Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Membuat Bonsai Buah agar Rumah Anda Semakin Indah

Bonsai buah jeruk kingkit - diminimalis.com

Membuat bonsai buah sebenarnya tidaklah sulit. Kadang kita melihat bonsai dari jenis tanaman tak berbuah saja sudah membayangkan bagaimana sulitnya merawat tiap hari, apalagi bila jenis bonsai yang dikembangkan meruakan tanaman buah-buahan. Ini merupakan tantangan sulit namun justru menantang untuk dipraktekkan.

 cara membuat bonsai buah, cara membuat bonsai buah naga, cara membuat bonsai buah jeruk, cara membuat bonsai buah-buahan, pohon bonsai berbuah
Bonsai buah jeruk kingkit – diminimalis.com

Mungkin Anda berfikir, untuk jenis tanaman buah di taman minimalis, kenapa tidak menggunakan tabulampot (tanaman buah dalam pot) saja? Nah disinilah bedanya tabulampot dengan bonsai, meski sama-sama berbentuk minimalis, namun keduanya memiliki banyak perbedaan.


Tabulampot merupakan tanaman buah yang dikembangkan dengan pertumbuhan yang wajar. Tanaman buah ini ditanam di dalam pot karena memang dipilih dari varian buah yang mampu tumbuh di dalam pot. Buahnya pun bisa lebat dan pertumbuhannya bisa membesar, meski pijakan akarnya di dalam pot.

Namun bonsai buah merupakan tanaman yang tidak sama dengan tabulampot. Bonsai buah tetap harus dibuat dengan ukuran yang sangat kerdil dan tidak asal berbuah sebagaimana tabulampot. Bonsai buah lebih menitikberatkan pada nilai artistik dan kerapian, sehingga adakalanya beberapa buah perlu dipetik demi memperoleh keindahan bonsai itu sendiri.

Membuat bonsai buah tidaklah sulit, Anda hanya perlu paham tentang bagaimana merawat bonsai dengan baik, sebagaimana bonsai pada umunya. Pemahaman ini meliputi perawatan akar, pengairan, media tanam, batang dan pemangkasan. Selanjutnya Anda tinggal menentukan buah yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai di rumah Anda.

Membuat bonsai buah dengan memilih tanaman buah yang cocok

Faktor uatama yang membuat bonsai buah Anda berhasil tumbuh dengan baik, salah satunya ada pada pemilihan jenis buah yang tepat. Bila Anda salah dalam menetukan jenis buah, tentu saja bonsai buah Anda tidak akan tumbuh dengan baik. Berikut diminimalis ulas tentang jenis buah yang cocok untuk dijadikan tanaman bonsai.

Buah duet

Tanaman duet banyak ditemukan di alam bebas atau hutan yang tumbuh secara liar. Tumbuhan yang satu ini memiliki daun bulat lebar memanjang dan batang kokoh.

Buahnya saat muda berwarna hijau kemudian ketika masak berubah menjadi ungu. Dengan kekokohan batang tersebut dan buah yang kecil itulah sangat cantik jika dijadikan tanaman bonsai.

cara membuat bonsai buah, cara membuat bonsai buah naga, cara membuat bonsai buah jeruk, cara membuat bonsai buah-buahan, pohon bonsai berbuah
Bonsai buah delima – dminimalis.com

Buah delima
Sebagai tanaman buah yang dijadikan bonsai sebenarnya delima kurang ideal. Di dalam pot tanaman ini bisa kerdil, dan ukuran buahnya besar. Namun, penampilan tanamannya yang berbatang duri dengan daun yang mungil memang cukup indah. Untungnya kayu delima juga cukup keras sehingga menambah nilainya sebagai tanaman buah yang dibonsaikan.

Buah Jambu biji

Jambu biji merupakan tanaman yang mudah ditemukan di daratan Indonesia. Tanaman ini pun cara menanamnya sangat mudah dan buahnya juga sama pada umumnya yaitu berwarna hijau tua dan setelah masak berubah menjadi hijau muda agak kekuning – kuningan.

Dengan batangnya yang licin dan berwarna coklat. Dengan keunggulan batangnya inilah jambu biji sangat cantik jika dijadikan bonsai.

Buah Jeruk kingkit

Jeruk kingkit merupakan salah satu kerabat jeruk yang di kecualikan karena keindahannya jika dijadikan bonsai. Tidak seperti tanaman jeruk lainnya, kelebihan yang dimiliki tanaman jeruk ini yaitu terletak pada penampilan batangnya yang beralur dan terlihat tua maka bisa membuat indah apalagi di lengkapi dengan batangnya yang berwarna putih.

Sedangkan warna daunnya berwarna hijau tua dan dengan aroma khasnya yang semerbak dan mengandung kelenjar minyak yang transparan.

Buah landepan

Batang landepan berkayu keras dan berwarna putih keperakan. Tanaman ini berduri dengan cabang yang merentang ke samping. Daun landepan berukuran kecil, tetapi tebal. Landepan memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Daya tariknya sebagai bonsai antara lain terlihat pada akarnya yang tumbuh besar dan menonjol. Selain ditanam sebagai individu, bonsai landepan yang bergaya grouping juga enak dilihat.

Demikian ulasan kami tentang membuat bonsai buah di rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami terkait manfaat tanaman bonsai di bawah ini (ls)

Manfaat Tanaman Bonsai di Rumah Minimalis yang Perlu Anda Ketahui

You might also like
2 Comments
  1. […] Adenium merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat cocok untuk dibuat bonsai. Ketika bunga Adenium sudah cukup besar maka akan terlihat bonggol dan akar yang dapat berbentuk […]

  2. […] Membuat bonsai buah agar rumah Anda semakin indah […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.