Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Tanaman di Sekitar Rumah

ada banyak manfaat bila kita mengajarkan anak mencintai tanaman - diminimalis.com

Ada begitu banyak manfaat mengajarkan anak mencintai tanaman. Anda bisa menerangkan tentang tanggung jawab universal manusia untuk menjaga kelestarian alam, atau bisa juga dengan menularkan rasa cinta pada anekatanaman yang ada taman maupun di dalam rumah minimalis Anda.

Meski toh, hal ini sudah disugesti sejak lama oleh guru-guru mereka sejak kecil, tapi akan lebih “maknyus” apabila mereka kita libatkan langsung untuk aktif merawat tanaman di sekitar rumah minimalis kita. Apa yang didapat di sekolah mungkin sedikit banyak sudah mengkarakter bagi mereka, setidaknya untuk tidak merusak tanaman tanpa alasan yang jelas. Namun rasa cinta kepada tanaman, akan labih nancep, bila mereka kita libatkan untuk merawat tanaman,mulai dari menanam, mengamati pertumbuhannya, hingga menanti bunga atau buah-buahnya. Dengin begini, sensasi waah yang didapat akan lebih greget. Dari situlah akan timbul rasa tanggung jawab dan ini berefek pada ketenangan jiwa dan kontrol emosi yang lebih stabil akibat pada anak-anak kita.

 Manfaat Mengajarkan anak mencintai tanaman, manfaat berkebun di usia dini, menfaat ajarkan anak berkebun
ada banyak manfaat bila kita mengajarkan anak mencintai tanaman – diminimalis.com

Manfaat Mengajarkan anak mencintai tanaman

Di sisi lain, dengan mengajarkan anak untuk aktif merawat tanaman di sekitar rumah minimalis Anda, Anda akan mendapatkan moment untuk bisa menikmati kebersamaan bersama sang buah hati dengan cara yang paling sederhana tanpa perlu biaya mahal. Dan saat itulah, memori kebersamaan ini akan menjadi anchor (jangkar), diantara banyak ingatan dia pada kehangatan keluarga. Dan bila hal ini sudah mengena, maka anak tak akan mudah tergoda untuk banyak menghabiskan waktu di luaran sana yang tak semuanya bisa kita kontrol. Maka manakala tidak ada hal lain lagi yang perlu dikerjakan di luar rumah, anak Anda otomatis akan lebih memilih untuk segera pulang demi mendapatkan moment-moment terbaik selagi masih banyak kesempatan.

Diantara tanaman-tanaman yang kami rekomendasikan untuk dirawat oleh buah hati Anda diantaranya:

1. Tanaman buah

Sudah pasti tanaman yang menghasilkan buah, sangat dinantinatikan oleh pemiliknya, terlebih bagi mereka yang rajin merawat setiap harinya. Maka tanaman buah sangat cocok dijadikan sarana belajar bagi anak Anda untuk mencintai tanaman dan merawatnya dengan tulus.

2. Bonsai

Merawat bonsai tidak hanya dilakukan sebatas untuk menyalurkan hobi, namun juga untuk mendapat manfaat kesehatan jiwa dan raga. Manfaat tanaman bonsai juga bisa dirasakan dari sisi kejiwaaan, anak  Anda akan benar-benar bisa merasakaan sensasi rileks dan damai, ketika sudah intens merawat dan merancang bonsai dengan teliti dan hati-hati. Tiap detail pertumbuhan bosai dengan pola yang indah, akan mampu memberi efek kebahagiaan yang tak ternilai.

3. Bunga Anggrek

merawat anggrek bulan, merawat bunga anggrek bulan, cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga
Anggrek bulan dalam interior ruangan yang indah – diminimalis.com

Rumah akan semakin cantik dan asri ketika ditumbuhi dengan tanaman anggrek.Namun bagi Anda yang menggemari bunga ini karena keindahannya, kegiatan merawat anggrek justru merupakan sebuah keasyikan tersendiri. Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda juga menularkan rasa cinta pada bunga ini, karena bentuknya yang indah dan menawan.

4. Bunga Tillandsia

cara merawat tillandsia, cara perawatan tillandsia, manfaat tanaman tillandisa, bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandsia,bunga yang bisa hidup tanpa media- diminimalis.com

Anak Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara tumbuhan unik ini hidup? Di alam liar, tanaman tillandsia biasa berpegangan pada batang atau ranting-ranting tumbuhan yang tinggi. Dan apabila bagian tubuhnya terkoyak lalu terlepas, maka dia tetap bisa hidup dengan menggantung meskipun tidak memiliki akar. Disini akan memeliki referensi baru tentang tanaman unik yang belum tentu diajarkan di sekolah.

Semoga ulasan kami tentang manfaat mengajarkan anak mencintai tanaman ini bisa Anda terapkan pada buah hati Anda. Selain mengajarkan banyak hal positifi, Anda dan buah hati akan memiliki waktu berkualitas untuk membaur bersama, di sela-sela rutinitas harian yang melelahkan. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.