Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Membersihkan Sofa Kain Ternyata ada Tahapannya lho..

Sofa berbahan kain perlu dibersihkan secara rutin, untuk menjaga kesehatan dan keindahannya - diminimalis.com

Membersihkan sofa kain menjadi hal yang sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Bila Anda memiliki furniture tersebut di rumah, perawatan ini tentu perlu dimasukkan dalam chcek list aktifitas bulanan Anda. Meski memiliki penampilan yang indah dan nyaman diduduki, sofa yang terbuat dari kain ini mudah sekali kotor. Terlebih lagi ketika diduduki oleh banyak anak kecil yang biasanya tidak bisa menjaga kebersihan. Tapi tenang, Anda tetap dapat membuat sofa kain tersebut tetap bersih dengan beberapa langkah pembersihanyang tidak susah.

membersihkan sofa kain , cara membersihkan sofa kain , cara mebersihkan sofa bed
Sofa berbahan kain perlu dibersihkan secara rutin, untuk menjaga kesehatan dan keindahannya – diminimalis.com

Tips Mudah Membersihkan Sofa Kain

Berbeda dengan cara membersihkan sofa yang terbuat dari kulit dan karet, membersihkan sofa yang terbuat dari kain perlu kehati-hatian supaya tetap menjaga kualitas sofa tersebut. Membersihkan sofa yang ada sarungnya akan lebih mudah untuk membersihkannya karena cukup mengambil sarung sofa tersebut dan mencucinya.

Apabila sofa Anda tidak dilengkapi dengan kain sarung, Anda bisa menggunakan beberapa bahan lain untuk membersihkannya.  Seperti menggunakan cairan pembersih cair yang telah banyak dijual di toko-toko yang jual perlengkapan rumah tangga atau di minimarket terdekat. Atau Anda bisa menggunakan deterjen cair yang dicampurkan dengan air hangat agar menghasilkan busa yang banyak.

Apabila dibutuhkan bahan pembersih untuk kotoran yang baru saja menempel pada  sofa, Anda bisa menggunakan tisu basah. Adapun cara lengkap untuk membersihkan sofa akan dijelaskan berikut ini:

  • Membersihkan Terlebih Dahulu Kotoran dan Debu

Langkah pertama dalam membersihkan sofa kain ialah membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada sofa. Bila banyak aktifitas yang dilakukan di sofa maka semakin banyak kotoran dan debu yang menempel pada sofa kain tersebut. Untuk membersihkan permukaan sofa dari debu dan kotoran ini Anda bisa menggunakan lap kering atau kemucing.

  • Membersihkan Noda Bercak yang Membandel

Aktifitas di atas sofa memang tidak terduga. Ada kalanya duduk di atas sofa sambil memegang makanan atau coklat. Nah kotoran basah seperti ini akan menimbulkan noda yang membandel. Pembersihan noda ini perlu sedikit kerja keras yakni dicuci menggunakan deterjen pada bagian yang terkena noda membandel.

  • Membersihkan Seluruh Permukaan Sofa

Untuk hasil yang maksimal dalam proses pembersihan sofa, maka jangan ada satupun permukaan sofa yang terlewatkan untuk dibersihkan. Bersihkan semua kotoran yang terdapat pada permukaan sofa. Terlebih lagi ketika ada sisa makanan. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan mengundang hewan-hewan kecil untuk bertempat ke dalam sofa. Hal ini dapat merusak sofa.

  • Pengeringan

Setelah dilakukan berbagai pembersihan baik menggunakan deterjen atau pembersih yang lain, maka langkah yang terakhir ialah proses pengeringan. Proses pengeringan ini sangat diperlukan agar sofa terbebas dari bau yang tidak sedap. Jika tidak segera dikeringkan maka sofa akan dipenuhi bau yang tidak sedap.

  • Merawat Secara Berkala
membersihkan sofa kain , cara membersihkan sofa kain , cara mebersihkan sofa bed
Sofa kain yang dirawat secara berkala, akan nampak indah meski sudah lama – diminimalis.com

Dari beberapa poin di atas, perawatan secara berkala merupakan hal yang penting untuk menjaga kebersihan sofa agar bisa tahan lama.Membersihkan sofa bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa langkah untuk membersihkan sofa yang terbuat dari bahan kain di atas.

Sofa yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi orang yang duduk diatasnya. Selain itu, kebersihan sofa juga memberikan kesan indah pada rumah. Kini Anda tidak perlu bingung bagaimana cara membersihkan sofa. Semoga langkah-langkah di atas bisa bermanfaat untuk Anda. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.