Manfaat Jus Buah dan Alasan Mengapa Anda Perlu Rutin Meminumnya

Perhatikan waktu yang tepat saat minum jus- Diminimalis.com

Salah satu cara mengonsumsi buah-buahan adalah dengan cara mengolahnya menjadi jus. Manfaat jus buah akan sama saja seperti mengonsumsi buah secara langsung. Bahkan, jus buah atau smoothie berbahan buah akan lebih cepat diserap oleh tubuh karena bentuknya yang cair dan lembut.

Manfaat jus buah tentu akan tergantung dari buah jenis apa yang dikonsumsi tersebut. Tiap buah pada umumnya akan memiliki manfaat tersendiri pada kesehatan serta kecantikan. Semua ini tak lepas dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan itu?

Ada beragam manfaat dari jus buah bila Anda sering meminumnya – Diminimalis.com

Manfaat Jus Buah Segar Secara Rutin

1. Jus Mangga

manfaat jus buah, manfaat mengkonsumsi jus buah, manfaat minum jus buah, manfaat jus buah mangga, manfaat jus buah sirsak, manfaat jus buah alpukat
Jus mangga sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan – DIminimalis.com

Salah satu jenis buah yang sering dibuat jus adalah mangga. Manfaat jus buah mangga ternyata sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari konsumsi jus buah mangga:

• Mencegah serta mengobati sembelit karena kandungan serat yang tinggi, sehingga akan bisa mengentalkan serta membekukan feses.

• Mencegah munculnya rasa mual dan sakit pada perut.

• Mencegah serta mengobati leukimia atau kanker darah berkat kandungan zat polifenol di dalamnya. Zat ini berperan sebagai antioksidan yang akan mencegah kanker darah.

• Mencegah serta mengobati penyakit kanker payudara pada stadium awal berkat zat polifenol. Jalannya sel-sel kanker juga akan dapat dihambat.

2. Jus Sirsak

Buah lainnya yang seringkali dibuat jus ialah sirsak. Manfaat jus buah sirsak ini tak kalah beragam dari jus buah mangga. Minuman segar berwarna putih ini akan memberi kita manfaat sebagai berikut.

• Dapat menangkal radikal bebas berkat kandungan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan. Vitamin C ini akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

• Sistem pencernaan akan semakin lancar berkat konsumsi jus buah sirsak. Rasa tidak enak pada perut akan dihilangkan karena serat larut dalam buah sirsak sangat baik bagi kesehatan.

• Jus buah sirsak juga akan mencegah penyakit osteoporosis berkat kalium serta fosfor yang tinggi di dalamnya.

3. Jus Alpukat

manfaat jus buah, manfaat mengkonsumsi jus buah, manfaat minum jus buah, manfaat jus buah mangga, manfaat jus buah sirsak, manfaat jus buah alpukat
jus Alpukat dapat meningkatkan stamina Anda – Diminimalis.com

Jus alpukat juga enak jika dicampur es atau dikonsumsi secara langsung. Selain rasanya yang menyegarkan dan mengenyangkan, terdapat banyak manfaat jus buah alpukat yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah manfaatnya untuk kesehatan:

• Jus alpukat akan dapat memberi energi pada tubuh. Apalagi jika kita mencampurkan gula ke dalam jus alpukat, maka akan ada banya tambahan glukosa yang didapat. Energi ini akan berguna saat melakukan aneka aktivitas sehari-hari.

• Kesehatan jantung akan terjaga berkat konsumsi jus alpukat. Kesehatan jantung yang terjaga akan dapat membuat suplai darah ke seluruh tubuh berlangsung lancar. Kita juga akan terhindar dari aneka penyakit.

• Jus alpukat dapat digunakan sebagai penunjang program diet. Vitamin serta nutrisi yang tinggi di dalamnya akan efektif dalam membantu program diet.

4. Jus Apel

Buah lainnya yang sering dibuat menjadi jus ialah apel. Manfaat jus buah apel juga tak kalah dibanding manfaat jus-jus lainnya. Buah ini punya banyak manfaat baik bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin.

• Jus apel akan memperbaiki kerusakan serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat dalam jus apel cukup tinggi sehingga adanya kerusakan pada dinding pencernaan akan bisa diatasi. Serat ini juga akan menyerap air yang ada dalam usus kemudian membersihkannya. Fungsi lain adalah melancarkan pencernaan.

• Kencing manis bisa dicegah berkat konsumsi jus apel. Sari dari buah apel akan bisa menetralkan kadar insulin dan kadar gula akan dinetralkan.

• Jus apel dapat pula berperan sebagai antioksidan yang kuat. Di dalamnya terdapat zat quercetin yang akan mempertebal sisem daya tahan tubuh supaya kita tidak mudah sakit.

5. Jus Jambu Biji

Jambu biji memang sudah biasa diolah menjadi jus dan seringkali dikonsumsi karena manfaatnya yang luar biasa. Selain itu, rasanya juga lezat serta menyegarkan. Perlu diketahui pula manfaat jus jambu biji bagi tubuh:

• Dalam jambu biji terkandung vitamin C yang sangat penting sebagai antioksidan. Vitamin C juga akan dibutuhkan dalam proses sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein struktural utama yang dibutuhkan dalam menjaga integritas kulit, tulang, organ serta pembuluh darah.

• Senyawa antioksidan yang kuat dalam jambu biji ialah flavonoid serta polifenol dan dapat mengurangi resiko kanker tertentu.

• Jus jambu biji juga penting bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat alaminya tinggi dan penting dalam menurunkan kadar gula darah. Manfaat lain terkait serat alami ini adalah menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat serta melindungi selaput lendir usus dari paparan racun.

• Jambu biji juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan diperlukan tubuh sehingga siapapun yang mengonsumsinya akan memiliki kesehatan penglihatan baik. Manfaat yang sama akan dapat kita terima dari konsumsi wortel ataupun ubi jalar. Vitamin A turut diperlukan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Itulah aneka manfaat dari mengonsumsi jus buah. Kita bisa membuat jus buah sendiri ataupun membeli dari penjual jus di pinggir jalan. Pastikan untuk menggunakan buah yang masih segar, air yang matang, serta gula murni sebagai bahan-bahan utama pembuatan jus. Minum jus buah sesegera mungkin agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Selain dibuat jus atau smoothie, buah-buahan segar tentu dapat pula dikonsumsi secara langsung setelah dicuci bersih dan dikupas. Tujuan pengolahan buah menjadi jus agar tubuh bisa menyerap nutrisinya secara lebih baik dan lebih cepat karena teksturnya sudah halus. Manfaat dari buah tersebut pun akan semakin terasa dan bisa didapat dengan lebih cepat.

Demikian aneka manfaat jus buah bagi kesehatan tubuh. Akan lebih baik lagi apabila Anda memiliki sendiri pohon buah dengan membuat kebun buah minimalis di pekaranagn rumah Anda. Selamat mencoba!. (us).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.