Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Media Tanam Untuk Vertikal Garden dan Cara Pembuatannya

Vertikal garden dapat membuat rumah minimalis Anda terlihat cantik dan menawan - diminimalis.com

Banyak orang masih penasaran terkait media tanam untuk vertikal garden, karena dirancang untuk menempel di dinding, sudah pasti medianya tidak sama dengan media tanam pada tanaman seperti biasanya. Disini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara membuat media tanam vertikal garden yang sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.Sebagaimana penanaman tumbuhan denngan sistem hidroponik, penanaman dengan terapan vertikal garden memungkinkan kita untuk bisa memiliki ruang hijau meski terkendala lahan.

Media Tanam Untuk Vertikal Garden, cara membuat taman vertikal murah , cara membuat vertikal garden sederhana
Vertikal garden dapat membuat rumah minimalis Anda terlihat cantik dan menawan – diminimalis.com

Tanaman yang ditanam dengan sistem hidropnik bisa tumbuh dengan subur dan tak jarang bisa menghasilkan aneka buah dan sayuran tersebut hanya mengandalkan pupuk dan sinar matahari serta siraman air pada media tanam pengganti tanah seperti arang, sekam dan lain sebagainya. Menanam dengan sistem hidroponik merupakan sistem terbaru dalam dunia pertamanan sebagai solusi kurangnya lahan untuk penanaman. Seiring dengan maraknya orang sudah mencoba konsep hidroponik, membuat orang ingin mengembangkan teknik evisiensi lingkingan dengan penanaman tumbuhan dengan cara vertikal.Media tanam untuk vertikal garden juga tidak jauh berbeda dengan penanaman dengan sistem hidropnik, yakni tidak menggunakan tanah. 

Media Tanam Untuk Vertikal Garden

Penanaman kebun berbentuk vertikal ini banyak digunakan pada sisi gedung yang berada di perkotaan yang sulit ditemukan lahan untuk penanaman tumbuhan. Di perkotaan yang sudah minim pohon bisa meningkatkan penghijauan menggunakan penanaman model vertikal garden. Media tanam untuk vertikal garden bisa berupa geotextile atau media tanam yang ada pada penanaman sistem hidroponik.

desain taman vertikal, desain taman vertikal minimalis, cara membuat taman vertikal sederhana, taman vertikal paralon
taman vertikal dengan media terbatas – diminimalis.com

Vertikal garden memiliki beberapa keunggulah diantaranya ialah tidak membutuhkan lahan tanah yang luas, segala jenis tumbuhan bisa ditanam dengan sistem ini dan menambah penghijauan di sekitar lingkungan. Jika anda berminat untuk membuat vertikal garden, anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini:

-Membuat frame yang terbuat dari baja ringan dengan ukuran setengah hingga satu meter. Kemudian rekatkan pada dinding menggunakan baut atau perekat lainya. Pastikan dinding dan frame baja tersebut memiliki celah lebih dari tujuh cm. Hal ini bertujuan untuk menghindari dinding berlumut.

– Setelah frame sudah siap, letakkan media tanam berupa geotextile atau velt sabut kelapa sebanyak dua lapis. Buatlah lubang-lubang untuk penanaman. Berikan jarak antara lubang satu dengan lubang yang lainnya. Lengkapi lubang tersebut dengan jahitan untuk menjaga tanaman agar tidak jatuh.

– Setelah lubang jadi, anda bisa menanam tanaman yang telah anda pilih ke dalamlubang yang telah dibuat. Cara penanamannya bisa memakai rockwool atau ditanam secara langsung dengan syarat tumbuhan yang hendak ditanam tersebut telah memiliki akar.

-Jarak antara satu lubang dengan yang lain tersebut pada awalnya belum tertutupi semua oleh tumbuhan. Selang beberapa saat nanti apabila tumbuhan tersebut tumbuh dengan subur maka lambat laun semua media tanam akan tertutup dan nampak hijau asri.

– Pengairan pada vertikal garden ini bisa dilakukan secara manual atau lebih efektifnya menggunakan drip irigasi dengan tetap memperhatikan jumlah air yang dikeluarkan. Sebaiknya penataan tanaman dirancang dengan di satu area dinding eksterior supaya tanaman tersebut mendapatkan asupan air yang sama.

– Pemupukan juga perlu dijadwalkan agar tumbuhan bisa tumbuh dengan subur.Jika diamati, media tanam untuk vertikal garden ini tidak begitu berbeda dengan media tanam yang diguanakan untuk tanaman polybag. Tanaman yang ditanam dengan sistem polybag juga bisa ditanam dengan model vertikal garden asalkan penanaman yang dilakukan sesuai dengan tata cara yang dianjurkan. Maka dari itu, Anda tak perlu ragu untuk memulai membuatnya karena prosespengerjaan tidak begitu sulit, selamat mencoba.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.