oleh

Berbagai Manfaat Kusen Aluminium untuk Rumah Minimalis

Hari ini semakin banyak orang yang menggunakan kusen aluminium sebagai alternatif pilihan menggantikan kusen kayu. Selain anti rayap, bahannya juga ramah lingkungan, karena kita tidak perlu menggunakan bahan kayu yang sudah semakin langka. Dan pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang manfaat kusen aluminium dibandingkan dengan kusen berbahan kayu.

 manfaat kusen aluminium, mahal mana kusen kayu atau aluminium, kusen aluminium untuk rumah tinggal, kelebihan dan kekurangan kusen kayu
Kusen aluminium lebih tahan terhadap efek cuaca, dibandingkan dengan kusen kayu – Diminimalis.com

Manfaat kusen aluminium

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa manfaat kusen aluminium dibandingkan dengan kusen kayu, yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Anti rayap

Rayap adalah pengganggu yang sering kali menjadi masalah besar. Bila Anda menggunakan kusen berbahan kayu, tentu saja Anda terus berhadapan dengan hama ini. Namun bila Anda menggunakan jenis kusen aluminium ,entu masalah ini tidak akan terjadi. Permukaan aluminium yang berupa logam membuatnya aman dari serangan rayap dan semut

Anti karat

Meskipun kusen aluminium terbuat dari bahan logam, tetapi kusen aluminium tidak seperti kebanyakan logam lainnya yang lambat laun permukaannya menjadi berkarat dalam jangka waktu lama.

Tahan terhadap api

Kelebihan lain yang dimiliki kusen aluminium yaitu anti api. Berbeda dengan kusen dari kayu mudah terbakar oleh api.

Bahan kuat dan tidak akan lapuk

Kusen aluminium lebih tahan lama dan tahan lapuk karena tidak terbatas usia dan tidak terpengaruh kondisi cuaca. Untuk urusan kualitas, bahan aluminium tentu memiliki kualitas yang sangat kuat sehingga mampu untuk menahan beban dari bangunan. Selain itu semua tipe dari aluminium selalu tahan terhadap cuaca baik hujan dan panas.

Model terlihat lebih simpel

Kelebihan Kusen Aluminium, keunggulan kusen aluminium, kelebihan kekurangan kusen aluminium, manfaat kusen aluminium
tampilan kusen aluminium lebih simpel dibandingkan kusen kayu- diminimalis.com

Kusen aluminium akan terlihat lebih simpel dan praktis karena bobotnya yang ringan dan tidak seberat kusen kayu.

Perawatan yang mudah

Perawatan kusen aluminium sangatlah mudah, cukup dilap menggunakan kain apabila kotor. Anda bisa menggunakan air serta sabun cuci piring untuk membersihkannya. Hal ini sangat berbeda jika Anda menggunakan kusen jenis kayu yang justru harus dihindari dari air agar tidak lembab dan berjamur.

Tampilan elegan dan dinamis

Untuk urusan tampilan, kusen aluminium memiliki karakter kokoh dan dinamis bila dibandingkan dengan kayu ataupun bahan lainnya.

Tersedia banyak motif dan warna

Keuntungan menggunakan kusen aluminium selanjutnya, adalah tersedia banyak motif atau gaya untuk mengubah desain rumah Anda menjadi elegan dan mewah. Selain itu kusen tipe aluminium memiliki banyak warna yang bisa Anda sesuaikan dengan kombinasi cat rumah Anda. Sedangkan apabila Anda menggunakan kayu, tentu pilihan warnanya sangat terbatas.

Perbandingan kusen aluminium dengan kusen kayu

Kelebihan kusen kayu:

• Adanya beragam variasi bentuk sesuai dengan kebutuhan (tradisional, modern, minimalis, klasik).Kusen kayu bisa diterapkan pada desain rumah dengan beragam tipe.
• Tampilan lebih natural dan dan memberikan kesan alami dan elegan.
• Bila Anda pandai memeilih, ada beragam jenis kayu yang seperti kayu jati, kaper, atau ulin. tentu saja kayu tersebut melalui proses pengovenan yang baik.
• Kayu memang fleksibel untuk dirubah bentuknya sesuai desain, seperti bentuk lurus atau melengkung, dan dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan.
• Kayu dapat diberikan sentuhan artistik serta lapisan pelindung yang membuatnya tampil berkilau.
Kekurangan kusen kayu:
• Sekarang semakin sulit untuk mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik.
• Rayap dan suhu udara dapat menyebabkan volume kayu dapat berubah-ubah. Akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai.
• Kayu yang digunakan untuk kuda-kuda, gording, usuk dan reng pada atap bisa mengalami keropos bila kayu yang digunakan kayu yang kurang berkualitas.
• Anggaran proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen kayu lebih mahal dibandingkan dengan kusen berbahan aluminium.

Pemasangan kusen aluminium

Langkah pertama memasang kusen aluminium adalah membeli bahan baku utama, yaitu; kusen aluminium, bingkai aluminium, hardboard, sekrup fisher, engsel, sealant, baut dynabolt.
Peralatan kerja yang dibutuhkan adalah gerinda (cutting well), gergaji, waterpass, meteran, unting-unting, reevet, gun sealant, selang air, cutter.

Perangkat lengkap alat-alat pertukangan tersebut bisa Anda pinjam pada tukang yang sudah ahli memasang jendela Aluminium.

Lakukan pengukuran lubang dinding dengan cermat . Periksa apakah sesuai dengan sketsa kerja. Cek dulu kesikuan kusen aluminium dengan alat bantu unting-unting atau waterpass. Apabila belum lurus, maka diganjal dengan bahan dari hardboard, sehingga kuat dan tahan lama.

Bila sudah tepat, kusen dan bingkai aluminium disambung memakai sekrup galvanis. Bila ada yang kurang bisa dipotong sesuai lebar di lapangan. Aluminium yang sudah dirangkai dilindungi dengan isolasi biru (blue sheet) dan ditambahkan penanda agar mudah waktu pengepasan.

Demikian ulasan kami tentang beberapa manfaat kusen aluminium dan cara memasangnya. Semoga ulasan kami di atas dapat menambah referensi bagi Anda yang ingin membandingkan manfaat anatara kusen aluminium dengan kusen kayu. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.