Manfaat Tidur Siang Hari Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Ada banyak manfaat tidur siang hari bagi kesehatan tubuh - Diminimalis.com

Ada banyak manfaat tidur siang hari bagi tubuh. Secara ilmiah, banyak pakar kesehatan pun telah membenarkan hal ini. Tidur siang dibutuhkan oleh tubuh untuk recharge lagi seluruh sistem dan organ tubuh agar dapat kembali bekerja dengan optimal.

Karena manfaat tidur siang hari sudah diakui secara medis, di Jerman dan jepang hal ini sudah menjadi hal yang sangat biasa. Di sana baik untuk para siswa atau para pekerja, diberikan waktu sejenak untuk tidur di siang hari. Ini penting untuk memaksimalkan kembali energi dan pikiran di dalam tubuh.

Manfaat tidur siang, manfaat tidur siang untuk kecantikan, manfaat tidur siang bagi remaja, manfaat tidur siang bagi anak, manfaat tidur siang menurut islam, manfaat tidur siang untuk diet, manfaat tidur siang untuk tinggi badan, manfaat tidur siang untuk wajah, 5 manfaat tidur siang
Ada banyak manfaat tidur siang hari bagi kesehatan tubuh – Diminimalis.com

Manfaat Tidur Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh

Bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat tidur siang hari untuk kesehatan, berikut penjelasan lengkapnya:

• Relaksasi

Ketika mendengar relaksasi, banyak orang yang hanya berpikir yoga, spa, bertapa, atau mengunjungi tempat wisata alam. Padahal, terdapat juga salah satu relaksasi yang sangat mudah dilakukan yaitu tidur siang. Ya, relaksasi perlu sekali dilakukan untuk terus membuat Anda tetap sehat baik dari jasmani maupun rohani.

• Mengurangi rasa lelah

manfaat tidur siang, manfaat tidur siang untuk kecantikan, manfaat tidur siang untuk diet
Tidur siang dapat mengurangi lelah dalam tubuh- Diminimalis.com

Menurut penelitian, tidur siang merupakan terapi terbaik untuk mengurangi rasa lelah saat beraktivitas setiap hari. Tidur siang menjadi solusi terbaik melebihi menambah durasi tidur malam hari. Walaupun terlihat sepele, menyempatkan tidur siang sangat ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar setiap harinya.

• Meningkatkan konsentrasi

Otak akan menjadi lebih segar jika Anda menyempatkan diri untuk tidur siang. Jika otak mendapatkan jeda sejenak dengan tidur siang, maka konsentrasi dan kewaspadaan akan meningkat. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama untuk orang dewasa yang bekerja dengan jenis pekerjaan yang menuntut konsentrasi tingkat tinggi.

• Mood lebih terjaga

Manfaat tidur siang hari, tips tidur cantik, cara tidur cantik, tips agar bangun tidur tetap cantik
Tidur siang membuat mood lebih terjaga – diminimalis.com

Tidur siang terbukti ampuh untuk membuat suasana hati atau mood mencari lebih terjaga. Bahkan, suasana hati yang sedang berantakan dan tidak menentu bisa diobati dengan hanya menyempatkan tidur siang.

• Meningkatkan daya ingat dan kinerja

Tidur siang telah terbukti mampu berperan dalam hal membuat otak menjadi lebih memiliki daya ingat yang tinggi. Bagi para pekerja, kinerjanya pun terbukti lebih signifikan lebih baik dibandingkan pekerja yang tidak tidur siang.

Berbagai ragam manfaat tidur siang yang telah dijelaskan tadi bisa didapatkan jika pelaksaan tidur siang dilakukan dengan benar. Tidur siang untuk orang dewasa yang sangat baik hanya sekitar 30 menit saja. Jika terlalu berlebihan, justru tidak akan terasa manfaatnya dan bahkan akan ada dampak yang membuat kita menjadi jenuh untuk bekerja, tubuh menjadi lemas, dan kinerja menurun.

Pelaksaan tidur siang juga harus melihat situasi dan kondisi. Jika benar-benar menunggu tubuh mengantuk di siang hari, maka hal ini bisa menjadi kebiasaan yang membahayakan. Misalnya ketika dalam perjalanan, tubuh yang dipaksakan hingga benar-benar mengantuk bisa menyebabkan Anda tertidur secara tidak sengaja saat mengendarai kendaraan. Perlu sekali perencaan tidur siang yang nantinya akan menjadi kebiasaan.

Agar bisa memiliki kebiasaan tidur siang yang baik, maka perlu juga memperhatikan asupan kafein, karena kafein mampu membuat tubuh menjadi terjaga. Tentu saja, jika ingin memiliki agenda tidur siang, maka jauhi kafein terutama menjelang makan siang.

Kondisi yang Tidak Dianjurkan Tidur Siang

Walaupun memiliki manfaat yang banyak, namun beberapa orang tidak dianjurkan untuk tidur siang. Beberapa kondisi orang yang tidak dianjurkan tidur siang adalah sebagai berikut:

• Inersia tidur

Kondisi ini merupakan kondisi di mana sesorang akan merasakan rasa pusing setelah terbangun dari tidur siang dan bahkan mengalami kebingungan. Beberapa orang memang benar-benar tidak bisa merasakan nikmat dan manfaat dari tidur siang lantaran ketika terbangun justru akan tersiksa.

Namun, beberapa orang mengalami hal ini hanya ketika tertidur terlalu lama. Jika Anda salah satunya, maka ikuti anjuran tidur siang yang baik yaitu hanya sekitar 20-30 menit saja agar tidak merasakan pening dan kebingungan ketika terbangung.

• Mengalami gangguan tidur

Tidur siang seringkali akan memperparah kondisi orang yang mengalami gangguan tidur. Jika Anda sedang kesusahan untuk mengatur tidur malam Anda maka sebaiknya jangan membuat diri Anda tertidur di siang hari. Membuat tubuh menjadi benar-benar lelah akan membantu tubuh secara alami terlelap dengan mudah di malam hari. Bagi Anda yang sering mengalami gangguan tidur, ada baiknya Anda mempelajari cara mengatasi susah tidur tanpa perlu ketergantungan dengan obat.

• Memiliki deadline kerja

Jika Anda sedang diburu oleh target dan deadline pekerjaan, maka hindari tidur siang terlebih dahulu. Hal ini ditakutkan justru akan memperburuk keadaan jika nantinya diri Anda susah untuk bangun hanya dalam durasi setengah jam. Jika terjadi seperti itu, maka Anda akan semakin stres saat terbangun dan kehabisan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, tidur siang dengan pikiran yang tidak tenang juga akan membuat tidur siang Anda menjadi tidak berkualitas. Contohnya yang paling sering terjadi adalah terbangun setiap 5 menit. Hal ini justru akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak merasakan manfaat dari tidur siang.

Demikain tadi ulasan kami tentang manfaat tidur siang hari bagi kesehatan tubuh. Tak ada salahnya bila kondisi memungkinkan, Anda menyempatkan diri tidur siang di sela-sela waktu istiraha Anda, karena ini akan mengoptimalkan kembali kinerja otak dan otot tubuh, selamat mencoba!(an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.