Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Material Galvalum, Jenis Baja Ringan yang Memiliki Banyak Kelebihan

Material Galvalum sangat bisa diandalkan sebagai rangka atap yang kuat - diminimalis.com

Ketahanan dan kekuatan bahan material Galvalum tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahan material untuk rangka  atap ini merupakan salah satu bahan material unggulan dibanding material baja ringan lainnya. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh bahan material Galvalum yang membuat bahan material tersebut cocok digunakan sebagai bahan dasar rangka atap rumah minimalis Anda.

material galvalum, material atap galvalum, material galvalum adalah, perbedaan galvanis dan galvalum
Material Galvalum sangat bisa diandalkan sebagai rangka atap yang kuat – diminimalis.com

Material Galvalum dan beragam keunggulannya

Bahan material Galvalum sendiri telah lama dikenal semenjak tahun 2000 lalu. Galvalum sering kali disebut sebagai baja ringan dan terbuat dari Zincalume sebesar 55 %, silicon sebesar 1,5 %, alumunium sebesar 43,5 % dan zink sebesar 1,5 %. Bahan material Galvalum juga cocok digunakan sebagai bahan pelapis dan penutup permukaan pada kubah masjid.  Banyak kelebihan yang dimiliki oleh Bahan material Galvalum, diantaranya:


• Memiliki daya rekat yang fleksibel

Material Galvalum memiliki daya rekat yang fleksibel sehingga bahan ini sesuai dengan segala macam cat dasar yang akan digunakan pada kubah nantinya. Karena daya rekat yang fleksibel itu pula yang membuat cat tidak mudah terkelupas akibat sinar matahari yang kuat.

• Tahan terhadap panas

Daya tahan Galvalum terhadap panas sangatlah tinggi. Bahan material Galvalum dapat bertahan dari suhu panas hingga 300º C.

• Dapat menetralkan cuaca yang panas

Atap desan kubah yang dibuat dengan menggunakan bahan material Galvalum memiliki kemampuan untuk menetralkan cuaca yang panas. Hal tersebut disebabkan oleh daya tahan terhadap suhu panas tinggi yang dimiliki oleh bahan material Galvalum. Atap kubah yang dibuat dari bahan Galvalum bahkan memiliki ketahanan terhadap panas dan hujan. Meskipun diterpa panas dan air hujan berulang kali, atap kubah yang dibuat dari bahan material Galvalum tidak akan mudah rusak.

Apa perbedaan dari Galvanis , Galvalume dan Zincalume?

Untuk penjelasan lebih detail, kami mengutip dari ulasan atapbajaringanonline.com :

Baja Galvanis

Kami mulai dari istilah Galvanisasi dari beberapa referensi yang didapatkan menyebutkan bahwa Galvanisasi adalah  proses aplikasi pelapisan seng pelindung pada baja. Untuk galvanis finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah unsur alumunium).Lapisan tersebut ditujukan untuk mencegah korosi galvanik berkarat dan. Istilah tersebut diambil dari nama seorang ilmuwan berkebangsaan Italia Luigi Galvani.

Galvanisasi dengan produk akhirnya yang sering disebut sebagai Galvanis, melibatkan proses elektrodeposisi dan elektrokimia, metode yang paling lazim digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, dimana bagian-bagian baja direndam dalam bak seng cair.Meskipun telah dilakukan proses pelapisan zinc pada baja (galvanis) tersebut, pada tempo 1 tahun biasanya akan tetap timbul karat.

Baja Ringan ZINCALUME dan GALVALUME

Sementara kemudian apa yang Bedanya Galvanis, dengan Zincalume dan Galvalume? Galvalum merujuk pada material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc, terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.Material Baja Ringan Galvalume inilah yang popular dengan sebutan ZINCALUME, salah satu merek dagang Bluescope Steel Ltd, Perusahaan pioneer produsen baja ringan.

material galvalum, material atap galvalum, material galvalum adalah, perbedaan galvanis dan galvalum
Material Galvalum dengan SNI yang sudah layak dipasarkan di Indonesia – diminimalis.com

Dengan lapisan Zinc dan Aluminium. sifat Aluminium yang tahan karat dikombinasikan dengan Zinc yang keras menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut lebih tahan karat, kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan Galvanis. Bahkan beberapa referensi menyatakan bahwa Baja Ringan ZINCALUME memiliki ketahanan karat/korosi mencapai 4 kali lipat dibanding baja berlapis Galvanis.Demikian ulasan kami tentang kelebihan material bahan Galvalume untuk konstruksi atap rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.