Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Roof Garden yang Tidak Hanya Sekeder Mempercantik Eksterior

roof garden dengan rumput hias yang indah - diminimalis.com

Roof garden adalah proses penanaman tanaman yang dilakukan di atas atap, tanpa harus bergantung dengan lahan sekitar rumah atau gedung. Awalnya konsep roof garden diterapkan pada atap gedung-gedung bertingkat untuk menghadirkan ruang hijau di area sekitar. Karena manfaat roof garden begitu banyak, maka hari ini konsep taman di atas atap sudah banyak diaplikasikan pada beberapa atap rumah perkotaan.

cara membuat roof top, cara membuat roof top garden, cara membuat taman di atas atap, Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
roof garden dengan tanaman lebat yang rindang – diminimalis.com

Jangan bayangkan taman ini sama persis sebagaimana taman pada umumnya, taman di atas atap sangat perlu penyesuaian agar dapat tumbuh maksimal pada media yang terbatas. Diantara penyesuaian yang perlu dilakukan sebelum membuat roof garden adalah persiapan struktur bangunan, penataan media tanam, saluran pembuangan, pemilihan jenis tanaman, serta perawatannya.


Selain mendapatkan keindahan pada eksterior rumah, Anda sekeluarga juga akan mendapatkan kualitas udara yang segar di area rumah Anda. Adanya taman di atas atap ini juga bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga atau menjamu kolega Anda.

Manfaat roof garden bagi keluarga Anda

Meski diperlukan persiapan ekstra untuk membangun roof garden di atas atap, namun semuanya akan terbayar dengan berbagai manfaat yang akan didapat. Berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan bila memiliki roof garden di atas atap rumah minimalis Anda, diantaranya yaitu.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Variasi Penutup Lantai Carport Minimalis Modern Yang Bisa Dipilih

• Mengurangi tingkat polusi udara.

Aneka tanaman pada roof garden mampu merubah polutan di udara, menjadi senyawa tidak berbahaya melalui proses reoksigenasi. Taman atap juga berperan dalam menstabilkan jumlah karbon dioksida di sekitar rumah Anda, sehingga dapat menekan efek radikal bebas.

• Menurunkan suhu udara.

Keberadaan taman di atas atap juga dapat mengurangi efek panas radiasi sinar matahari yang berasal dari dinding bangunan maupun dari tanah, sehingga keberadannya dapat menurunkan suhu udara di sekitar.

•Meredam Kebisingan

Aneka tanaman yang ada di atas atap, efektif untuk meredam kebisingan yang berasal dari luar, seperti suara kendaraan, petir dan lain sebagainya.

• Memperindah eksterior rumah

Sebagaimana dengan fungsi taman pada umumnya, roof garden dapat menyediakan keindahan pada eksterior bangunan, sehingga tampak lebih hidup, asri, dan nyaman.

Menata tanaman

Memilih tanaman untuk ditanam di atas atap tentu perlu perhitungan yang matang. Setiap tempat atau media tanam, tentu perlu penyesuaian dengan jenis tanaman yang akan ditanam, termasuk roof garden Anda.Maka, pilihlah tanaman yang rajin berbunga tapi lambat pertumbuhan batangnya. Karena jenis tanaman ini tak akan merepotkan Anda untuk sering-sering memangkasnya.

Namun pastikan Anda memberikan air sesuai dengan kebutuhannya. Pasalnya semakin sering terpapar sinar matahari, tanah sebagai media tanamnya akan cepat kering dan mineral yang ada di dalamnya pun akan cepat terserap. Akibatnya tanaman Anda pun membutuhkan air dan pupuk lebih banyak dibandingkan tanaman yang ada di lahan biasa.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jenis Mangga untuk Tanaman Hias Ternyata Ada di Sekitar Kita

Jenis tanaman yang cocok untuk roof garden

Tanaman berbatang lunak

 

Menggunakan tanaman dengan batang lunak merupakan pilihan tepat untuk digunakan pada roof garden, karena jenis tanaman ini tidak akan merusak atap rumah Anda, dan biasanya pertumbuhannya pun agak lambat. Tanaman berbatang lunak yang bisa Anda pilih diantaranya, pandan, lidah mertua, lili paris, dan kucai mini.

Tanaman bunga

Tanaman bunga layak dipilih karena bobotnya ringan dan cocok untuk ditempatkan di atas atap Anda. Selain itu tanaman bunga juga memerlukan banyak terpaan sinar matahari untuk membuatnya lebih subur, sehingga efektif bila ditempatkan pada roof garden Anda. Anda bisa coba tanam kamboja Jepang, tillandsia, dan melati rambat sebagai pilihannya.

Demikian ulasan kami tentang berbagai manfaat roof garden bagi keluarga Anda. Semoga dengan memiliki roof garden sendiri, keluarga Anda akan mendapatkan aneka manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga di rumah. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.