oleh

Bagaimanakah Cara Memanfaatkan Teras Rumah untuk Jualan?

Memiliki rumah di komplek perumahan atau pemukiman yang padat penduduk, akan memberikan peluang bagi siapapun untuk membuka usaha di sana. Baik memasarkan produk atau jasa, keduanya bisa Anda pilih untuk menghasilkan pendapat tambahan di rumah. Anda tinggal memanfaatkan teras rumah untuk jualan tanpa harus menyewa kios. Asal produk Anda berkualitas dan dibutuhkan oleh banyak orang, maka Anda tak perlu ragu untuk memulai menjajakan di teras rumah minimalis Anda.

 teras rumah untuk berjualan Memanfaatkan teras rumah untuk berjualan usaha di teras rumah teras rumah jadi warung desain rumah tempat usaha model warung depan rumah memanfaatkan teras rumah untuk usaha
Memanfaatkan teras rumah untuk berjualan dapat memberikan penghasilan tambahan yang lumayan – Diminimalis.com

Bagi Anda yang ingin fokus all out menjalankan bisnis di rumah, maka ada banyak hal positif yang bisa Anda dapatkanm yairtu:

1. Karena Anda membuka usaha di rumah sendiri, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya transportasi menuju tempat usaha Anda yang jauh dari rumah.

2. Anda bisa memberikan perhatian lebih pada keluarga, karena setiap harinya Anda tak perlu bekerja keluar rumah.

3. Interaksi dengan warga sekitar pun bisa lebih intens, karena stiap hari mereka bertransaksi dengan Anda.

 teras rumah untuk berjualan Memanfaatkan teras rumah untuk berjualan usaha di teras rumah teras rumah jadi warung desain rumah tempat usaha model warung depan rumah memanfaatkan teras rumah untuk usaha
Pilihlah produk yang banyak dibutuhkan orang – Diminimalis.com

Bila Anda sudah tertarik untuk mulai membuka usaha di teras rumah Anda, sebaiknya Anda juga perlu mengkondisikan desain bangunan agar lebih layak untuk dijadikan area berjualan. Jangan sampai, saat Anda sudah mulai menjajakan produk Anda, Anda tidak menata ulang ruangan jualan Anda. Maka, uabahlah sedikit-banyak, atau hal-hal yang perlu dipoles, agar ruangan tersebut kondusif untuk dijadikan tempat berjualan. Bila memang perlu, Anda bisa mengecat ulang dinding ruangan tersebut agar terlihat lebih segar dan cantik.

Memanfaatkan Teras Rumah untuk Jualan

Ada juga beberapa pertimbangan dalam memanfaatkan teras rumah untuk berjualan yang harus Anda lakukan diantaranya seperti:

1. Pemilihan area

cara memanfaatkan teras rumah untuk jualan yang pertama adalah dengan menentukan spot terbaik teras Anda. Menentukan area yang tepat untuk berjualan merupakan hal paling dasar yang sebelum Anda melakukan berbagai tahapan berikutnya. Hal ini sama pentingnya sebagaimana Anda menentukan lokasi strategis untuk tinggal di suatu daerah. Karena lokasi memiliki pengaruh besar untuk membuat orang lain berdatangan untuk membeli produk Anda. Maka sebaiknya Anda mendesain betul lokasi yang akan Anda jadikan untuk mendisplay produk Anda.  Buat semenarik mungkin, dan permudah akses orang lain untuk menuju ke sana.

2. Desain interior

Desain interior ini juga perlu Anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan usaha apa yang Anda jalankan. Jika Anda ingin membuka usaha makan atau sebuah toko maka Anda perlu memerhatikan interior ruangan tersebut agar tercipta atmosfer yang nyaman bagi pelanggan. Namun, apabila usaha Anda seperti kelontong atau suatu agen bahan pangan Anda perlu melakukan adalah melengkapi produk Anda.

3. Renovasi ruangan

Ada baiknya Anda menata ulang berbagai furniture Anda, untuk mengefisienkan ruangan, sehingga ruangan Anda menjadi lebih lega dan dapat digunakan sebagai area berjualan.

