oleh

Beginilah Cara Membangun Rumah Sejuk di Daerah Panas

Bagaimana cara membangun rumah sejuk di daerah panas? Hal ini selalu menjadi pertanyaan bagi kita yang notabene tinggal di daerah tropis. Suhu udara yang selalu terasa panas saat musim kemarau, membuat kita semakin ketergantungan terhadap AC. Tentu saja ketergantungan semacam ini tidak baik untuk jangka panjang. Maka, agar kita tetap bisa nyaman tinggal di daerah tropis, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara membangun rumah sejuk di daerah panas, agar kita tidak lagi ketergantungan dengan AC.

membangun rumah sejuk, desain rumah sejuk tanpa ac, cara mengatasi udara panas di dalam rumah, cara membuat ruangan dingin alami
Contoh rumah sejuk pada di wilayah tropis – Diminimalis.com

Membangun rumah sejuk di daerah panas

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan nuansa sejuk di rumah meski tinggal di daerah panas, diantara caranya yaitu.

1. Maksimalkan ventilasi udara

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesejukan di dalam ruangan tanpa AC, Anda dapat merancang ventilasi silang yang lubang udaranya diletakkan berseberangan namun tidak berhadapan. Fungsinya agar udara dapat mengalir dengan baik mengikuti tekanan udara.

2. Berikan sentuhan warna-warna cerah

Cara selanjutnya untuk menyejukkan ruangan adalah dengan menggunakan warna-warna cerah pada bagian eksterior. Sifat dari warna cerah sendiri adalah memantulkan cahaya sehingga ruangan di dalam pun tidak akan menyerap panas.

3. Buat desain atap pelana

kelebihan desain atap pelana, gambar atap pelana, pengerrtian atap pelana
contoh rumah minimalis yang menggunakan atap pelana – diminimalis.com

Atap menjadi elemen yang sangat penting dalam rumah. Sebagai penutup ruangan, atap harus mampu bertahan dari angin, hujan dan panas. Di daerah dengan curah hujan tinggi seperti di Indonesia, atap pelana menjadi pilihan utama karena dianggap paling menguntungkan. Atap pelana berguna untuk mengalirkan secepat mungkin air hujan turun ke tanah.

Kelebihan lainnya, atap pelana juga memiliki daya serap terhadap panas matahari yang baik. Meskipun hal ini juga dipengaruhi oleh bahan material atap yang digunakan, namun ruang kosong yang tercipta di antara atap dan plafon juga dapat berfungsi sebagai penetralisir hawa panas dari atas. Atap pelana yang memiliki bentuk miring akan menciptakan suatu ruangan kosong yang agak luas di antara atap dan plafon. Udara yang terkumpul di ruang inilah yang akan mengurangi radiasi panas matahari yang mengalir ke bawah.

4. Pasang lantai marmer

Tentu kita semua sudah paham, bahwa lantai marmer adalah lantai yang sangat ampuh untuk menyejukkan ruangan. Selain karena kemampuannya tersebut, lantai marmer banyak diminati karena memiliki motif yang berkelas dan elegan. Hal ini dikarenakan marmer terbuat dari jenis batu kristalin bertekstur kasar dari dolomit atau gamping. Lantai marmer dapat menyerap cairan lebih mudah karena memiliki pori-pori yang terbilang besar. Oleh karena itulah mengapa dibutuhkan cara khusus agar lantai marmer tetap cemerlang dan tidak mudah memiliki noda.

5. Tinggikan langit-langit

Meninggikan langit-langit dapat membuat ruangan di bawah atap menjadi lebih luas untuk menguraikan panas dari luar. Karena langit-langit yang rendah membuat rumah Anda terasa sempit dan menyesakkan. Sebaliknya, plafon tinggi akan membuat suasana ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.

6. Buat kolam ikan

Elemen air di dalam rumah selain menambah estetika, dapat juga digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan segar. Akan lebih baik jika di sekitar kolam ditanam dengan tanaman dan rumput yang dapat menyerap panas dan menambah oksigen dalam rumah.

7. Tempatkan akuarium

Selain sebagai hiasan interior, adanya akuarium dapat memberikan nuansa segar akibat adanya elemen air di dalam ruangan. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menempatkan akuarium pada salah satu interior Anda untuk menyejukkan ruangan.

8. Perbanyak tanaman tropis

Ruang-ruang hijau sekitar rumah seperti pekarangan atau taman sangat bermanfaat untuk kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah. Pepohonan-pepohonan yang tumbuh dapat mengarahkan aliran udara masuk ke dalam ruangan rumah. Selain itu, pohon peneduh dapat menambah area bayangan sehingga ruangan menjadi teduh dan tidak panas.

Di iklim tropis basah dengan curah hujan tinggi, keberadaan pepohonan dan pekarangan dapat menyerapkan air ke dalam tanah sehingga tidak merusak lingkungan rumah kita. Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas, Anda bisa menanam tanaman rambat yang tidak membutuhkan area tanam yang luas. Selain menciptakan suasana sejuk, adanya tanaman di sekitar rumah, akan dapat memberikan suplai oksigen yang maksimal bagi keluarga Anda.

9. Pasang kaca film infinity

Keuntungan menggunakan kaca film jenis infinity ini bukan hanya menyerap sinar matahari saja, melainkan mampu menyerap sinat inframerah hingga kadar 91% dan juga mampu menolak sinar Ultaviolet hingga kadar 99%. Penolakan panas dengan menggunakan kaca film ini bisa mencapai 72% dari sinar keseluruhan yang masuk kedalam rumah. Penempatan kaca film terbaik sebagai salah satu perendam sinar matahari bisa Anda letakan pada bagian ruang tamu, ruang tengah dan juga bagian dapur.

Demikian ulasan kami tentang cara membangun rumah sejuk di daerah panas. Semoga ulasan kami di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan kesejukan dan tidak ketergantungan dengan AC, meski tinggal di wilayah tropis. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.