Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Memiliki Sumur Sendiri di Halaman Rumah

sumur memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis - diminimalis.com

Anda yang pemerhati lingkungan sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membuat sumur karena manfaat memiliki sumur sendiri di rumah akan sangat dirasakan. Sumur telah digunakan sejak dulu untuk memenuhi kebutuhan air mulai dari mencuci hingga memasak. Seiring perkembangan zaman, sumur tidak hanya dijadikan sebagai penampung air, melainkan mencegah lingkungan termasuk rumah dari dampak perubahan iklim.

Manfaat Memiliki Sumur Sendiri, fungsi sumur resapan dan biopori, manfaat sumur resapan air hujan
sumur memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis – diminimalis.com

Manfaat memiliki sumur sendiri

Sumur yang sering dibuat di rumah adalah sumur resapan. Untuk membuat sumur resapan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tanah yang datar, jarak antara sumur dengan septic tank yang tidak terlalu dekat serta struktur tanah yang harus memiliki permeabilitas tanah yang baik. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar manfaat memiliki sumur sendiri di halaman rumah seperti di bawah ini:

1. Pemenuhan kebutuhan air 

Jelas bila air merupakan sumber utama kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi. Dengan adanya ketersediaan air yang cukup, membuat kegiatan rumah berjalan dengan baik mulai dari memasak, mencuci, minum dan sebagainya sehingga Anda dan keluarga terbebas dari masalah kekurangan air.

Manfaat Memiliki Sumur Sendiri, fungsi sumur resapan dan biopori, manfaat sumur resapan air hujan
sumur dapat menjadi alternatif saluran PDAM – dimiimalis.com

2. Dapat menjadi alternatif saluran air PAM 

Bila Anda dan keluarga menggunakan air PAM, biasanya Anda sering sekali menemui masalah pada saluran air PAM dimana air yang mengalir jumlahnya sedikit karena berbagai faktor seperti maintenance. Adanya sumur pribadi dapat menjadi alternatif sebagai cadangan air ketika saluran air PAM tidak berfungsi dengan baik sehingga kebutuhan terhadap air bersih tetap terpenuhi.

3. Mencegah rumah dari banjir 

Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, maka membuat sumur resapan merupakan pilihan yang tepat. Air banjir yang masuk ke dalam rumah akan terhalang dan diresap oleh sumur resapa tersebut, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika musim hujan tiba.

4. Meningkatkan debit air 

Masih berkaitan dengan hujan, adanya sumur resapan di rumah dapat meningkatkan jumlah debit air. Aliran air hujan akan diserap ke dalam tanah sehingga debit air meningkat dan kelembaban tanah pada halaman rumah tetap terjaga

Itulah beberapa manfaat memiliki sumur sendiri di rumah. Sumur resapan merupakan pilihan terbaik untuk meminimalisir berkurangnya pasokan air untuk rumah tangga dan wilayah sekitar. Dengan demikian memilki sumur resapan sendiri, Anda sudah turut membantu mengurangi dampak pemanasan global. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat biopori sebagai resapan air di sekitar rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat biopori sebagai resapan air di sekitar rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.