Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran Anda

Kopi mengandung banyak manfaat untuk kesehatan - diminimalis.com

Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas tentang interior ala coffee shop yang cocok bagi Anda penikmat kopi sejati. Dan kali Diminimalis akan membahas tentang manfaat kopi untuk kesehatan Anda.  Kopi yang biasa Anda nikmati di pagi hari sebagai bekal energi untuk aktifitas rutin harian Anda ternyata memiliki sejumlah manfaat yang mungkin Anda belum tau.

manfaat kopi untuk kesehatan, khasiat kopi pahit, manfaat minum kopi di pagi hari
Kopi mengandung banyak manfaat untuk kesehatan – diminimalis.com

Minuman yang identik dengan warna hitam pekat ini memililki aroma yang khas dan menenangkan. Cita rasanya pun sulit dilupakan sehingga tak heran jika kopi mampu membuat banyak orang jatuh cinta. Indonesia salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Ada banyak nama kopi di Indonesia sebagai identitas asal daerah penghasil kopi tersebut salah satunya yaitu kopi minang. Selain nikmat, ternyata kopi memiliki manfaat kopi untuk kesehatan tubuh diantaranya merawat kecantikan kulit dan mencegah penyakit tertentu yang dapat ditekan resikonya dengan kandungan yang dimiliki oleh kopi.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Bagi Anda penikmat kopi, penting untuk mengetahui manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kopi bagi tubuh yaitu:

1. Mencegah kanker

Siapa sangka, minuman nikmat ini ternyata mampu mencegah kanker. Kandungan antioksidan pada kopi membantu menekan resiko kanker yang dapat menyerang tubuh Anda. Namun, minum kopi juga harus ada takarannya untuk menghindari penyakit lain akibat terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

2. Meningkatkan Stamina

Kafein yang tinggi pada kopi mempengaruhi otak untuk tetap terjaga sehingga tubuh terasa segar lebih lama. Solusi untuk Anda yang memiliki pekerjaan menumpuk dan diharuskan begadang, kopi siap menemani Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

3. Meningkatkan mood

manfaat kopi untuk kesehatan, khasiat kopi pahit, manfaat minum kopi di pagi hari
kopi dapat meningkatkan mood Anda – diminimalis.com

Jika Anda merasa uring-uringan atau jenuh dengan suasana Anda, cobalah menyeduh kopi dan hirup perlahan aromanya serta nikmati rasanya. Aroma dan rasa kopi mampu merelaksasikan otak agar mood kembali normal dan Anda senantiasa bergairah dan ceria.

4. Masker wajah

Tidak hanya diseduh lalu diminum, kopi juga dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah Anda. Ya, kopi dapat digunakan sebagai masker maupun scrub kulit wajah Anda. Untuk Anda yang memiliki program memutihkan kulit, cobalah berlulur ria atau bermasker ria dengan kopi. Manfaatnya mampu mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan kulit Anda.

5. Perawatan kulit kepala

Rambut yang rontok dan berketombe sangat mengganggu penampilan dan aktifitas harian Anda. Kandungan kafein pada kopi dapat digunakan sebagai anti kerontokan dan antioksidannya menjaga kesehatan kulit kepala agar tetap sehat dan segar.

6. Mencegah penyakit Parkinson dan mengurangi resiko Alzheimer

Kedua penyakit ini sama-sama menyerang fungsi saraf otak. Menurut penelitian, kopi teruji dapat melindungi tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf dimana jika degradasi fungsi saraf terganggu maka akan mudah terjangkit penyakit Parkinson dan Alzheimer. Nah, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi kopi untuk menekan resiko kedua penyakit saraf tersebut.

Mengkonsumsi kopi perlu ada takarannya supaya tidak terjangkit efek samping yang ditimbulkan akibat meminum kopi yang berlebihan. Idealnya meminum kopi dalam sehari adalah dua gelas saja. Namun untuk penderita asam lambung, darah tinggi dan radang usus tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek samping. Dan bagi orang sehat, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan mendapatkan yang baik. Demikian artikel mengenai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan danmanfaat bagi Anda semua. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.