Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Apa Saja Media Tanam Vertical Garden Terbaik? Simak Ulasan ini

Rockwoll, sebagai media tanam atau tempat menyemai pada vertical garden - Diminimalis.com

Memilih media tanam vertical garden sangat penting agar tanaman dapat tumbuh dengan baik pada taman tegak yang Anda miliki. Pemilihan media tanam vertical garden yang tepat juga akan berpengaruh pada kandungan hara, air, dan udara yang dibutuhkan tanaman. Sebelum membahas media tanam dan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam pada vertikal garden, ada baiknya Diminimalis membahas manfaat apabila Anda memiliki vertikal garden di rumah.

media tanam vertical garden, cara membuat vertical garden dengan karpet, cara membuat veretical garden murah
Rockwoll, sebagai media tanam atau tempat menyemai pada vertical garden – Diminimalis.com

Keuntungan memiliki vertikal garden

Tidak memerlukan lahan yang luas


Terbatasnya lahan memang menjadi masalah klasik pada rumah di daerah perkotaan, namun hal ini bukan menjadi halangan bagi Anda untuk memiliki sebuah taman yang asri di rumah. Salah satu konsep taman yang cocok diupayakan adalah penggunaan vertical garden. Karena dapat diaplikasikan pada dinding rumah minimalis Anda, maka vertical garden dapat menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin memiliki taman meski dengan lahan terbatas.

Namun tidak semua jenis tanaman bisa diaplikasikan pada vertical garden, karena posisinya yang menempel di dinding. Maka diperlukan kecermatan untuk memilih tanaman yang akan ditanam pada taman tegak tersebut. Salah dalam memilihnya, bisa-bisa tanaman Anda tidak tumbuh baik karena tidak dapat menyesuaikan dengan area tumbuhnya.

Baik untuk kesehatan

Meski ditanam secara vertikal, namun tanaman pada vertical garden Anda tetap dapat meningkatkan kualitas udara yang masuk ke rumah Anda layaknya tanaman yang ditanam secara normal. Hasilnya, Anda sekeluarga akan mendapatkan kualitas udara terbaik setiap harinya.

Mempercantik tampilan dinding

desain taman vertikal, desain taman vertikal minimalis, cara membuat taman vertikal sederhana, taman vertikal paralon
Dinding yang namapk cantik karena adanya vertical garden – diminimalis.com

Tumbuhan yang disusun secara vertikal dapat mempercantik tampilan dinding rumah Anda. Dengan teknik ini, Anda dapat membuat variasi penanaman menggunakan berbagai jenis tanaman. Selain itu, dinding rumah yang sekiranya sudah lapuk, dapat tertutupi dengan baik karena adanya vertical garden ini.

Media Tanam Vertical Garden

Vertical garden memerlukan media tertentu agar bisa menopang tumbuhan di atasnya. Awalnya vertikal garden banyak diaplikasikan menggunakan metode hidroponik, yang menggunakan pipa PVC sebagai tempat tumbuh tanaman. Namun saat ini, vertikal garden sudah dikembangkan dengan berbagai media yang lebih praktis dan simpel untuk dipasang di dinding.

Media tanam taman vertikal garden sebaiknya terbuat dari bahan yang ringan, kuat, dan mampu menyerap air. Unsur hara yang biasa diberikan oleh tanah telah tergantikan oleh pupuk, sehingga tanaman akan tetap hidup dan tumbuh selayaknya tanaman tersebut hidup di tanah.Berikut ini beberapa media tanam yang baik digunakan untuk vertical garden, yaitu.

1. Tali ijuk

Cara penggunaanya adalah dengan dililit pada batang atau bisa menggunakan pipa paralon yang berdiameter 3 inci. jenis tanaman yang bisa digunakan pada media ini diantaranya adalah kadaka, begonia, dan berbagai jenis pakis.

2. Rockwoll

Rockwoll merupakan bahan berbentuk lembara dengan ketebalan 7 cm. Bahan ini bisa digunakan untuk media hidroponik atau pelapis dinding untuk peredam suara. Media tanam ini bersifat mudah menyerap air, sehingga akar tanaman akan cepat tumbuh subur dan kuat.

3. VGM (Vertival Garden Modul)

Bentuknya seperti keranjang plastik tempat untuk menampung media tanam. Modul ini dapat bertahan lama dalam jangka waktu 10 tahun. Media tanam ini tersedia dengan ukuran 50 cm x 55 cm, dengan ketebalan 12.5 – 25 cm.

4. Karpet dan geotextile

Penggunaan textile atau geotextile untuk vertical garden sudah banyak digunakan. Cara penggunaannya adalah dengan menggelar karpet tersebut dua rangkap pada dinding yang akan dibuat vertical garden.  Pada lapisan pertama, Anda perlu membuat lubang selebar 10 cm, dengan jarak 15-20 cm. Lubang-lubang itulah yang nantinya digunakan sebagai tempat berpijak tanaman Anda.

Jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden

Tidak semua jenis tanaman cocok untuk ditanam di taman vertikal. Dibutuhkan jenis tanaman yang ringan, berakar kuat atau mampu tumbuh merambat, agar dapat menempel pada media yang terpasang di vertical garden Anda. Diantara tanaman yang memiliki beberapa kriteria tersebut antara lain.

Kuping gajah

Kuping gajah memiliki daun lebar berbentuk hati dengan corak berwarna putih keperak-perakan. Tanaman ini tidak membutuhkan air terlalu banyak untuk bertahan hidup. Selain itu, perawatan tanaman jenis ini juga terbilang cukup mudah. Hal inilah yang membuat kuping gajah cocok dijadikan sebagai tanaman hias untuk taman vertikal.

Tanduk Rusa (Soapwort)

Bentuk dari tanaman ini tergolong unik karena menyerupai tanduk rusa jantan, oleh karenanya tanaman ini dinamakan dengan sebutan “tanduk rusa”. Tanaman hias yang cantik ini memiliki sifat tahan panas dan juga tidak menyerap kelembaban terlalu banyak, sehingga cocok menjadi tanaman pada taman vertikal. Tanaman ini sangat menyukai tempat yang teduh dan bisa tumbuh menempel pada batang kayu. Karena tanaman ini membutuhkan banyak paparan sinar matahari untuk tetap dapat hidup, tanaman ini lebih cocok digunakan pada vertical garden outdoor.

Lili paris

Lili paris memiliki daun kecil yang bergaris putih dengan semburat kekuningan. Bentuk daunnya yang kecil dan ringan, membuat tanaman ini cocok untuk ditempatkan pada vertical garden. Dari segi perawatan, tidak terlalu merepotkan dan lebih tahan terhadap sinar matahari. Akan tetapi, lili paris akan tumbuh lebih maksimal apabila ditempatkan di daerah yang ternaungi dari paparan sinar matahari.

Demikian ulasan kami tentang media tanam vertical garden beserta jenis tanaman yang cocok ditanam di atasnya. Semoga ulasan di atas dapat menambah referensi bagi Anda yang ingin membuat vertical garden di rumah minimalis Anda. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.