Ternyata Sebanyak ini Manfaat Sinar Matahari di Pagi Hari

AAda banyak mangaat kesehatan yang bisa didapat dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi - Diminimalis.com

Jarang yang menyadari, bahwa terdapat berbagai manfaat sinar matahari di pagi hari yang sebaiknya jangan kita lewatkan begitu saja. Karena sinar matahari pada waktu pagi tidak hanya membuat indah suasana di pagi hari, namun juga bisa mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Apa sajakah berbagai manfaat tersebut?, Anda bisa menyimaknya pada ulasan kami di bawah ini.

manfaat sinar matahari di pagi hari, batas waktu sinar matahari pagi, berjemur matahari pagi berapa lama, cara berjemur di pagi hari
Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi – Diminimalis.com

Manfaat sinar matahari di pagi hari

Di bawah ini kami telah merangkum berbbagai manfaat sinar matahari di pagi hari yang bermanfaat bagi kesehatan tubu, diantaranya yaitu.

Mengurangi kadar gula darah

Sinar matahari adalah insulin alami yang dapat memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glikogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah dapat membuat kadar gula dalam darah menjadi turun.

Memaksimalkan penyerapan vitamin D

Saat sinar ultraviolet di pagi hari disaring oleh kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Sehingga paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 dapat memaksimalkan penyerapan vitamin D pada tubuh. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

Meredam kolesterol

Setelah kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.

Melancarkan pernafasan

Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.

Dapat membunuh bakteri

Sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, keracunan darah, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk bakteri di udara dapat dibinasakan oleh sinar matahari.

Menjaga Kesehatan tulang

Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari, dipercaya mampu menguatkan otot dan tulang didalam tubuh untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Penyakit osteoporosis ini banyak menyerang usia tua namun tidak menutup kemungkinan diderita oleh orang dewasa apabila gaya hidupnya yang tidak sehat. Jadi untuk menjaga kesehatan tulang luangkanlah waktu sekitar 30 menit untuk bejemur dibawah sinar matahari pagi untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Mencegah diabetes

Diabetes merupakan lonjakan kadar gula di dalam darah yang melebihi batas normal akibat kinerja dari hormon insulin yang terganggu. Diabetes umumnya terjadi karena gaya hidup yang salah dan jarang beraktifitas. Terlebih biasanya penderita diabetes tidak dianjurkan sama sekali untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Ini karena lonjakan kadar gula dalam darah bisa mengakibatkan komplikasi terhadap penyakit lainnya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena sinar matahari pagi dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan berjemur dibawah sinarnya selama 30 menit saja.

Mencegah kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel pada tubuh yang tak terkendali. Beberapa jenis kanker kadang diketahui setelah memasuki stadium lanjut. Jika sudah begini pengobatannya akan jauh lebih sulit untuk disembuhkan dan harapan hidup semakin hari kian menipis saja. Sebenarnya kanker dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan sehari – hari yang sehat, salah satunya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena kandungan vitamin D yang terdapat pada sinar matahari dapat menurunkan resiko kanker, seperti kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Imunitas tubuh kadang memang sering menurun saat tubuh mengalami kelelahan karena banyaknya aktifitas yang dilakukan. Maka cobalah meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dengan cara yang alami menggunakan bantuan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi dapat membuat sel darah putih didalam tubuh menjadi lebih banyak dari sebelumnya. karena saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Sel darah putih ini akan berfungsi untuk melawan bakteri dari luar dan menjaga kesehatan tubuh.

Melancarkan sirkulasi darah

Sinar matahari mapu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

Manfaat roof garden, fungsi roof garden, pengertian roof garden, Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
Bagi Anda yang memiliki roof garden, Anda dapat berjemur di pagi hari sambil bersantai bersama keluarga – diminimalis.com

Dengan begitu oksigen dan nutrisi bisa sampai kejantung dengan lebih maksimal. Lancarnya sirkulasi darah juga membantu tubuh terlihat lebih segar dan prima dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Jadi jangan ragu untuk berjemur dibawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan kesehatan jangka panjang. Terlebih bagi Anda yang memiliki roof garden di atas atap rumah, tentu hal ini akan banyak memberikan efek positif bagi kesehatan keluarga Anda.

Demikian ulasan kami tentang manfaat sinar matahari di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Semoga dengan dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari antara jam pukul 06.00-08.00 WIB, Anda bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit, semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.