6 Tahapan Membangun Rumah Saat Musim Hujan dengan Aman

membangun rumah saat musim hujan - diminimalis

Rumah adalah bangunan yang dibangun untuk tujuan tempat tinggal. Oleh karenanya, membangun rumah sebisa mungkin dilakukan dengan perencanaan yang matang, termasuk menentukan waktu pengerjaan yang tepat. Namun demikian terkadang membangun rumah saat musim hujan tetap harus dilakukan atas dasar pertimbangan tertentu.

Tempat yang akan ditinggali dalam waktu yang lama tentunya harus nyaman dan aman saat digunakan. Berbagai detail harus diperhatikan dengan baik termasuk saat merencanakan bentuk bangunan dan saat membangun bangunan tersebut. Sayangnya, tidak semua rencana dapat berjalan dengan sempurna. Terkadang, berbagai kendala datang saat kita sudah mulai membangun rumah kita.

membangun rumah saat musim hujan - diminimalis
membangun rumah saat musim hujan – diminimalis

Salah satu kendala yang kerap terjadi adalah kendala cuaca. Indonesia sebagai negara tropis memang memiliki cuaca yang cenderung sulit diprediksi. Hujan kadang datang sewaktu-waktu di tengah waktu pembangunan rumah. Hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi proses pembangunan rumah.

Membangun rumah saat musim hujan bisa jadi memiliki risiko tinggi. Namun, jika kita dapat menanganinya dengan baik, risiko tersebut dapat kita hindari sepenuhnya, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi, simak ulasannya berikut.

Membangun Rumah Saat Musim Hujan, dan beberapa pertimbangan teknisnya

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat membangun rumah saat musim hujan dengan aman dan tetap menghasilkan rumah yang kuat dan baik. Hal tersebut dapat menjadi tips membangun rumah di musim hujan yang dapat Anda jadikan patokan. Adapun hal yang perlu diperhatikan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Materi bangunan dan penempatannya

Hal pertama yang harus kita perhatikan bila membangun rumah saat musim hujan adalah pemilihan material bangunan dan tempat penempatan material bangunan tersebut. Memilih material bangunan yang sesuai tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Penempatan material bangunan harus mempertimbangkan tingkat sensitivitas bahan bangunan. Ada beberapa bahan bangunan yang tidak bisa terkena air hujan, misalnya saja semen dan kapur yang akan langsung bereaksi jika terkena air.

Tempatkan material bangunan yang sensitif terhadap air di tempat yang terlindung terutama dari air hujan namun, tetap dapat dijangkau dengan mudah oleh pekerja bangunan.

2. Gunakan terpal

Pengecoran saat hujan tetap dapat dilakukan jika kita mengetahui cara yang tepat. Ya, me ngecor kondisi hujan tetap dapat dilakukan. Selama bagian yang belum mengeras tidak terkena air hujan, kualitas pengecoran akan tetap baik. Di sini lah salah satu guna terpal.

Selain untuk melindungi hasil cor, terpal juga dapat melindungi pekerja dari hujan sehingga pembangunan tetap dapat berjalan dengan lancar walaupun sedang dilanda musim hujan.

memilih tukang profesional dalam membangun rumah minimalis - diminimalis
memilih tukang profesional dalam membangun rumah minimalis – diminimalis

3. Cari pekerja profesional

Melakukan pembangunan ataupun renovasi rumah di musim hujan harus dilakukan oleh orang yang profesional. Hal ini karena pembangunan harus terus berjalan walau sedang hujan jika tidak ingin biaya membengkak. Pekerja profesional biasanya sudah terbiasa dan terlatih dalam melakukan pembangunan di berbagai kondisi cuaca.

Hal ini tentunya akan membuat jadwal pembangunan rumah dapat tercapai tepat waktu. Pembengkakan biaya pun akan dengan mudah ditekan. Namun, pekerja profesional tentunya akan mematok harga yang lebih mahal dibandingkan pekerja yang amatir. Untuk hasil rumah yang baik, membangun bangunan dengan tenaga profesional tentunya akan lebih mantap bukan?

4. Alat pengaman

Keberadaan alat pengaman sangat dibutuhkan terutama saat membangun bangunan pada musim hujan. Apalagi jika membangun bangunan dua lantai atau lebih. Hujan kerap disertai dengan sambaran kilat berbahaya terutama bagi pekerja yang berada di bangunan tinggi.

Pemberian alat penangkal petir pada bangunan akan sangat membantu. Siapkan alat keamanan lengkap seperti penggunaan sepatu boots dan helm keselamatan juga akan membuat pekerja semakin aman saat bekerja.

5. Hentikan pembangunan jika terjadi hujan ekstrem

Walaupun terus membangun bangunan saat sedang hujan dapat menekan pembengkakan biaya, namun membangun

bangunan saat hujan ekstrem tidak disarankan. Hal ini karena tingkat kerugian justru akan semakin membengkak.

Hal tersebut karena risiko pekerja dalam bahaya akan semakin tinggi, hal yang kedua adalah risiko kehilangan bahan bangunan dan kerusakan bangunan akan meningkat karena hujan yang ekstrem biasanya disertai dengan petir dan angin kencang. Hentikan pekerjaan adalah pilihan yang bijak.

6. Lihat ramalan cuaca

melihat ramalan cuaca untuk rencana membangun rumah minimalis saat musim hujan - diminimalis
melihat ramalan cuaca untuk rencana membangun rumah minimalis saat musim hujan – diminimalis

Walaupun ramalan cuaca tidak selalu benar, namun mempercayai ramalan cuaca sebagai bentuk antisipasi tidak ada salahnya. Anda bisa melihat terlebih dahulu apakah cuaca pada hari ini mendukung pembangunan rumah. Hal tersebut akan membantu merencanakan apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu saat pembangunan rumah berlangsung.

Dengan memperhatikan hal-hal tadi, diharapkan proses pembangunan rumah dapat tetap terlaksana walau dalam musim hujan. Rumah tempat tinggal kini juga dapat selesai sesuai jadwal yang ditentukan.  Hal ini karena tersedianya aneka material dan perencanaan yang matang sehingga memudahkan dalam pembangunan di kala musim hujan.

Tren desain rumah saat ini masih cenderung mengarah ke sisi minimalis. Ada banyak rumah modern yang mengusung tema minimalis. Hal ini karena bentuk rumah minimalis tetap tampak anggun dan berkelas walaupun memiliki bentuk yang sederhana.

Tidak banyak detail yang digunakan, desain minimalis memiliki konsep yang lebih mengutamakan memanfaatkan ruang semaksimal mungkin. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat ketersediaan tanah kini semakin menipis sementara banyak orang membutuhkan tempat tinggal. Memiliki rumah yang dapat memanfaatkan ruang dengan baik akan sangat membantu dalam memaksimalkan bangunan pada lahan sempit.

Membangun rumah saat musim hujan tetap dapat dilakukan jika Anda waspada. Anda dapat mengikuti tips di atas untuk melakukan pembangunan rumah yang nyaman walaupun saat musim hujan tiba. Pastikan memilih desain rumah minimalis yang tepat untuk rumah Anda agar rumah Anda tidak hanya cantik tetapi juga nyaman dihuni dan membuat keluarga betah berlama-lama. Semoga ulasan kali ini membantu. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.