Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jarang Diketahui, Ternyata Inilah Manfaat Mandi pada Dini Hari

Ada banyak manfaat mandi pada dini hari bagi kesehatan tubuh kita - Diminimalis.com

Mandi pada dini hari ternyata memiliki segudang manfaat yang tak kalah dari mandi pagi atau mandi pada sore hari. Manfaat mandi dini hari ini sangat besar terutama apabila ditinjau dari segi kesehatan. Penelitian kesehatan juga turut membuktikan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mandi pada dini hari.

Umumnya, mandi dini hari memang berpengaruh besar pada aktivitas harian, terutama setelah tubuh menyisakan lelah dari berjam-jam tidur pada malam hari. Rasa kantuk tak akan hilang begitu saja dengan cuci muka. Manfaat mandi dini hari adalah menyegarkan badan kembali dan menunjang aktivitas yang dilakukan setelahnya.

Manfaat Mandi Dini Hari, manfaat mandi subuh untuk kecantikan, manfaat mandi diatas jam 12 malam, manfaat mandi jam 4 pagi, bahaya mandi subuh, mandi selepas jam 12 malam, rahasia mandi sepertiga malam, waktu mandi yang baik, 5 waktu dilarang mandi
Ada banyak manfaat mandi pada dini hari bagi kesehatan tubuh kita – Diminimalis.com

Manfaat mandi dini hari menurut Islam ternyata juga ada dan telah dibuktikan secara ilmiah. Bahkan beberapa orang mempercayai bahwa mandi sebelum subuh akan membuat badan lebih awet muda dan sehat. Namun bagi mereka yang mengidap penyakit berat, sebaiknya mandi menggunakan air yang suhunya sama seperti badan atau air hangat. Tujuannya adalah agar sistem adaptasi yang melemah tak dirangsang paksa.

7 Manfaat Mandi Dini Hari

1. Melancarkan Peredaran Darah

Menghindari cedera saat berenang, cedera yang sering dialami saat berenang, cedera yang dapat timbul dalam olahraga renang adalah, macam macam cedera di air, penanganan renang,
Mandi dini hari dpaat melancarkan peredaran darah Anda – Dinimimalis.com

Berdasarkan hasil penelitian lembaga riset trombosit asal Inggris, mandi pagi dengan air dingin akan dapat membantu kelancaran peredaran darah. Tubuh akan terasa makin segar serta bugar. Hal ini terutama akan berguna untuk bekal menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Sel Darah Putih
Tak hanya melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, mandi pada dini hari dapat pula meningkatkan jumlah sel darah putih. Meningkatnya sel darah putih akan membuat daya tahan tubuh semakin kuat. Tubuh akan semakin mampu dalam menangkal aneka virus yang datang menyerang. Kita akan makin prima serta tak mudah sakit karena daya tahan terjaga dengan baik.

3. Menurunkan Resiko Hipertensi
Manfaat lain dari mandi pada dini hari ialah menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi atau kerap disebut hipertensi. Hal ini disampaikan langsung oleh hypnoterapis asal Amerika Serikat bernama Frederic Premji. Mandi air dingin, menurutnya, akan menurunkan resiko darah tinggi, varises serta pengerasan pembuluh darah.

Hal ini masih terkait dengan lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Organ-organ dalam akan menerima darah dalam jumlah yang cukup sehingga menghindarkan dari resiko terkena aneka penyakit. Rutin mandi pagi akan membuat tubuh semakin sehat dan daya tahan kian meningkat.

4. Meningkatkan Kesuburan
Rahasia mandi sepertiga malam berikutnya adalah dapat meningkatkan kesuburan. Efek positif pada kesehatan reproduksi ini terutama berkaitan dengan meningkatnya produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Kesuburan serta gairah seksual akan dapat semakin meningkat.

5. Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh

benda-benda yang wajib ada pada kamar mandi, benda-benda yang wajib ada pada kamar mandi minimalis, peralatan mandi wanita
Agar mandi Anda optimal, Anda juga perlu mengupayakan kamar mandi yang ideal – diminimalis.com

Mandi pagi menggunakan air dingin terutama akan berdampak positif pula pada kesehatan jaringan tubuh. Jaringan kulit akan semakin membaik berkat kebiasaan mandi pagi. Kulit tak akan menjadi kering serta terjaga kelembabannya.

Manfaat mandi subuh untuk kecantikan lainnya ialah mengurangi noda hingga lingkaran hitam yang sering ditemukan ada di bawah mata. Kecantikan akan makin terpancar, baik dari tubuh maupun wajah kita.

Mandi air dingin juga bisa menyehatkan kuku, di mana kuku akan tampak makin sehat, cantik dan kuat. Sebaliknya, mandi menggunakan air hangat justru akan membuat kulit lebih cepat keriput serta kehilangan kelembaban sehingga kurang kenyal.

6. Rambut Makin Sehat
Rambut yang dibilas menggunakan air dingin akan menutupi kutikula rambut sehingga kerontokan bisa dikurangi. Rambut akan terlindung dari aneka kotoran yang menempel di kulit kepala. Artinya, mandi pada malam hari bisa membuat rambut makin sehat serta kuat.

7. Meredakan Depresi
Mandi air dingin pada pagi hari ternyata biasa dilakukan pejuang samurai Jepang pada zaman dulu. Berdasarkan catatan sejarah, ritual ini disebut misogi. Tujuannya adalah untuk membersihkan jiwa serta pikiran agar lebih tenang dan semangat dalam menjalani hari.

Terlepas dari ritual misogi para samurai Jepang ini, memang logis apabila mandi air dingin pada pagi hari dapat meredakan depresi. Tubuh akan terasa lebih rileks setelah kita mandi air dingin. Selain itu, pikiran akan menjadi lebih tenang dan fokus sehingga kita bisa berpikir secara jernih.

Mandi pada dini hari akan turut memberi efek relaksasi pada tubuh. Dikatakan oleh para terapis bahwa mandi lebih baik menggunakan shower dibanding gayung. Air yang keluar dari shower akan dapat memijat kulit serta tubuh, sehingga efek pijatannya akan melemaskan otot-otot yang tegang.

Manfaat Mandi Malam Hari dari Sudut Pandang Agama

Manfaat mandi di atas jam 12 malam menurut Islam sendiri ada sangat banyak. Di antaranya adalah terhindar dari penyakit asma serta angkara jahat seperti sihir, baik yang asalnya dari manusia ataupun jin. Mandi dini hari juga dapat membuat badan sehat serta wajah lebih bercahaya. Manfaat lainnya ialah doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah.

Bahkan, mandi pada dini hari ini telah diterapkan di Pondok Pesantren Suryala yang berisi para mantan pecandu narkoba. Mandi dini hari di ponpes tersebut dinamakan Mandi Taubat. Pasalnya, setelah para santri selesai melakukan Mandi Taubat, mereka bisa disembuhkan dari ketergantungan pada barang haram tersebut. Santri juga merasa lebih sehat dan segar badannya.

Untuk mendapat semua manfaat kesehatan dan kecantikan di atas, kita dapat membiasakan diri untuk mandi sebelum waktu subuh tiba atau pada dini hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengupayakan kamar mandi sehat, agar mandi Anda bisa optimal. Gunakan air dingin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Namun, jangan paksakan menggunakan air dingin jika memang kondisi badan sedang kurang sehat. Itulah aneka manfaat mandi dini hari, baik secara ilmiah maupun secara agama.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.