Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Masalah Pintu Kayu Yang Sering Datang Dan Cara Mudah Mengatasinya

Masalah pintu kayu yang sering muncul - diminimalis.com

Rumah yang nyaman haruslah terbebas dari masalah pintu kayu ataupun pintu yang terbuat dari bahan lain agar tetap berfungsi baik. Pintu yang tidak berfungsi baik tentu akan menjadikan hidup Anda tidak tenang. Anda tidak akan merasa nyaman ketika meninggalkan rumah dikarenakan pintu yang tidak berfungsi dengan baik akan mudah dibuka oleh siapapun yang berniat jahat.

Masalah pintu kayu
Masalah pintu kayu yang sering muncul – diminimalis.com

Setiap material yang Anda pilih untuk menyusun struktur rumah pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Apapun pilihan Anda tentunya akan menimbulkan konsekwensi logis yang harus Anda lakukan. Jika Anda menghendaki rumah yang serba sempurna pastilah tidak sedikit dana yang harus Anda keluarkan bukan?

Mengatasi masalah pintu kayu yang sering muncul

Bahan pintu dari kayu memang banyak menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki bahan lain semisal logam dan kaca.kesan alami dan hangat yang dimiliki kayu menjadikannya banyak dilirik orang. Dibalik itu semua kayu juga memiliki masalah yang sering muncul jika digunakan sebagai pintu. Apa sajakah masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, berikut ulasannya.

Memuai dan susut

Pintu kayu yang memuai dan susut biasanya akan menjadikan pintu susah untuk dibuka tutup. Hal ini dikarenakan ukuran dan posisi daun pintu yang berubah dari ukuran semula. Berubahnya ukuran pintu disebabkan paling banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca. Kayu yang tidak kering sempurna tentu akan menyusut jika terkena panas dan memuai kembali dengan bentuk yang tak beraturan jika terkena udara lembab atau hujan.

Anda bisa mengatasi masalah pintu kayu yang memuai dan menyusut ini dengan jalan melapisi bagian atas dan bawah pintu dengan cat berbahan minyak. Pengecatan ini bertujuan untuk mengurangi masuknya udara lembab yang bisa membuat berubah struktur kayu. Cara mengatasi pintu memuai ini tidak berguna pada kasus yang sangat parah. Satu-satunya solusi pintu memuaiagar bisa diatasi adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Melamik terkelupas

Melamik merupakan cat finishing yang diaplikasikan pada kayu agar tekstur alami kayu tetap terlihat. Melamik akan cepat rusak dan terkelupas jika terlalu sering terkena sinar matahari ataupun air hujan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda hanya perlu melakukan finishing ulang dan membuat teritisan yang bisa melindungi pintu kayu dari panas dan air hujan secara langsung.

Lapuk dan berjamur

Masalah pintu kayu
jamur pada pintu kayu – diminimalis.com

Meski masalah pintu kayu yang satu ini tidak dianggap penting namun adanya bisa menjadikan rumah tidak nyaman untuk dilihat. Jika pintu kayu baru ditumbuhi jamur saja Anda cukup membersihkannya dengan cara dikerok dan lakukan pengecatan ulang untuk menutupi bekasnya. Namun jika kayu sudah lapuk tentunya akan berbahaya jika Anda biarkan begitu saja. Penggantian pintu dengan yang baru tentunya harus Anda lakukan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa masalah pintu kayu yang sering muncul dan bagaimana cara mudah untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: pintu kayu

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.