Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur yang Tak Kalah Penting

minum air putih dapat membuat tubuh lebih segar- diminimalis.com

Manfaat minum air putih setelah bangun tidurMelanjutkan artikel sebelumnya tentang manfaat minum air putih sebelum tidur, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang manfaat minum air putih setelah bangun tidur. Sebagaimana yang kita ketahui, air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan cairan harian, setidaknya kita perlu meminum 8 gelas air putih setiap hari. Namun caranya tidak sekaligus langsung minum. Perlu ada pembagian waktu yang merata dalam satu hari. Yaitu dimulai dari setelah bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur, Manfaat minum air putih setelah bangun tidur pagi khasiat mium air putih hangat, Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, minum air putih di malam hari, diet menggunakan air putih
minumair sebelum tidur dapat membantu menjaga kesehatan ginjal- diminimalis.com

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur

Bila sebelum tidur Anda sudah minum air putih, mengapa setelah bangun tetap dianjurkan untuk minum air putih juga? Berikut alasannya.


1. Air putih baik diminimum dalam kondisi perut kosong.

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, minum air putih di malam hari, diet menggunakan air putih
air putih baik diminum saat perut kosong – diminimalis.com

Saat bangun tidur merupakan kondisi dimana perut kita kosong karena tidak ada makanan yang masuk saat kita tidur. Dan minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Karena setiap kita tidur di atas 2 jam, tubuh akan membutuhkan kalori yang tidak sedikit, dan ini akan menyebabkan dehidrasi.  Dengan menerapkan kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur, hal ini akan menurunkan risiko dehidrasi. Karena tubuh yang dibiarkan mengalami dehidrasi, lambat laun akan mengalami gangguan fungsi ginjal dan gangguan pada jantung.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan Anda. Karena lambung akan tetap menghasilkan asam, meskipun tidak ada makanan atau minuman yang mengisinya.

Asam lambung yang tinggi ini dapat membuat perut Anda mulas bahkan perih.Hal yang dapat meredam semua gejala tersebut adalah makanan atau minuman yang masuk ke dalam lambung. Tapi langsung makan makanan yang berat setelah bangun tidur juga tidak baik. Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum segelas air putih untuk membantu mengatasi asam lambung yang terlalu tinggi tersebut. Karena saat Anda minum air putih dalam keadaan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung Anda naik.

3. Mempermudah proses detox dalam tubuh

Pada malam hari, tubuh Anda memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, Anda akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membiarkan tubuh Anda segar dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat minum air putih setelah bangun tidur tersebut, minumlah sedikitnya empat gelas secara bertahap. Akan lebih baik lagi bila air yang diminimum dalam kondisi hangat.

Jika Anda tidak bisa minum empat gelas air sekaligus, maka Anda bisa memberinya jeda. Setelah itu, usahakan jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya. Dan setiap Anda hendak makan, sebaiknya Anda minum segelas air putih dahulu 30 menit sebelumnya.

Demikian ulasan kami tentang manfaat minum air putih setalah bangun tidur bagi kesehatan Anda. Semoga dengan membiasakan hal ini, kesehatan Anda dan keluarga dapat terjaga dan selalu fresh sepanjang hari.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.