Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Solusi Aman jika Anda Membangun Rumah di Lahan Miring

rumah di lahan miring - diminimalis.com

Dalam proses pembuatan sebuah rumah, ada banyak tahapan yang mesti Anda lakukan. Mulai dari proses awal perencanaan desain hingga proses finishing, keseluruhannya diusahakan tidak ada yang keliru maupun terlupa yang mengakibatkan hasilnya menjadi tidak sesuai harapan. Salah satu tahapan yang paling krusial adalah tahapan penentuan lokasi rumah. Medan tanah yang berbeda, berbeda pula cara penanganannya. Termasuk jika Anda hendak membangun rumah di lahan miring, tentunya membutuhkan rencana yang berbeda dibanding membangun di lahan yang datar.

Membangun rumah di lahan miring
membangun rumah di lahan miring memerlukan perencanaan tepat – diminimalis.com

Menjadi tantangan tersendiri memang jika Anda memutuskan untuk membuat rumah di tanah yang tidak datar. Baik dikarenakan faktor tidak adanya pilihan lain maupun faktor pertimbangan investasi, membangun rumah di lahan miring memberikan kesan tersendiri. Pemilihan desain rumah di tanah miring juga sebaiknya Anda diskusikan dengan arsitek maupun dengan orang yang sudah berpengalaman dalam dunia konstruksi. Agar diperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang Anda impikan.


Solusi aman saat membangun rumah di lahan miring

Kualitas tanah di lahan miring memang berbeda dengan tanah di lahan datar, maka perhatikan dengan seksama bagaimana kondisi tanah di lahan yang akan Anda jadikan sebagai rumah. Tanah yang padat dan liat merupakan jenis tanah yang ideal untuk dijadikan sebagai hunian. Sedangkan pada tanah miring umumnya bertekstur lembek dan tidak stabil.

Lahan miring banyak kita jumpai pada daerah pegunungan. Memang sangat menyenangkan jika kita memiliki sebuah hunian di tempat sejuk dan asri, menjadikan rasa penat dan capek bekerja seharian akan cepat hilang. Namun, lahan yang cenderung tidak setabil pada lahan miring harus Anda tangani dengan baik

Hindari lahan menurun di belakang rumah

Jika Anda memutuskan membangun rumah di area perbukitan memang tidak bisa terlepas dari lahan yang miring. Namun diusahakan pilihlah lahan yang memiliki bagian depan yang lebih rendah dibanding bagian belakangnya, dengan begitu konstruksi rumah menjadi lebih kuat. Lalu bagaimana jika lahan yang tersedia hanya menyisakan kontur tanah yang bagian depannya lebih tinggi saja?. Untuk itulah berikut diminimalis sajikan beberapa solusi untuk menyiasati kondisi tanah di lahan yang miring.

Membangun rumah di lahan miring
pondasi di lahan miring – diminimalis.com

Buat tinggi fondasi belakang dan ratakan tanah atau tinggikan bagian lahan belakang

Fondasi belakang yang tinggi dimaksudkan sebagai penahan tanah urugan untuk menyamakan tinggi dengan bagian depan. Cara ini hanya bisa dilakukan pada lahan yang memiliki selisih tinggi tidak lebih dari 2 meter, jika lebih dari itu mustahil untuk dikerjakan. Kalupun perlu buatlah urugan sampai bagian belakang lebih tinggi dari bagian depan, agar konstruksi lebih kuat.

Jaga lingkungan sekitar

Membangun rumah di lahan miring memang memerlukan beragam fariasi desain konstruksi rumah, namun terjaganya lingkungan sekitar tetap wajib Anda prioritaskan. Anda tentunya tidak mau jika pemanfaatan lahan miring sebagi lokasi rumah menjadi pemicu bencana besar, seperti tanah longsor. Bangunan yang dibuat asal-asalan tanpa memperhatikan lingkungan juga bisa mengakibatkan tanah tercemar dan mengakibatkan air tanah menjadi tidak layak untuk dikonsumsi.

Apalah artinya memiliki rumah yang indah dan megah jika lingkungan disekitarnya menjadi rusak dan tercemar. Jagalah kelestarian lingkungan jika membangun rumah di lahan miring agar hidup Anda juga semakin lestari. Jadi, selalu perhatikan lingkungan rumah saat membangun rumah di lahan miring ya..!

Demikianlah uraian singkat kali ini mengenai beberapa solusi aman yang bisa dilakukan jika Anda hendak membangun rumah di lahan miring yang notabenya sulit dilakukan. Namun dengan cara yang tepat hunian tetap bisa berdiri dengan kokoh dan juga lingkungan tetap terjaga. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am.).

Baca juga: 10 Kiat Membuat Rumah Minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.