Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Window Shutter pada Desain Rumah Minimalis Modern

Adanya window shutter, membuat rumah minimalis Anda lebih sejuk - Diminimalis.com

Window shutter adalah jendela yang stabil dan solid. Biasanya berbentuk rel horizontal (atas, bawah, tengah) dan frame vertikal yang dibingkai dalam kisi-kisi. Manfaat window shutter sangat banyak, salah satunya untuk mengontrol sinar matahari, memberikan privasi, memberikan perlindungan dari cuaca atau gangguan lain, dan membuat bangunan nampak lebih menawan.

Tahukah Anda?
Jendela merupakan salah satu elemen interior yang cukup penting, tapi biasanya kita jarang memprioritaskan desainnya. Namun, semenjak window shutter hadir menjadi pelengkap aksesoris. kini desain pintu atau jendela menjadi lebih menawan dan bisa dijadikan ciri khas suatu ruangan.

manfaat Window shutter adalah shutters how do window shutters work exterior window shutter what are shutters used for types of window shutters history of window shutters roller shutter door details exterior window shutter styles
Adanya window shutter, membuat rumah minimalis Anda lebih sejuk – Diminimalis.com

Di Indonesia, sebenarnya window shutter sudah lama digunakan. Biasanya sering ditemui pada rumah kuno bekas peninggalan BelAnda. Namun, saat ini penggunaan window shutter mulai berkurang, karena banyak variasi jendela dan pintu yang lebih modern mulai bermunculan.
Hal ini sebenarnya patut untuk disayangkan. Kerena ada beberapa fungsi dari window shutter yang tidak dimiliki oleh jenis jendela lainnya. Nah, mau tahu apa saja fungsi tersebut?

1. Desain Window Shutter bisa Memberi Kesan Mewah

Window shutter adalah furniture jendela yang stabil, solid, dan costum made dalam memenuhi tiap desain jendela. Maksud dari costum made terkait furniture ini ialah, menempatkan window shutter menjadi produk high-end dibanding dengan jenis jendela lainnya seperti vertikal blinds, horizontal blinds, roman shades, curtains, dan roll-up blinds. Dalam pemasangannya, window shutter bisa menggunakan berbagai macam gaya sesuai keinginan penggunanya. Misalnya seperti model geser, berengsel, ataupun dilipat.

2. Window Shutter Juga Aman Bagi Anak

Window shutter adalah jendela yang tidak memakai tali dalam penggunannya. Hal ini tentu bisa mencegah terjadinya kecelakaan yang berpotensi membahayakan anak-anak Anda. Mungkin Anda pernah mendengar kasus, saat sebuah tali jendela jenis vertical blinds, horizontal blinds, roll-up blinds, atau roman shades menjadi penyebab tercekiknya anak-anak saat bermain di dekat jendela? Nah, hal tersebut tak akan terjadi bila Anda menggunakan model jendela windows shutter.

3. Udara yang Dihasilkan Window Shutter Lebih Bersih

Window shutter adalah shutters how do window shutters work exterior window shutter what are shutters used for types of window shutters history of window shutters roller shutter door details exterior window shutter styles
Udara yang dihasilkan window shutter lebih bersih saat masuk ke dalam rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Fungsi utama jendela yang ideal memang harus bisa memberikan akses udara segar dari luar ruangan. Namun beberapa jenis jendela seperti horizontal blinds, memiliki celah kisi-kisi yang cukup kecil. Sehingga bisa membuat debu terjebak hingga menjadi lembab dan tumbuh jamur.

Perlu diketahui, menurut beberapa penelitian, alergi debu bisa menjadi pemicu terjadinya asma, sesak napas, dan gangguan pernapasan lainnya. Selain itu, alergi debu juga bisa mengganggu pertumbuhan anak.
Oleh karena itu, window shutter bisa menghasilkan udara yang lebih segar daripada jenis jendela lainnya. Karena window shutter adalah jendela yang memiliki celah kisi-kisi yang cukup besar dan mudah dibersihkan.

4. Perawatan Window Shutter Lebih Mudah Dilakukan

Menurut survei dari produk konsumen di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa jendela yang menggunakan tirai kain termasuk produk yang tidak ramah dalam hal pemeliharaan. Hal ini dikrenakan cara membersihkan tirai kain, hanya bisa dilakukan dengan mencucinya menggunakan deterjen.

Sedangkan jenis jendela lain seperti horizontal blinds, juga susah dan memakan waktu banyak untuk membersihkannya. Hal ini dikarenakan sempitnya jarak antar celah pada kisi-kisi penutupnya.
Namun, Anda tidak akan menemui semua kesulitan tersebut jika menggunakan window shutter. Karena jarak antar celah dan kisi-kisinya cukup lebar. Sehingga akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Manfaat Window Shutter dan jenis-jenisnya

Setelah mengetahui manfaat window shutter, kini Anda juga harus mengetahui jenis-jenis window shutter. Agar nantinya Anda bisa memilih window shutter yang cocok dengan kebutuhan Anda. Nah, berikut penjelasan jenis window shutter menurut bahan pembuatannya.

1. Window Shutter Papan (Batten dan Board Shutter)

Window shutter jenis ini, memiliki dua papan kayu yang dipasang pada bagian luar jendela. Pemasangan window shutter papan akan memberikan kesan gaya country pada rumah Anda. Biasanya window shutter papan memiliki bentuk seperti huruf Z. Bentuk ini dibuat dengan cara menggabungkkan beberapa balok kayu. Selain bentuknya yang unik, window shutter papan juga menyediakan banyak pilihan warna.

2. Shutter Panel (Paneled Shutter)

Window shutter adalah shutters how do window shutters work exterior window shutter what are shutters used for types of window shutters history of window shutters roller shutter door details exterior window shutter styles
window shutter juga baik diaplikasikan pada kamar mandi sehat Anda – Diminimalis.com

Bagi daerah yang memiliki empat musim iklim, window shutter panel merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda gunakan. Karena window shutter jenis ini bisa menutupi jendela dengan sempurna.
Selain itu, window shutter panel juga sangat cocok untuk rumah di pegunungan yang suhunya dingin. Perlu Anda ingat, bahwa jenis shutter yang satu ini tidak cocok untuk ruangan yang membutuhkan sinar matahari.
Karena strukturnya yang sangat solid dan tidak memiliki celah sama sekali. Hal ini tentu akan menghalangi cahaya sinar matahari untuk masuk. Anda bisa menemui window shutter panel ini pada rumah atau bangunan kuno bekas bangunan kolonial.

3. Shutter Kisi-Kisi (Louvered Shutter)

Window shutter kisi-kisi ini biasanya ada sepasang dan terbuat dari kayu yang diberi kisi-kisi. Manfaat dari kisi-kisi ini yaitu untuk mengalirkan udara dan sinar matahari ke dalam rumah. Sehingga rumah akan lebih terasa sejuk, karena sirkulasi udara lebih teratur.

Pada umumnya, window shutter kisi-kisi terbuat dari kayu. Lalu difurnish sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Anda bisa menemui window shutter jenis ini di rumah atau bangunan bekas peninggalan kolonial. Selain itu, Anda juga bisa menemuinya di rumah modern bergaya klasik.

Nah, itulah diatas ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat window shutter untuk rumah minimalis modern. Jadi, bisa dibilang window shutter adalah pilihan yang paling tepat untuk diaplikasikan pada rumah atau bangunan Anda.(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.