Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Menanam Jahe di Pekarangan Rumah Minimalis Anda

ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan menanam jahe di pekaranagn rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Tahukah Anda manfaat menanam jahe di rumah?. Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang digunakan dalam beberapa menu masakan maupun bahan herbal tradisional khas Indonesia. Jahe merupakan tanaman rimpang berbentuk jemari dan menggembung di ruas-ruas tengah. Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini memiliki rasa pedas yang unik bahkan cenderung melegakan seperti daun mint. Tak heran jika jahe sering dijadikan sebagai salah satu obat alami pereda sakit batuk dan tenggorokan.

Manfaat Menanam Jahe, keuntungan Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe merah
ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan menanam jahe di pekaranagn rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Manfaat Menanam Jahe di Pekarangan Rumah

Jahe telah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti mual, menghangatkan tubuh dan meningkatkan gairah seksual. Selain dijadikan sebagai tanaman obat, ternyata ada keuntungan atau manfaat lain yang Anda akan peroleh ketika menanam jahe di halaman belakang atau pekarangan rumah. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas beberapa manfaat menanam jahe di rumah Anda satu per satu, diantaranya yaitu:

1. Dapat diolah untuk menjadi bumbu masak

Seperti yang telah disebutkan di atas, jahe digunakan di beberapa masakan sebagai penyedap atau penghilang bau anyir pada masakan. Menanam jahe di pekarangan tentunya akan memberi manfaat dari segi penyediaan bahan pangan karena Anda tidak perlu membeli beberapa ruas jahe di pasar sehingga lebih hemat.

2. Dapat digunakan sebagai pasokan bahan herbal

Selain bumbu masak, jahe sering dijadikan sebagai bahan utama untuk obat herbal. Jika Anda atau keluarga sedang mengalami gangguan kesehatan dan mengharuskan menggunakan jahe, maka Anda tidak perlu repot lagi untuk mencarinya di pasar atau meminta beberapa ruas di tetangga, sehingga keluhan penyakit yang diderita dapat segera teratasi.

3. Perawatan jahe cukup mudah

Apabila kita membandingkan menanam tanaman lain atau jahe, tentu jahe akan memiliki keunggulan dari segi pemeliharaannya. Jahe dapat ditanam dengan memanfaatkan tanah gembur, kompos atau pupuk kandang serta polybag. Selain itu, menanam jahe tidak membutuhkan lahan yang besar.

Manfaat Menanam Jahe, keuntungan Menanam Jahe, Manfaat Menanam Jahe merah
jahe merah merupakan salah satu komoditi herbal yang sangat menguntungkan – diminimalis.com

4. Dapat dijadikan peluang usaha yang menggiurkan

Selain perawatannya yang mudah, jahe juga dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat jika Anda jeli melihat peluang pasar. Jahe terutama jenis jahe merah memiliki nilai jual yang tinggi untuk pembuatan jamu tradisional.

Itulah beberapa manfaat menanam jahe di pekarangan rumah. Ternyata selain dapat diolah untuk kebutuhan pribadi, Anda dapat membudidayakan jahe untuk dijadikan usaha yang menguntungkan. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis tanaman obat dan manfaatnya untuk anggota keluarga Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jenis tanaman obat dan manfaatnya untuk anggota keluarga Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.