4. Perhatikan setingan kabel dan kebersihan

Bisa jadi dengan membuat ruangan khusus untuk berjualan, Anda akan memerlukan suplai listrik tambahan di ruangan tersebut. Maka dari itu, Anmda perlu membuat pengaturan instalais listrik yang benar dan  pastikan juga daya listrik di rumah Anda cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda. Bila ternyata dayanya kurang, Anda bisa upgrade daya dengan menghubungi kantor PLN atau hubungi biro teknik listrik terdekat di rumah Anda.

Setelah urusan listrik beres, hal yang pokok dan tak boleh Anda lewatkan adalah terkait masalah kebersihan. Membersihkan ruangan tersebut setiap harinya merupakan rutinitas wajib yang harus Anda lakukan setiap hari. Karena ruangan ini, akan menjadi ruangan yang setiap harinya dikunjungi oleh para pelanggan Anda. Tentu saja, menyepelekan akan kebersihan bisa berakibat fatal ketika nantinya Anda akan memanfaatkan teras rumah untuk jualan.

Contoh Produk Jualan di Teras Rumah

Setelah Anda mempertimbangkan untuk memanfaatkan teras rumah sebagai area berjualan, ada baiknya juga Anda bisa memilih aneka produk yang cocok untuk dijual di teras rumah Anda. Apabila Anda belum memiliki produk dan butuh referensi dari kami, berikut beberapa contoh produk maupun jasa yang bisa Anda pilih:

1. Jasa Pesan Toko Kue dan Toko Kue

memanfaatkan teras rumah untuk jualan Memanfaatkan teras rumah untuk berjualan usaha di teras rumah teras rumah jadi warung desain rumah tempat usaha model warung depan rumah memanfaatkan teras rumah untuk usaha
Produk kue merupakan produk yang cocok untuk dijual di teras rumah – Diminimalis.com

Usaha kuliner seperti ini sangat berprospek untuk sebuah usaha rumahan. Terutama ketika hari besar akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Biasanya, orang yang tidak memiliki waktu untuk membuat kue sendiri lebih memilih untuk membeli kue dari tetangga atau toko terdekat dari rumahnya.

2. Membuka toko kelontong

Memiliki toko kelontong di area perumahan atau pemukiman yang padat penduduk, sudah pasti akan ramai dikunjungi pembeli. Karena toko kelontong menyediakan berbagai kebutuhan pokok rumah tangga, yang pasti dibutuhkan oleh orang-orang di sekiar rumah Anda. Meski kompetitornya juga tidak sedikit, namun segmen produk ini sangat pasti dan tak pernah surut. Anda tinggal berinovasi untuk membuatnya lebih unik dan lain dari pada toko kelontong lainnya. Anda bisa membuat inovasi berupa wifi corner untuk nongkrong, sekaligus menyajikan makanan dan minuman instan yang bisa disantap di teras rumah minimalis Anda. Meski terlihat sederhana, namun tak ada salahnya untuk mencoba ide ini.

3. Jual Busana Wanita dan Pria

Selain produk makanan, produk fashion pun tak kalah menjanjikan. Selain margin setiap item produknya lumayan, produk fashion tak akan basi sebagaimana produk makanan. Dengan begitu Anda tak akan kerepotan untuk mengkondisikan agar produk Anda selalu fresh setiap harinya. Bila Anda tertarik untuk memasarkan produk fashion, alangkah baiknya untuk terus mengikuti  tren fashion yang selalu berkembang. Hal ini akan membuat toko Anda menjadi rujukan para customer, dan meminimalisir kerugian akibat tak lakunya produk karena trennya sudah lewat.

4. Jual Kerajinan tangan

Bila Anda memiliki skill untuk membuat kerajinan tangan yang unik, maka tak ada salahnya untuk mengenalkan produk ini ke para konsumen. Dengan memproduksi sendiri produk Anda, Anda dapat menentukan seberapa margin yang didapat. Ini dikarenakan Anda paham betul kebutuhan modal, dari pembelian bahan dasar, hingga harga jualnya. Selain itu, Anda tidak akan ketergantungan dengan produsen lain, serta acuan harga yang mereka tetapkan.

Itulah beberapa contoh cara memanfaatkan teras rumah untuk jualan. Anda bisa mulai mendesain teras Anda untuk tempat berjualan, sesuai gaya yang Anda inginkan. Bila Anda belum memiliki produk untuk dijual, maka Anda bisa memasarkan beberapa produk atau jasa yang kami contohkan di atas, sempga bermanfaat.(us)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed