Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Solar Cell Sebagai Alternatif Suplai Listrik Rumah Tangga

Solar cell memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis Anda - Diminimalis.com

Ada banyak manfaat solar cell untuk alternatif suplai listrik rumah tangga. Selain ramah lingkungan, solar cell bisa menekan pengeluaran sampai jutaan rupiah. Salah satu contohnya adalah kantor PT Tesaputra Adiguna yang beralamat di Jalan Citamiang, Bandung. Kantor ini menjadi pelopor digunakannya panel surya selaku sumber kebutuhan listrik sehari-hari.

Pemasangan panel surya memang terbilang mahal di awal-awalnya. Walau demikian, terbukti bahwa cara ini dapat menghemat listrik menggunakan solar cell. Pada rumah yang daya listriknya 5500 watt, akan dipasang hingga 33 panel surya dengan total daya 5.7 kilowatt peak. Semua panel surya dipasang di atap rumah.

manfaat Solar Cell, panel surya, penggunaan solar energy, kelemahan dari penggunaan panel surya adalah, solar panel untuk rumah, belajar solar cell, cara memasang solar cell yang benar, penggunaan panel surya di rumah, harga solar cell 1300 watt
Solar cell memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Apabila dalam sehari perhitungan waktu efektif penggunaan panel ialah 4 jam, maka bisa dihasilkan antara 20 hingga 25 kwh. Pemasangan panel surya akan dapat mencukupi kebutuhan listrik pada siang hari. Sementara untuk kebutuhan listrik pada malam hari masih akan membutuhkan suplai listrik dari PLN.

Panel surya memang takkan bekerja pada malam hari karena tidak ada sinar matahari yang dapat digunakan. Namun, biaya yang dikeluarkan tetap takkan setinggi biasanya. Apalagi, listrik yang didapat dari panel surya ini bisa dikirim ke PLN. Biaya penggunaan listrik pada malam hari dalam sebulan akan dapat dikurangi jumlah akumulasi listrik yang dikirim pada siang harinya.

Manfaat solar cell untuk menghemat kebutuhan listrik rumah tangga.

1. Biaya Pemasangan

Biaya yang digunakan untuk solar sel ini mencapai Rp80-90 juta. Biaya ini meliputi panel surya, inverter atau alat pengubah daya dari DC ke AC, meter ekspor impor hingga alat guna menghitung penggunaan listrik serta pengiriman listrik. Biaya investasi awal ini sendiri akan tertutup setelah 7 tahun lamanya.

Usia teknologi ini sendiri bisa mencapai 20 tahun. Setelah balik modal dengan jangka waktu 7 tahun, pengguna panel surya nantinya cukup membayar biaya listrik saat malam hari ataupun biaya minimum pada PLN. Biaya listrik tiap bulan yang mencapai Rp2.5 juta bisa ditekan dengan hanya membayar biaya minimal listrik yaitu 40 kwh.

2. Wujud Kepedulian Lingkungan

Solar Cell, panel surya, penggunaan solar energy, kelemahan dari penggunaan panel surya adalah, solar panel untuk rumah, belajar solar cell, cara memasang solar cell yang benar, penggunaan panel surya di rumah, harga solar cell 1300 watt
Panel surya lebih ramah lingkungan dibanding dengan energi listrik konvensional – Diminimalis.com

Pemasangan solar cell untuk rumahan termasuk dalam wujud kepedulian akan lingkungan serta penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Banyak orang menganggap proyek penggunaan panel surya ini tak mungkin dilakukan. Namun, makin banyak orang yang menggunakannya maka teknologi ini akan jadi makin terjangkau. Efek ramah lingkungan ini merupakan manfaat solar cell yang tak kalah penting.

3. Hemat Hingga 25 Persen

Penggunaan panel surya juga telah digunakan pada perusahaan skala menengah yang ada di Depok serta Majalaya. Dikatakan oleh anggota Dewan Energi Nasional atau DEN, Rinaldy Dalimi, bahwa rumah yang menggunakan panel surya bisa menghemat listrik sampai dengan 25 persen. Panel surya akan dipasang pada rooftop untuk menampung sinar matahari serta menjadi sumber listrik.

Sebagai contoh penghematan listrik dengan solar cell atau panel surya ini adalah tagihan listrik yang biasanya mencapai 2 juta per bulan bisa menjadi 1.5 juta saja. Investasi Rp45 juta sendiri sudah akan balik modal setelah 7 tahun. Kondisi dini akan turut mempercepat penggunaan EBT.

Apabila dalam satu bulan, penggunaan panel surya bisa menghemat sampai dengan Rp500ribu, maka dalam satu tahun sudah dapat menghemat sampai dengan Rp6 juta. Dalam 7.5 tahun, uang ini sudah menjadi Rp45 juta dan otomatis balik modal. Biaya pemasangan rooftop akan tertutup dalam waktu 7 tahun. Bagi Anda yang ingin menghemat listrik untuk rumah minimalis Anda, maka penggunaan solar cell cocok untuk Anda pilih.

4. Daya Panel Surya Dikombinasikan Dengan Listrik PLN

Rooftop panel surya ini sendiri memiliki daya yang cukup terbatas sehingga masih harus dikombinasikan bersama listrik PLN. Selain dapat meminimalisir pengeluaran tagihan listrik, rooftop dari panel surya ini juga bisa membantu pemerintah. Terutama dalam mencapai bauran energi.

Solar Cell, panel surya, penggunaan solar energy, kelemahan dari penggunaan panel surya adalah, solar panel untuk rumah, belajar solar cell, cara memasang solar cell yang benar, penggunaan panel surya di rumah, harga solar cell 1300 watt
Listrik konvensional rentan akan sambaran petir – Diminimalis.com

Harga panel surya juga bisa kembali balik modal dalam waktu yang cukup cepat serta memiliki jangka waktu pemakaian yang lama. Artinya, pemakaian panel surya akan dapat menjadi investasi jangka panjang. Apalagi panel surya ini ramah lingkungan serta dapat menghemat pengeluaran sampai dengan 25 persen. Pemakaian panel surya dalam jangka waktu lama pastinya akan sangat menguntungkan.

Selain itu, perbandingan panel surya vs PLN di mana panel surya masih membutuhkan dukungan PLN membuatnya lebih hemat. Kekurangan dan kelebihan dari penggunaan panel surya juga harus diperhatikan sebelum kita mulai menerapkannya di atap rumah sendiri. Beberapa faktor yang perlu jadi perhatian adalah biaya pemasangan, perawatan hingga tata cara penggunaannya.

Bagi beberapa orang, mengeluarkan Rp45 juta mungkin akan terasa berat untuk pemasangan panel surya ini, bahkan walaupun sudah tahu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Kekurangan lain adalah penggunaan panel surya yang belum semua orang benar-benar paham bagaimana caranya. Hal ini harus diperhatikan baik-baik sebelum kita mulai memasang panel surya dan memanfaatkannya.

Namun, sudah jelas bahwa kelebihan dari penggunaan panel surya di antaranya adalah lebih hemat, ramah lingkungan, bisa jadi investasi jangka panjang serta lebih modern. Kita bisa mencari tahu lebih lanjut seputar panel surya ini sebelum turut menggunakannya di rumah. Pengetahuan yang menyeluruh dan lengkap akan membantu kita dalam mendapat manfaat maksimal dari panel surya serta meminimalisir kerugian yang mungkin didapat.

Demikianlah ulasan kami tentang manfaat solar cell sebagai alternatif suplai listrik untuk rumah tangga.  Penggunaannya memang masih terbilang jarang namun akan terus digalakkan sebagai salah satu sumber energi yang ramah lingkungan. Menghemat listrik menggunakan solar cell juga diharapkan akan dilakukan oleh lebih banyak orang maupun pelaku industri. (us)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.