Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Ventilasi untuk Memperlancar Sirkulasi Udara pada Rumah Minimalis

ventilasi udara pada rumah minimalis - diminimalis.com

Manfaat ventilasi pada rumah minimalis sangatlah penting, karena lewat sana lah udara dapat keluar masuk, sehingga udara menjadi segar. Cahaya matahari yang masuk juga dapat menjaga suhu rumah Anda agar tidak lembab, sehingga dapat mengurangi adanya jamur di dinding interior rumah minimalis Anda.

Sama halnya dengan kamar mandi yang juga butuh akan adanya ventilasi. Melalui ventilasi, udara akan dialirkan keluar-masuk, sehingga kamar mandi selalu memperoleh udara segar. Sebaliknya, ketiadaan ventilasi di kamar mandi membuat siapapun enggan memasukinya. Pasalnya kamar mandi tanpa ventilasi bisa menimbulkan panas dan bau tak sedap.

Manfaat Ventilasi, Manfaat Ventilasi udara , pengertian ventilasi udara
ventilasi udara pada rumah minimalis – diminimalis.com

Manfaat ventilasi pada rumah minimalis kita

Pada kebanyakan rumah di iklim tropis, AC umumnya memang dijadikan solusi bagi siapa saja yang ingin menyejukkan ruangan dengan simple dan praktis. Namun tentu tidak semudah itu untuk memasang AC, bukan? Selain biayanya yang tidak murah, perawatan berkala juga harus dilakukan. Untuk mewujudkan rumah sejuk tanpa AC, yang harus dilakukan adalah cermat dalam memilih atap dan plafon. Anda perlu menggunakan ventilasi udara untuk menyejukkan ruangan rumah minimais Anda.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesejukan di dalam ruangan tanpa AC, Anda dapat merancang ventilasi silang yang lubang udaranya diletakkan berseberangan namun tidak berhadapan. Fungsinya agar udara dapat mengalir dengan baik mengikuti tekanan udara. Cara selanjutnya untuk menyejukkan ruangan adalah dengan menggunakan warna-warna cerah pada bagian eksterior. Sifat dari warna cerah sendiri adalah memantulkan cahaya sehingga ruangan di dalam pun tidak akan menyerap panas.

Untuk mendapatkan udara yang segar melalui ventilasi Anda, sebaiknya Anda memperbanyak memperbanyak tanaman di hadapan ventilasi rumah Anda. Letakkan beberapa tanaman dalam pot di dalam rumah atau Anda bisa menggunakan tanaman rambat sekaligus menambah estetika rumah Anda. Gunakan pula material alam pada dinding rumah agar rumah menjadi sejuk.. Cara ini bisa sangat membantu mengalirkan udara ke dalam rumah, sehingga ruangan tidak pengap dan panas.

Rumah sejuk tanpa AC, tips Rumah sejuk tanpa AC, cara mendinginkan ruangan tanpa ac dan kipas angin
sirkulasi udara yang lancar dengan desain ventilasi yang opstimal – diminimalis.com

Sebuah ventilasi tidak harus besar dan terbuka bentuknya. Ukuran dan bentuknya dapat disesuaikan agar privasi Anda tetap terjaga. Memang ada sebagian orang yang menanggap adanya jendela atau ventilasi dikamar mandi membuat privasi menjadi berkurang. Tapi, sebuah ventilasi tidak harus besar dan terbuka bentuknya. Ukuran dan bentuknya dapat disesuaikan agar privasi Anda tetap terjaga.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang manfaat ventilasi udara pada rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kipas ventilasi rumah di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Kipas ventilasi rumah alternatif tepat mendinginkan rumah minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.