC yang ada. Akan tetapi ada banyak alasan mengapa ada beberapa orang tidak bisa menggunakannya.

Membuat DVR dari PC, menghubungkan cctv ke komputer, cara pemasangan cctv ke komputer, cara menghubungkan cctv ke laptop tanpa dvr, cara melihat dvr dari komputer, cara melihat cctv online dari pc, hardisk cctv tidak terbaca di komputer, aplikasi cctv untuk pc gratis, cara pasang cctv langsung ke pc
Pahami dulu perangkat dasar untuk setting DVR – Diminimalis.com

Alasan pertama mungkin karena Anda melakukan pembelian di toko offline namun tidak dengan softwarenya. Bisa juga karena Anda membeli secara online dan Anda tidak memahami mengenai aplikasinya. Nah untuk menghindari masalah itu maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Fitur CMS 2000
Fitur CMS 2000 bisa digunakan di sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Anda bisa mengawsi kamera CCTV Anda menggunakan apliasi CMS. Caranya mudah sekali Anda bisa menggunakan laptop atau komputer. Minimum spesifikasinya core 2 dan RAMnya 2gb.

2. Cara Instal Aplikasi CMS Untuk DVR dari PC
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan download aplikasi CMS. Setelah selesai mendownload maka Anda bisa langsung melakukan ekstrak melalui winrar atau winzip. Selanjutnya Anda bisa mengklik 2x atau klik kanan run administrator. Jika ada kotak dialog pilih bahasa inggris maka klik ok.

Setelah itu akan tampil kotak dialog mengenai peletakan folder. Simpanlah CMS pada localdisk C atau D. Setelah itu klik next maka akan segera muncul kotak dialog persetujuan. Klik yes kemudian Anda bisa menunggu hingga instalasi CMS selesai dan klik finish.

Membuat DVR dari PC, menghubungkan cctv ke komputer, cara pemasangan cctv ke komputer, cara menghubungkan cctv ke laptop tanpa dvr, cara melihat dvr dari komputer, cara melihat cctv online dari pc, hardisk cctv tidak terbaca di komputer, aplikasi cctv untuk pc gratis, cara pasang cctv langsung ke pc
Alangkah baiknya Anda menggunakan perangkat PC dengan spek unggulan – Diminimalis.com

Jika instalasi software CMS telah selesai maka Anda bisa melakukan restart ke komputer anda. Buka aplikasi CMS yang sudah Anda install lalu klik 2x pada aplikasi tersebut. Setelah itu akan muncul pop untuk memilih bahasa, ceklist lalu pilih Allow Access. Langkah ini belum bisa membuat Anda mengoperasikan CCTV melalui PC.

3. Cara Menyambungkan IP Address DVR ke PC
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan adanya adaptor DVR sudah terhubung. Lalu smabungkan kabel LAN asal RG45 PC ke port RG45 DVR. Anda harus memastikan dan melakukan cek pada lampu port Ethernet DVR menyala dan berkedip.

Anda bisa membuka control panel pada komputer Anda lalu pilih Network And Internet. Setelah itu pilih Change Adapter lalu pilih Ethernet. Langkah selanjutnya Anda harus klik kanan pada Properties.
Setelah itu klik Internet Protocol Version 4 lalu klik properties. Ceklist pada Use The Following IP Address dan isikan IP Address sesuai range IP Address pada DVR. Setelah Anda mensetting IP Address pada komputer maka pastikan Anda mengetest koneksi DVR pada PC.

Baru setelah setting IP Address pada komputer selesai maka Anda bisa mengecek command prompt. Langkahnya adalah dengan menekan tombol windows pada keyboard disertai huruf R. Ketikkan CMD dan ketik PING IP Address yang ada. Jika sudah terkoneksi dengan bai maka Anda bisa menyetting CMSnya.

4. Cara Setting DVR CMS
Lakukan double klik pada aplikasi CMS2000 pada desktop PC anda. Setelah itu pilih System Config dan pilih Monitor Manager. Klik tombol Search maka akan tampil jendela baru. Ubahlah tombol button yang asalnya dari IPCam ke DVR.

Setelah itu tekan tombol search lagi lalu klik 2x pada IP Address DVR anda. Kosongkan password yang ada lalu klik tombol Add. Jika penyettingan IP Address Komputer (DVR) sudah terinstall dengan benar maka CCTV akan muncul. Klik IP DVR lalu klik channel pada kamera CCTV yang akan Anda tampilkan.
Lakukan double klik pada icon CCTV agar bisa mengakses CCTV yang akan Anda lihat. Pada langkah ini DVR kamera CCTV bisa diakses di jaringan tanpa internet. Jika Anda mau mengakses online dengan aplikasi cloud maka tinggal ceklist pada DHPC.

CCTV Anda sudah bisa Anda cek menggunakan DVR dari PC. Menggunakan DVR pada PC akan membuat Anda lebih mudah melakukan cek terhadap CCTV anda. Adanya fasilitas ini akan mempermudah langkah Anda dalam mengelola CCTV Anda.

Rumah minimalis Anda juga bisa menggunakan CCTV dengan DVR. DVR bisa saja membuat Anda mengolah perekaman dengan sangat baik. Fasilitas ini akan membuat rumah minimalis Anda aman dari sesuatu yang membahayakan. Teknik semacam ini akan sangat memudahkan Anda selaku pengelola CCTV.

Istilah rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki bentuk mini namun tidak smepit. Kalau ada yang bilang rumah minimalis sempit maka Anda salah. Rumah minimalis merupakan rumah yang memang didesain mini namun terlihat mewah. Pastinya Anda akan puas menggunakan rumah semacam ini.

Membuat DVR dari PC akan mempermudah Anda dalam mengelola CCTV Anda. CCTV akan semakin mudah untuk diakses dan disimpan dengan DVR. Rumah Anda akan semakin aman jika dipasang CCTV seperti ini. Selain memahami cara membuat DVR dari PC, alangkah baiknya Anda juga perlu memahami cara setting CCTV wireless di rumah sendiri. (km)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.