Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Rotan Alami yang Tidak Hanya Sebagai Bahan Baku Furniture

Contoh furniture yang terbuat dari rotan alami - diminimalis.com

Manfaat rotan alami sudah diakui banyak orang dan selalu diandalkan dalam dunia tata ruang, terutama desain interior. Bagi para pecinta desain yang terkesan natural dan juga mewah, penggunaan furniture dengan menggunakan bahan baku rotan alami sangatlah cocok.

Rotan memiliki ukuran diameter sekitar 2-5 cm, tidak berongga dan memiliki duri yang keras dan tajam. Oleh karena itu perlu serangkaian proses untuk mempersiapkan rotan supaya dapat dikreasikan dengan lebih mudah. Proses tersebut antara lain pemilihan dan penyortiran untuk mendapatkan rotan yang berkualitas baik, kemudian pembuatan pola dan pemotongan sesuai kebutuhan, pelapisan dengan bahan kimia supaya rotan lebih awet, pengeringan, penganyaman dan tahapan lanjut dimana rotan dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan.


manfaat rotan alami, jenis-jenis rotan, pohon rotan, fungsi akar rotan, rotan adalah
Contoh furniture yang terbuat dari rotan alami – diminimalis.com

Manfaat Rotan Alami untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat rotan alami ternyata tidak terbatas hanya sebagai penghias ruangan saja. Rotan alami juga dimanfaatkan di dalam dunia kesehatan dan juga kuliner. Berikut beberapa kegunaan dari rotan alami di dalam kehidupan sehari-hari :

manfaat rotan alami, jenis-jenis rotan, pohon rotan, fungsi akar rotan, rotan adalah
rotan sebagai bahan baku mebel – diminimalis.com

1. Bahan baku meubel.

Rotan alami seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku meubel seperti meja, kursi, rak buku, lemari dan furniture lainnya. Kesan alami dan mewah membuat furniture berbahan baku rotan alami ini sering dicari di pasaran.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Kelebihan Lemari Plastik sebagai Furniture Rumah Minimalis Modern

2. Bahan makanan.

Suku Dayak yang berada di Kalimantan Tengah memanfaatkan rotan sebagai bahan makanan, yaitu diolah menjadi sayur. Dimana batang dan daun rotan dimasak hingga lunak. Rotan sebagai bahan makanan ini ternyata baik untuk kesehatan karena mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Bumbu masakan.

Umbut yaitu sebutan untuk pucuk rotan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk bumbu masakan. Umbut ini dapat memberikan rasa sepat.

4. Pelapis kayu.

Getah rotan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pelapis kayu, yang memberikan kesan mengkilap yang indah pada kayu. Biasanya juga digunakan untuk melapisi kayu pada gitar dan biola.

5. Peralatan olahraga.

Dalam dunia olahraga, rotan alami ternyata juga memiliki manfaat. Rotan alami dapat digunakan sebagai bahan baku bola takraw, tongkat hiking dan tingkat ski.

6. Berbagai kerajinan tangan.

Selain barang-barang meubel yang biasa digunakan untuk melengkapi ruangan, kerajinan tangan yang terbuat dari rotan alami juga sudah banyak dijumpai. Kerajinan dari rotan alami memiliki bentuk dan fungsi yang bermacam-macam. Selain untuk memperindah ruangan, kerajinan dari rotan alami ini biasanya juga memiliki fungsi tertentu seperti tempat mainan anak, tas, manekin, dan lain-lain.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Bahan Perabot Rumah Minimalis dan Masing-masing Manfaatnya

7. Konstruksi atap.

Rotan alami juga bermanfaat di dalam dunia arsitektur. Sifatnya yang kuat dan mudah dibentuk, serta kesan yang artistik ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk konstruksi atap. Rotan alami yang digunakan untuk konstruksi atap biasanya sudah diberi bahan pengawet tertentu supaya menjadi lebih kuat.

8. Bahan baku obat tradisional.

Rotan alami memiliki kandungan zat tanin, dimana tanin merupakan anti gizi namun juga bermanfaat sebagai antioksidan. Tanin dari rotan alami ini dapat bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti : batuk dan pilek berkepanjangan, diare, malaria dan pendarahan organ dalam.

Meskipun manfaat rotan alami begitu banyak, rotan alami tidak cocok digunakan sebagai outdoor furniture. Rotan alami mudah rusak apabila terkena cahaya dan air hujan secara terus-menerus. Selain itu rotan alami juga rawan menjadi sarang debu dan mudah dirusak oleh serangga pengerat. Furniture yang terbuat dari rotan alami perlu perawatan secara rutin, seperti coating setahun sekali supaya awet.Demikianulasan kami tentang segudang manfaat rotan untuk kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.