Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kiat Efektif untuk Memaksimalkan Oksigen di Dalam Ruangan

pohon palem bisa memaksimalkan oksigen di dalam ruangan - diminimalis.com

Untuk membangun sebuah rumah tentunya perlu dipertimbangkan banyak hal dalam mendesain rumah. Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana sirkulasi udara yang baik pada rumah tersebut. Tentunya dengan adanya pertimbangan tersebut, oksigen di dalam rumah akan optimal. Namun apa jadinya ketika rumah terasa panas, pengap dan lembab? Tentunya melakukan berbagai aktifitas di dalam rumah akan terasa sesak, tidak nyaman dan tidak betah berlama-lama di dalam ruangan. Sehingga ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mensiasati permalasalahan tersebut. Nah bagi yang akan membangun rumah, tentunya perlu menyimak beberapa ulasan tentang cara memaksimalkan oksigen di dalam ruangan berikut ini.

 Memaksimalkan oksigen di dalam ruangan, tanaman interior, tanaman dalam ruangan, tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur
pohon palem bisa memaksimalkan oksigen di dalam ruangan – diminimalis.com

Memaksimalkan Oksigen di Dalam Ruangan dengan cara-cara simpel ini

1. Ventilasi silang

Ventilasi silang juga sering disebut sebagai crossed ventilation, atau bukaan suatu ruangan yang mempunyai bukaan lebih dari satu di dalamnya, dan posisinya saling berhadapan satu sama lain. Fungsi keberadaan ventilasi silang ini adalah untuk menjaga perputaran udara di dalam ruangan terus mengalir secara teratur tanpa henti. Dengan selalu meperbarui pertukaran udara, tentunya kadar oksigen menjadi lebih maksimal. Ada beberapa bentuk ventilasi silang yang bisa dipilih mulai dari pintu, jendela ataupun lubang udara.

2. Void

void rumah, void bangunan, pengertian void, void adalah
void di samping ruang tamu – diminimalis.com

Secara pengertian void adalah lantai hampa vertikal yang menghubungkan ruang bawah dan lantai atasnya melalui tangga sebagai penghubung kedua lantai tersebut. Dengan demikian udara panas akan bergerak dari lantai dasar ke atas dan keluar melalui lubang udara atau jendela. Oksigen dirumah menjadi lebih maksimal ketika di area tengah void didesain menjadi taman dalam (innercourt), yang lengkap dengan tanaman hijau yang berperan sebagai penghasil oksigen. Tentunya selain sedap dipandang, udara didalam rumah akan terasa sejuk karena kaya akan oksigen.

3. Posisi Bangunan

Posisi bangunan tentunya akan berpengaruh pada pencahayaan rumah, dan yang terpenting adalah kualitas udara. Dimana posisi bangunan rumah yang tidak menempel dengan bangunan rumah tetangga akan memudahkan untuk pembuatan jendela atau ventilasi di berbagai sisi rumah. Sehingga sirkulasi udara dari luar ke dalam rumah akan lebih optimal. Tentunya kondisi ini membuat suplly oksigen di dalam ruangan menjadi maksimal.

4. Penggunaan Jalusi

Untuk memaksimalkan oksigen di dalam ruangan, Anda bisa menempatkan jalusi pada dinding bagian atas dibawah atas. Keberadaan jalusi tersebut bisa membantu meredam udara panas yang masuk ke dalam ruang dibawah plafon, dengan demikian udara akan terasa sejuk. Yang harus diperhatikan adalah penempatan jalusi harus tepat agar mampu memaksimalkan ventilasi udara.

5. Tentukan tinggi ruangan

Tinggi suatu bangunan ternyata sangat berpengaruh dengan jumlah oksigen yang bisa masuk ke dalam rumah. Dimana dalam membuat bangunan sebaiknya tentunya tinggi bangunan yang tepat. Minimal tinggi bangunan minimal 3 meter. Dengan demikian, sirkulasi oksigen menjadi lebih optimal.

6. Konsep Desain Rumah Terbuka

Konsep desain rumah terbuka bisa menjadi solusi dalam mengoptimalkan oksigen. Salah satu desain yang bisa Anda terapkan adalah rumah tradisional joglo yang digabungkan dengan arsitektur rumah panggung. Pasalnya bentuk desainnya banyak menggunakan pemanfaatan ruang dan udara luar akan memberikan sirkulasi udara yang terus menerus ke dalam ruangan.

7. Memanfaatkan tanaman hias

cara merawat tillandsia, cara perawatan tillandsia, manfaat tanaman tillandisa, bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandsia dapat Anda tempatkan di dapur – diminimalis.com

Disudut-sudut Di sudut-sudut tertentu, Anda bisa meletakkan pot dengan tanaman, untuk memproduksi oksigen di dalam ruangan. Meski hampir semua jenis tanaman memiliki ketergantungan akan sinar matahari, namun terdapat beberapa jenis tanaman yang cocok di jadikan tanaman hias didalam rumah, Pilihan yang tepat untuk jenis tanaman yang bisa dijadikan penyedia oksigen didalam rumah mulai dari lidah mertua, Suplir, bunga aster, palem kuning, anthurium bunga, sirih belanda, atau tillandsia (tanaman yang bisa hidup tanpa media tanam).

8. Pembuatan kolam air

Selain menambah estetika interior ruangan, kolam di tengah-tengah ruangan juga bisa menjadi pendingin ruangan. Apalagi di sekitar kolam juga diberi tanaman hijau untuk membantu dalam penyerapan panas di dalam ruangan. Secara otomatis hal ini juga akan menambah asupan oksigen di dalam rumah. Bentuk dan ukuran kolam bisa disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki.

9. Buat taman di halaman rumah

Membuat sekitar rumah menjadi lebih hijau dengan berbagai tanaman tentunya akan menjadikan pasokan oksigen yang melimpah. Baik halaman depan atau belakang, bahkan dinding vertikal sekalipun bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pembuatan taman. Tanaman yang ditanam tidak perlu tanaman besar, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias di pot. Dengan demikian akan lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam rumah ketika sirkulasi udara dibuka.

Dengan mengoptimalkan kadar oksigen di dalam ruangan tentunya rumah akan menjadi lebih sejuk dan segar. Berlama-lama di dalam rumah pun akan terasa betah. Melakukan segala aktifitas di dalam rumah terasa nyaman dan menyenangkan. Dan yang terpenting, kebutuhan tubuh akan oksigen akan terpenuhi secara optimal. Nah demikianlah ulasan mengenai cara memaksimalkan oksigen di dalam ruangan. (ck)

Leave A Reply

Your email address will not be published.