Ternyata Inilah Berbagai Manfaat Renang bagi Ibu Hamil dan Janin

Ternyata ada banyak manfaat renang bagi ibu hamil - Diminimalis.com

Meski jarang disadari, sebenarnya ada banyak manfaat renang bagi ibu hamil. Namun bukan berarti renang yang dilakukan harus sama persis seperti renang pada umumnya. Cukup beraktifitas semampunya asal dapat mengambil manfaat dari aktifitas di air tersebut. Karena dengan begitu, ibu hamil kembali dapat meregangkan otot yang selama ini kaku karena mager (males gerak).

Tentunya hal ini akan menambah kesan nyaman dan membuat penghuni rileks. Terlebih lagi, bagi para ibu hamil yang menggunakan kolam renang sebagai salah satu sarana olahraga saat masa kehamilan. Sebab, olahraga renang sangat baik dilakukan pada masa kehamilan.

 manfaat renang bagi ibu hamil, Renang Ibu Hamil, manfaat renang untuk ibu hami, gaya renang ibu hamil
Ternyata ada banyak manfaat renang bagi ibu hamil – Diminimalis.com

Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya, semua jenis olahraga akan memberi manfaat kesehatan yang begitu besar pada ibu hamil dan janin di kandungan. Hal ini lantaran latihan aerobik ringan, seperti berjalan, jogging, senam, hingga berenang, berpotensi memperkuat jantung, melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Jenis aerobik yang biasanya dipilih ibu hamil adalah berenang.

Berenang merupakan latihan yang sangat ideal selama masa-masa kehamilan. Selain resiko untuk mengalami cidera sangat kecil, ibu hamil akan lebih merasa rileks. Selain itu, olahraga renang akan memungkinkan ibu hamil bebas bergerak tanpa melakukan gerakan-gerakan ekstrem. Karenanya, cukup penting bagi Anda para pasangan muda untuk memiliki kolam renang di rumah, agar ibu hamil menjadi lebih rileks.

Sejatinya, berenang aman dilakukan kapan saja selama masa kehamilan, bahkan jika dilakukan pada bulan kesembilan. Berikut ini akan kami informasikan beberapa manfaat renang bagi ibu hamil.

1. Melemaskan ketegangan otot punggung

Orang yang Sebaiknya Tidak Berenang, berenang saat haid tidak memakai pembalut, cara berenang saat haid agar tidak bocor, berenang saat haid menurut islam, apakah darah haid akan keluar saat berenang, berenang saat haid tanpa tampon, berenang saat menstruasi hari pertama, efek berenang saat menstruasi
Renang bagi ibu hamil dapat melemaskan otot punggung – Diminimalis.com

Seiring membesarnya perut ibu hamil, struktur tulang belakang dan bahu tentunya akan sedikit ada perubahan. Keduanya akan bergerak lebih maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi ideal. Hal ini tentu akan meningkatkan beban pada punggung ibu hamil.

Namun dengan rutin berenang, otot-otot disekitar punggung dan bahu akan menjadi lebih rileks sehingga beban akan berkurang. Selain lebih rileks, otot akan menjadi lebih kuat karena berenang adalah salah satu olahraga yang melibatkan otot lengan dan kaki.

2. Membantu ibu hamil menjaga berat badan ideal

Saat berenang tubuh akan melibatkan otot-otot dalam kelompok besar. Pergerakan inilah yang akan membantu ibu hamil membakar kalori selama masa kehamilan. Karenanya, lemak-lemak tidak akan tertimbun lama pada tubuh. Ibu hamil bisa kembali mendapatkan berat badan ideal dalam jangka waktu yang lebih cepat.

3. Meredakan pembengkakan di lengan dan kaki

Efek Samping Berenang, dampak positif dan negatif berenang, manfaat berenang bagi pria
Demi menjaga kesehatan, ada banyak efek samping positif dari berenang untuk ibu hamil – diminimalis.com

Masih berhubungan dengan pergerakan ibu hamil pada saat berenang. Selama masa kehamilan, bagian lengan dan kaki akan mengalami pembengkakan. Hal ini wajar terjadi selama masa kehamilan karena tumpuan perut yang semakin membesar hanya pada kaki.

Dengan berenang, Anda akan melibatkan otot-otot lengan dan kaki. Keterlibatan otot-otot pada saat berenang inilah akan membuat otot lengan dan kaki menjadi lebih rileks. Hal ini akan meminimalisir pembengkakan pada lengan dan kaki selama masa kehamilan.

4. Tidak membuat kelelahan

Saat berenang maka seluruh bagian tubuh akan mengapung di air. Hal ini tentu akan membuat Anda dapat bergerak secara leluasa tanpa adanya beban oleh pertumbuhan berat badan. Badan Anda otomatis akan terasa lebih enteng di dalam air. Anda bisa mengambil posisi terlentang tanpa khawatir resiko terjadinya gangguan aliran darah.

5. Dapat mencegah mual di pagi hari

Bagi ibu hamil, berenang bisa dijadikan aktivitas pertama di pagi hari. Berenang akan mencegah mual dan membuat Anda lebih berenergi. Namun, jangan paksakan apabila bau kaporit pada kolam renang akan membuat Anda mual maupun tidak nyaman pada kulit. Anda bisa mencoba alternatif lain, misalnya olahraga kecil sebelum berenang atau gunakanlah baju renang yang serba tertutup.

Jika sejak sebelum masa kehamilan Anda sudah rutin berenang, aktivitas tersebut tentu akan menjadi kebiasaan. Tentunya, Anda akan banyak mengambil manfaat renang ibu hamil. Selamat berolahraga! (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.