oleh

Manfaat Minum Jus Buah Sebagai Suplemen Harian Anda

Ada banyak tips manfaat minum jus buah. Siapa sih yang tidak tahu akan manfaat buah? Tentunya semua orang sudah mengetahui jika beragam jenis buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi buah secara langsung akan memberikan efek manfaat yang sangat besar pada tubuh. Selain membuat perut menjadi terasa lebih cepat kenyang, kandungan vitamin dalam buah sangat bagus dan menyehatkan. Bahkan jus buah selalu menjadi santapan favorit para pelaku food combining.

manfaat Jus Buah, manfaat jus buah mangga, manfaat jus buah sirsak, manfaat jus buah alpukat, manfaat jus buah apel, sebutkan manfaat jus buah, manfaat jus buah dan sayur, manfaat jus buah naga, macam macam jus dan manfaatnya
Ada banyak manfaat bila Anda mengkonsumsi jus buah – Diminimalis.com

Untuk mengkonsumsi buah, memang banyak cara yang bisa dilakukan. Selain dengan memakannya langsung, bisa juga dengan dibuat jus. Dengan dijadikan jus, terlebih bila ditambahkan es, bisa menimbulkan efek segar dan tentunya tak perlu mengunyah lagi. Selain itu, dengan dibuat jus, kita dapat mengkreasikan beberapa buah untuk dijadikan satu, sehingga akan membentuk rasa baru yang lebih nikmat.

Manfaat Minum Jus Buah

Seperti yang disinggung sebelumnya, banyak sekali manfaat minum jus buah. Beberapa di antaranya adalah dapat mempermudah proses penyerapan nutrisi dalam sistem pencernaan, membantu program diet sehat, sebagai antioksidan alami, mencegah sembelit, mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah serta meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Buah Dikonsumsi Langsung Lebih Bagus Daripada Dibuat Jus

Memang tak dipungkiri, seperti yang sering kita baca di media-media kesehatan, banyak yang meyakini bila buah akan lebih menyehatkan bila dikonsumsi langsung, daripada dibuat menjadi jus. Hingga kini pro kontra mengenai hal tersebut, sering bermunculan.

Memang pendapat tersebut muncul bukan tanpa alasan. Buah yang dijus hanya mengandung sedikit serat saja karena cenderung dihancurkan dengan halus pada saat proses pemblenderan. Selain itu, buah yang dijus lebih banyak memakai gula dan susu atau pemanis lainnya guna memberikan rasa yang manis dan menyamarkan rasa asam. Padahal konsumsi gula secara berlebihan tentunya akan memicu penyakit tertentu (diabetes).

Meskipun begitu, Anda masih tetap dapat merasakan manfaat yang menyehatkan dari jus buah, karena faktanya kandungan vitamin yang berada pada buah tidak akan hilang begitu saja hanya karena proses pemblenderan.

Namun, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa tips sehat dengan mengkonsumsi jus buah, yang kami bagikan berikut ini.

Tips Sehat dengan Mengkonsumsi Jus Buah

1. Pilih buah yang tepat

manfaat jus buah, manfaat mengkonsumsi jus buah, manfaat minum jus buah, manfaat jus buah mangga, manfaat jus buah sirsak, manfaat jus buah alpukat
Jus mangga sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan – DIminimalis.com

Untuk penderita tekanan darah tinggi maka buah belimbing menjadi pilihan yang tepat untuk dibuat jus. Sementara untuk mengontrol kadar gula darah, jus buah tomat menjadi alternatif yang tepat.

Ada beberapa buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara langsung tanpa dijus. Beberapa di antaranya adalah buah pepaya, pisang, melon, cherry dan juga strawberry.

2. Jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya

Untuk menyamarkan rasa asam dalam buah sering kali orang menambahkan gula dan susu ke dalam campuran jus. Kalau Anda ingin mendapatkan manfaat alami dari buah, maka jangan pernah mencampurkan pemanis apapun ke dalam jus yang Anda buat.

Kenapa? Karena hal ini dapat memicu bertambahnya kadar gula dalam darah yang seharusnya dapat dikurangi oleh buah buahan tersebut.

Biarkanlah rasa buah seperti aslinya. Kalaupun Anda tetap menginginkan rasa manis, maka pilihlah buah yang secara alami memiliki rasa manis atau dengan menambahkan madu murni. Ini tentunya akan lebih menyehatkan untuk Anda dan lebih memperkaya kandungan vitamin dan gizi dari buah yang Anda konsumsi.

3. Jangan memblender terlalu lama

Selain hemat listrik, hal ini juga ditujukan agar tekstur buah tidak menjadi sangat halus dan juga tidak menghancurkan serat serat alaminya.

Usahakan juga Anda tidak memisahkan sari buah dengan ampasnya. Konsumsilah jus buah dengan ampas ampasnya, walaupun itu akan sedikit mengganggu indera perasa Anda karena dalam ampas buah terkandung serat dan juga vitamin C.

4. Jangan menyimpannya dalam jangka waktu yang lama

Konsumsilah langsung jika telah selesai memblendernya. Jangan membuat stok jus untuk simpanan harian. Vitamin dalam jus yang tidak langsung dikonsumsi dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar.

5. Perhatikan waktunya

Nasehat Bagi yang Sering Lembur efek buruk lembur suplemen kerja lembur
Perhatikan waktu yang tepat saat minum jus- Diminimalis.com

Jus buah memang baik dikonsumsi di waktu kapanpun. Pagi, siang, sore dan malam hari pun tidak masalah.Namun untuk buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk, lemon, strawberry dan mangga sebaiknya jangan dikonsumsi di pagi hari. Buah yang mengandung rasa asam akan memicu timbulnya asam lambung dan membuat Anda sakit perut. Tentunya ini bukanlah sesuatu yang Anda harapkan dari jus buahkan?

6. Jangan menjadikan buah sebagai makanan pokok

Jus bukanlah pengganti makanan pokok. Bila Anda sedang diet, Anda bisa menjadikan jus sebagai pengganti makanan pada pagi atau malam hari. Sementara untuk siang hari, Anda pastinya memerlukan tambahan energi yang tidak akan Anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi jus buah saja. Kerja otak dan tubuh akan mulai berkurang akibat aktivitas berat yang menguras banyak tenaga dan pikiran. Jadi tetaplah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, vitamin dan juga serat seperti nasi, ikan atau daging serta sayuran.

7. Perhatikan kebersihan tangan dan peralatan

Cucilah tangan Anda dengan bersih sebelum menyentuh buah buahan agar bebas dari kuman dan bakteri. Perhatikan juga kondisi kebersihan dari peralatan yang Anda pakai, seperti pisau dan blender.

Selain itu, pastikan juga Anda sudah mencuci bersih buah yang ingin Anda jadikan jus untuk menghilangkan zat zat berbahaya yang mungkin ada pada area kulit luar buah.

Itulah beberapa manfaat minum jus buah. Anda tidak perlu ragu lagi dalam mengkonsumsi jus buah jika menerapkan cara yang telah kami jelaskan diatas. (ka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed