Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Tanaman Bonsai di Rumah Minimalis yang Perlu Anda Ketahui

Keberadaan bonsai bisa memberi efek ketenangan dalam jiwa - diminimalis.com

Manfaat tanaman bonsai di rumah minimalis sangatlah banyak, karena luas rumah yang tidak begitu besar, tanaman mini menjadi penting untuk bisa dimiliki pemilik rumah minimalis. Sebagaimana yang kita pahami di era sekarang ini, udara sudah mengandung banyak polusi. Maka kehadiran tanaman di tiap rumah sangatlah penting.

manfaat tanaman bonsai untuk kesehatan, khasiat tanaman bonsai
Keberadaan bonsai bisa memberi efek ketenangan dalam jiwa – diminimalis.com

Namun tak semua orang rumah memiliki lahan yang luas untuk ditanami tanaman, sebagaiman rumah minimalis. Manfaat tanaman bonsai sangat banyak, terlebih bagi Anda pemilik rumah minimalis, alangkah baiknya untuk memiliki beberapa tanaman bonsai untuk di letakkan di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga Anda.


Manfaat tanaman bonsai di rumah minimalis untuk kesehatan jiwa dan raga Anda

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Bonsai merupakan seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon. Semua proses ini merupakan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon. Aktifitas tersebut dinamakan “penzai”, dan dalam pelafalan kita lebih mudah mengucapkan “bonsai”.

manfaat tanaman bonsai untuk kesehatan, khasiat tanaman bonsai
Bonsai dengan tanaman buah – diminimalis.com

Seni bonsai adalah seni merancang dan membutuhkan proses yang tidak sebentar, namun disinilah letak asyiknya membonsai. Merawat bonsai tidak hanya dilakukan sebatas untuk menyalurkan hobi, namun juga untuk mendapat manfaat kesehatan jiwa dan raga. Secara biologis, meski berbentuk kecil, bonsai tetap memiliki manfaat yang besar untuk bisa menekan radikal bebas dan polusi di sekitar rumah Anda.

Manfaat tanaman bonsai juga bisa dirasakan dari sisi kejiwaaan, Anda akan benar-benar bisa merasakaan sensasi rileks dan damai, ketika sudah intens merawat dan merancang bonsai dengan teliti dan hati-hati. Tiap detail pertumbuhan bosai dengan pola yang indah, akan mampu memberi efek kebahagiaan yang tak ternilai.

Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Karena bonsai merupakan pohon hidup, maka kita harus selalu memotong akar dan rantingnya. Anda bisa membentuk arah pertumbuhan dengan kawat yang diikat pada ranting dari berbagai sisi potnya. Selanjutnya, kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut.

Dengan memiliki hoby merancang bonsai, akan dapat membantu melatih sifat, perilaku dan jiwa Anda untuk menjadi pribadi yang penyabar. Hal ini dikarenakan merawat tanaman bonsai membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa mencapai bertahun-tahun. Inilah fungsi dan manfaat tanaman bonsai yang tidak Anda temukan dalam tanaman lain.

Demikian ulasan kami tentang manfaat tanaman bonsai, Anda juga bisa membaca artikel lain kami di bawah ini, terkait tanaman mungil yang bisa Anda tanam dirumah(ls)

Tabulampot taman minimalis membuat teras Anda nampak bergairah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.