Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pernah Mempelajari Manfaat susu kedelai untuk kesehatan? Ini Detailnya

Susu kedelai memliki banyak manfaat untuk kesehatan - Diminimalis.com

Ada banyak manfaat susu kedelai bagi kesehatan bila Anda rutin mengkonsumsinya setiap hari. Selain rasanya enak, cara membuatnya pun mudah. Namun bila Anda tidak sempat membuatnya, saat ini semakin banyak yang memasarkan susu kedelai dengan harga yang terjangkau.

Susu kedelai sebenarnya adalah sari pati kedelai,  tapi karena warnanya yang putih kekuningan jadi sari pati kedelai ini sering disebut dengan susu kedelai.  Sama seperti susu sapi pada umumnya, susu kedelai juga sering dijadikan hidangan untuk sarapan pagi. Susu kedelai ini tentu cocok bagi Anda yang tidak menyukai susu sapi, atau Anda yang sedang menjalankan program vegetarian.


manfaat susu kedelai, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil aturan minum susu kedelai manfaat susu kedelai untuk diet manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui
Susu kedelai memliki banyak manfaat untuk kesehatan – Diminimalis.com

Sejarah susu kedelai

Susu kedelai telah ada pertama kali di Tiongkok sejak tahun 1900 Masehi. Kala itu Raja Huainan, Liu An dari dinasti Han mengolah kacang kedelai yang sebelumnya telah direndam selama beberapa waktu dan kemudian menggilingnya. Bahan kedelai tersebut lalu ia olah menjadi sebuah minuman yang disajikan kepada ibunya yang kala itu sedang sakit. Oleh masyarakat Tiongkok, susu kedelai dikenal dengan sebuatan Hanzi.

Kandungan susu kedelai

Minuman ini disebut sebagai susu karena warnanya yang putih kekuningan menyerupai susu. Setelah melalui uji klinis, susu kedelai atau juga sering disebut susu soya memiliki komposisi yang mirip dengan susu sapi, yaitu 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat, sehingga ‘ramah’ pada lambung dan dapat dengan mudah dicerna.

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Di bawah ini ada beberapa manfaat susu kedelai yang baik bagi tubuh, diantaranya yaitu.

Mengurangi kadar lemak jahat

Berbeda dengan susu sapi yang tinggi dengan lemak jenuh dan kolesterol, susu kedelai justru mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh akan dapat mengurangi kadar LDL (lemak jahat) dan akan menaikan HDL (lemak baik) dalam darah secara signifikan.

Sebagai antioksidan

manfaat susu kedelai, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil aturan minum susu kedelai manfaat susu kedelai untuk diet manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui
Susu kedelai bermanfaat sebagai anti oksidan yang dapat menghalau efek buruk radikal bebas – Diminimalis.com

Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar ultraviolet, dan sebagainya.

Cocok untuk vegetarian

Vegetarian adalah orang yang menganut pola makan berpantang daging, termasuk produk pangan lainnya yang berasal dari hewan seperti telur , susu serta hasil olahannya. Namun pada kenyataannya para vegetarian pun sangat membutuhkan sumber gizi hewani yang merupakan sumber gizi tinggi bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Bagi vegetarian, susu kedelai dapat disajikan sebagai minuman utama. Selain enak dan menyegarkan, nilai gizinya tidak kalah dengan susu sapi. Susu kedelai merupakan minuman sumber vitamin (B1, B2, B6, dan provitamin A), sumber mineral (kalsium, magnesium, selenium, fosfor), sumber karbohidrat, sumber protein, dan sumber lemak.

Manfaat susu kedelai untuk kecantikan

Mencegah penuaan dini (anti aging)

Bagi setiap orang, menjadi tua adalah sebuah kepastian yang sebenarnya tidak bisa dihindari. Salah satu cara yang diyakini paling ampuh menangkal penuaan dini adalah dengan mengandalkan anti oksidan yang bersumber dari makanan atau minuman. Untuk itu, susu kedelai layak dimasukkan kedalam daftar menu harian Anda, agar Anda tetap awet muda. Karena susu kedelai mengandung berbagai zat senyawa anti aging (menghambat penuaan dini). Anti oksidan umumnya berasal dari golongan vitamin dan mineral, diantaranya vitamin B, E, C, beta-karoten, chromium, selenium, kalsium, tembaga, magnesium, dan isoflavon.

Menjaga kelembaban kulit

Susu kedelai dapat menjaga kelembaban kulit alami Anda, dikarenakan susu kedelai mengandung pelembab kulit lembut yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang mati, serta mengontrol dehidrasi pada organ tubuh. Maka dengan rajin minum susu kedelai akan membuat kulit Anda juga terlihat tidak kering, segar dan lembut.

Mengatasi kulit kusam

Susu kedelai mengandung vitamin C yang bekerja untuk mengatasi wajah kusam agar menjadi lebih cerah. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Untuk mengatasi kulit kusam menggunakan susu kedelai, penggunaannya tidaklah diminum, melainkan dibuat masker untuk wajah. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan ampas kedelai tersebut sebagai maskernya.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Membantu penyerapan kalsium

Ibu hamil membutuhkan tingkat kalsium yang lebih tinggi yaitu sekitar 1.200 mg per hari. Ada banyak sumber makanan yang mengandung kalsium seperti yogurt, susu, keju, ikan sarden, semua sayuran hijau, jeruk dan kedelai. Susu kedelai yang terbuat dari bahan kedelai mengandung bahan fitoestrogen yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Sebagai efek positif mengkonsumsi susu kedelai, maka ibu hamil tidak akan kekurangan kalsium.

Kalsium dari susu kedelai juga  menjadi nutrisi penting, karena bisa membangun pembentukan jaringan tulang, gigi dan rambut untuk janin. Kalsium ini dapat mencegah osteoporosis untuk wanita yang sudah masuk tahap menopause. Saat hamil, kalsium dalam tubuh terbagi untuk ibu dan bayi, dan susu kedelai tentu bermanfaat mencukupi kebutuhan kalsium tersebut, bila sang ibu tidak terbiasa minum susu sapi.

Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin

Susu kedelai mengandung banyak mineral, vitamin, serta zat gizi lainnya yang membantu proses perkembangan dan pertumbuhan janin. Selain itu, nutrisi kacang kedelai berkhasiat dalam menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, dan mencegah keguguran. Kandungan protein yang terkandung di dalam susu kedelai juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin.

Demikian ulasan kami tentang manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Semoga dengan membiasakan mengkonsumsi susu kedelai, keluarga Anda menjadi lebih sehat dan dan terhindar dari penyakit.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.