Membuat Bonsai Asem Londo dari Biji dan cara Perawatannya

Bonsai asem londo yang sangat indah - Diminimalis.com

Bonsai merupakan tanaman yang ditujukan untuk menonjolkan nilai seni dan keindahan. Dibutuhkan kesabaran dan pemahaman perawatan yang baik untuk membuatnya tumbuh dengan indah. Ada banyak jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai, mulai dari beringin, asem jawa, asem londo dan lain sebagainya. Karena bonsai beringin dan asem jawa sudah pernah kami ulas sebelumnya, maka pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara membuat bonsai asem Londo, atau asam belanda (pitchecolobium Dulce).

Banyak penggemar bonsai menyebutnya Bonsai Asem Londo atau dalam bahasa Indonesia berarti “Asem Belanda”. Bonsai ini tak kalah bagusnya dengan bonsai asem jawa, bahkan bonsai asem londo ini bisa dijadikan bonsai dengan nilai seni yang tinggi. Jenis batangnya dan kayunya yang keras dan juga memiliki batang dan akar yang unik secara alami bakalan bonsai asem londo ini banyak dicari para kolektor dan penggemar bonsai.

bonsai asem londo, harga bonsai asem londo, cara membuat bonsai asem londo, bonsai asem londo varigata, pohon asem londo, klasifikasi asem londo, asem londo wikipedia, pohon asem belanda, buah asem londo
Bonsai asem londo yang sangat indah – Diminimalis.com

Asem lando sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini didatangkan dari daratan Amerika tropis. Warna daun asem londo lebih tua dibanding asem jawa. Batangnya yang bisa besar dan kokoh menunjang penampilan asem londo cocok untuk bakalan bonsai.

Ciri fisik pohon asem Londo

Sosok pohon ini sedikit bersahabat dengan para penggemar bonsai, biasanya pohon ini banyak dijumpai sebagai pohon peneduh jalan. Pohon ini jika dibiarkan bebas bisa tinggi menjulang dengan batang dan cabang yang hampir tak beraturan. Banyak diantaranya pohon asem londo yang menjadi pohon peneduh jalan.
Pohon ini melakukan penyesuaian terhadap panas dengan cara menggugurkan daun, cara ini hampir mirip dengan tanaman kayu jati.

bonsai asem londo, harga bonsai asem londo, cara membuat bonsai asem londo, bonsai asem londo varigata, pohon asem londo, klasifikasi asem londo, asem londo wikipedia, pohon asem belanda, buah asem londo
Buah asem londo – Diminimalis.com

Pohon asem londo mempunyai duri di batang cabang dan ranting, walau tidak setajam duri salak namun cukup untuk membuat tangan Anda tergores. Perbanyakan yang bisa dilakukan adalah dari biji,stek batang dan cangkok. Perlakuan perbanyakan dari biji boleh dibilang lama, oleh karena itu untuk memangkas waktu banyak orang yang mencangkoknya. Pohon ini mudah sekali mengeluarkan akar jika dicangkok, oleh karena itu mencangkok pohon ini bisa berharap 100% berhasil. Pertumbuhan vegetatif tanaman termasuk yang cepat juga, oleh karena itulah banyak pemerintahan daerah yang menanamnya sebagai pohon peneduh.

Cara membuat bonsai asem londo

Asem Londo juga sangat baik bila dibuat menjadi bonsai, penampilan batang yang berkesan tua membuat tanaman ini banyak di cari. Pohon bonsai asem londo ini bisa menganut gaya bonsai hampir semua jenis, dari mulai kengai,han kengai,broom,sampai bunjin. Kenapa begitu? Karakter pohonlah yang membuatnya bisa memasuki segala macam jenis gaya bonsai.

Mengenai media tanam, sebetulnya sang bonsai ini tidak begitu menuntut perlakuan yang terlalu manghabiskan waktu, dia bisa saja dibiarkan tumbuh seadanya. Namun tentu jika mendapat perlakuan yang istimewa maka sang bonsai pun akan memberikan kita hasil yang terbaik. Hama tanaman ini cukup sedikit, paling hanya ulat atau hama penggerek daun saja yang bisa membuat daun menjadi bolong bolong. Sifat cabang dan rantingnyapun terbilang lentur dan mudah menjadi kaku ketika beberapa waktu lamanya mengalami “pengkawatan”.

Bonsai dari jenis ini sangat baik hasilnya, karena didukung dengan adanya daun yang bisa mengecil dengan kompak. Hasil terbaik akan didapat jika Anda merawatnya dengan benar. Perhatikan juga tentang drainasenya agar akar tidak terlalu kering, atau busuk, akibat pengairan yang tidak seimbang.

Syarat Tumbuh

Pohon asem Londo tidak menuntut kebutuhan iklim yang tepat, dan dapat tumbuh baik di dataran rendah dan sedang di daerah-daerah basah dan kering dengan cahaya matahari penuh.

Cara menyemai bibit asem londo

Pada artikel ini kami telah merangkum cara membuat bonsai asem Londo dari persiapan bibit, hingga cara perawatannya yang tepat. Simak tahapan detailnya di bawah ini.

1. siapkan bibit asem Londo.

Biji asem jawa yang sudah Anda dapatkan dari pohonnya langsung tentunya harus sudah siap disemai/berumur tua/masak dipohon.

2. Rendam biji asem Londo

Rendamlah biji asem Londo ke dalam air selama 1 minggu dalam keadaan terbuka dalam mangkuk atau baskom. Perendaman ini dimaksudkan agar cangkang biji asem yang tebal dan keras itu bisa mengelupas dari bijinya.

3. Pemberian pupuk pada biji

Setelah perendaman air selesai angkat biji asem tersebut, kemudian berilah cairan/pupuk tanaman. Setelah semuanya biji asem sudah direndam dengan pupuk, barulah siapkan media tanam dengan media yang gembur : tanah+pupuk kandang+pasir+kompos.

4. Penanaman biji ke dalam pot

Tanam boji asem Londo dengan kedalam sedang (jangan terlalu dalam). Tunggu selama kurang lebih satu minggu maka biji-biji asem jawa yang Anda tanam akan mulai berkecambah.

5. Penggantian pot

bonsai asem londo, harga bonsai asem londo, cara membuat bonsai asem londo, bonsai asem londo varigata, pohon asem londo, klasifikasi asem londo, asem londo wikipedia, pohon asem belanda, buah asem londo
Asem londo yang sudah tumbuh dengan baik – Diminimalis.com

Pengatian pot kita lakukan jika akar sudah tumbuh padat, biasanya di tandai oleh keluarnya akar-akar dari atas atau lubang lubang pada pot. Anda bisa menanam pohon beringin pada pot dengan media tanam yang padat dan memiliki unsur hara yang rendah. Ini dimaksudkan agar pohon beringin ini mudah untuk dibentuk.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat bonsai asem londo dan cara merawatnya dengan tepat. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat bonsai dari jenis pohon asem jawa yang indah. Jangan lupa untuk selalu perhatikan kondisi media tanam, pencahayaan dan pemotongan cabang pohon setiap saat, agar bonsai asem londo Anda dapat tumbuh dengan baik. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.